Makan Konate Gabung Klub Malaysia Setelah Fase Grup PJS

oleh Juprianto Alexander Sianipar diperbarui 13 Nov 2015, 18:30 WIB
Pemain asing Persib Bandung, Makan Konate hanya akan memperkuat tim Maung Bandung di fase grup Piala Jenderal Sudirman. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Bola.com, Jakarta - Makan Konate hanya memperkuat Persib Bandung di fase grup Piala Jenderal Sudirman. Hal ini dikarenakan pemain impor asal Mali itu memilih hengkang dan bergabung dengan salah satu klub asal Malaysia, pada awal Desember.

Dengan kondisi seperti ini, tim asuhan Djajang Nurdjaman tidak bisa memakai tenaga Konate jika lolos ke babak 8 besar Piala Jenderal Sudirman. Seperti diungkapkan sang agen, Doucoure Mahamadou, kliennya itu sudah menandatangani kontrak dengan klub Malaysia. Kabarnya, di klub baru itu Konate mendapatkan kontrak dengan nilai mencapai Rp 2,7 miliar semusim.

Meski enggan menyebutkan klub baru dan durasi kontrak Konate, Mahamadou mengungkapkan kesepakatan antara kliennya dengan klub Negeri Jiran itu sudah terjadi sebelum Persib berkiprah di Piala Presiden 2015.

Advertisement

“Konate hanya main di Persib selama fase grup. Saya sudah bicarakan soal ini dengan Pak Umuh (Muchtar, manajer) dan pelatih Djajang Nurdjaman. Terakhir saya bicara dengan mereka berdua lewat telepon,” ucap Mahamadou kepada bola.com.

Mahamadou juga mengungkapkan Umuh dan Djajang bisa berbesar hati untuk melepas Konate pergi ke klub lain. Meskipun, dua sosok sentral di Persib itu diakui Mahamadou sangat berat untuk melepas salah satu pilar penting Persib dalam meraih gelar Indonesia Super League 2014 dan Piala Presiden 2015.

“Mereka sudah menganggap Konate seperti anak angkat. Mereka merasa senang jika keputusan yang diambil memang untuk kebahagiaan pemain yang bersangkutan,” kata pria yang juga agen dari bek anyar Persija Jakarta, Onorionde Kughebe John ini.

Hengkangnya Konate jelas menjadi pukulan telak lain bagi Persib. Selain perannya yang begitu besar bagi kesuksesan Persib sejak bergabung tahun 2013, Persib juga sudah pasti tidak akan diperkuat bek tangguh, Vladimir Vujovic yang memutuskan tidak ambil bagian di Piala Jenderal Sudirman.

Sama halnya dengan Konate, Vujovic juga santer dikabarkan akan bergabung dengan klub baru usai menolak ajakan Persib Bandung. Keputusan ini diambil bek asal Montenegro itu karena serba tidak pastinya situasi sepak bola di Tanah Air pasca sanksi FIFA pada 30 Mei.