Sukses


Semen Padang Kembangkan Sayap Jadi Agen Pemain Lokal

Bola.com, Padang - Terobosan dilakukan PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) selaku pengelola Semen Padang pada tahun depan. Selama ini tim urang awak hanya dikenal sebagai klub sepak bola kasta tertinggi kompetisi nasional. Namun, mulai tahun 2017, PT KKSP akan melebarkan sayap dengan bertindak sebagai player agency (agen pemain) lokal.

Hal itu disampaikan Direktur Teknik PT KSSP, Zulkarnain Z. Latif kepada wartawan, Selasa (20/12/2016). Zulkarnain mengungkapkan ide mendirikan agen pemain tidak lepas dari banyaknya pemain asal Sumatra Barat yang memiliki talenta dan banyak di antaranya bermain di kompetisi nasional.

"Saat ini bakat-bakat pesepak bola muda Sumatra Barat sudah semakin bermunculan dan bermain di kompetisi nasional baik kasta tertinggi maupun kasta kedua. Ide ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun belum bisa kami realisasikan," jelasnya.

Iskandar Z. Lubis menambahkan nantinya pemain-pemain berbakat asal Ranah Minang itu bakal direkrut oleh manajemen untuk disalurkan ke klub lain.

"Ini sebuah langkah yang kami anggap bisa membantu mewujudkan mimpi pemain daerah untuk tampil di kompetisi nasional. Kami akan kelola secara profesional wadah ini," jelas Iskandar Lubis.

Pemain muda yang direkrut menurutnya akan digembleng di Semen Padang. Nantinya, pemain tersebut akan dipinjamkan ke klub lain dengan aturan yang jelas.

"Kami memiliki potensi untuk menciptakan pemain hebat. Kami pernah sukses bersama Semen Padang U-21 yang sebagian besar eks pemainnya telah bermain di klub lain. Malah sebagian mantan pemain Semen Padang U-21 dipromosikan ke tim senior," tuturnya.

Pembentukan agensi pemain lokal ini sejatinya bukan hal baru bagi klub profesional. Cara ini sudah lama dilakukan oleh klub-klub profesional luar negeri khususnya di Eropa.

"Ini mesti dilakukan karena manajemen sebuah klub selalu berkembang dan mau tidak mau, Semen Padang harus mengikutinya," ujar direktur teknik yang juga karyawan aktif PT Semen Padang itu.

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer