Agen Pemain seperti Kanker dalam Sepak Bola

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 06 Okt 2016, 22:30 WIB
Aurelio De Laurentiis (Gabriel Bouys/AFP)

Bola.com, Naples - Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, melayangkan kritikan keras kepada agen sepak bola yang dianggapnya tak dibutuhkan para pemain. 

Advertisement

Kritikan De Laurentiis itu mengacu terhadap kasus skandal transfer ilegal yang menimpa Sam Allardyce. Pria asal Inggris itu dipecat dari jabatannya karena diduga terlibat kepemilikan pihak ketiga.

De Laurentiis menilai para pemain seharusnya tak perlu menggunakan jasa agen untuk mengurusi transfernya. Sebab, para agen tersebut kerap merugikan dengan memotong biaya transfer untuk biaya jasanya. 

Bahkan, terkadang klub pun diminta membayar biaya agen meski sudah membayar biaya transfer. Oleh sebab itu, De Laurentiis menilai agen adalah penyakit kanker dalam sepak bola.

Pria yang juga seorang produser film di Italia itu membandingkan antara para aktor dan pemain sepak bola. Menurut dia, di Hollywood para aktor yang membayar agennya sendiri, bukan produser film.

"Di Hollywood para aktor membayar para agennya dengan uang sendiri. Jadi, saya tidak perlu membayar agennya. Akan tetapi di sepak bola mengapa saya juga harus membayar biaya agen?" kata Laurentiis

"Anda tahu, agen itulah kanker dalam dunia sepak bola. Meskipun, tidak semua agen, saya pribadi tidak mengerti kenapa pemain membutuhkan agen," ucap pria 67 tahun itu.

Sumber: BBC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Berita Terkait