6 Momen Menarik Pembukaan Piala Presiden 2017

oleh Aning Jati diperbarui 04 Feb 2017, 18:45 WIB
Koreografi suporter PSS Sleman pada partai pembuka Piala Presiden 2017 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (4/2/2017). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Bola.com, Sleman - Turnamen pramusim Piala Presiden 2017 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (4/2/2017) di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Partai PSS Sleman versus Persipura Jayapura jadi laga pembuka dari 40 total pertandingan yang akan dimainkan sepanjang turnamen berlangsung hingga medio Maret 2017.

Selain jalannya pertandingan termasuk kegagalan Boaz Solossa memanfatkan peluang emas untuk menjebol gawang PSS, ada sejumlah hal lain yang menarik perhatian selama pembukaan Piala Presiden 2017. Mulai yang dilakukan Presiden Jokowi hingga para suporter.

Advertisement

Nah, apa saja momen menarik yang terjadi selama pembukaan Piala Presiden 2017 itu? Berikut rangkumannya berdasarkan pantauan Bola.com:

1. Presiden Jokowi membagikan bola kepada penonton

Presiden asal Solo itu turun ke lapangan membagikan bola didampingi Menpora Imam Nahrawi kepada penonton yang berada di sisi selatan. Alhasil, penonton di sisi yang lain berteriak berharap ikut mendapat bola-bola itu. Jokowi juga membagi bola kepada penonton di tribune utara dan barat.

2. Boaz Solossa menyambut Presiden Jokowi

Ada momen menarik sesaat sebelum Presiden Jokowi menyalami seluruh pemain dari kedua tim dan juga perangkat pertandingan. Terlihat Boaz Solossa berjalan menghampiri Presiden Jokowi yang sedang menuju ke arah para pemain.

Boaz ingin memperkenalkan rekan setimnya pada sang presiden. Boaz sudah tidak canggung lagi dan tampak percaya diri mendampingi Presiden Jokowi. Bisa jadi karena sepanjang setahun terakhir, kapten Persipura sekaligus kapten Timnas Indonesia itu sudah beberapa kali bersua Presiden RI.

Semisal saat pembukaan Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo pada April 2016 di Stadion Mandala, Jayapura, saat Timnas Indonesia tampil di semifinal Piala AFF kontra Vietnam di Stadion Pakansari, Cibinong, serta ketika Timnas Indonesia diundang Presiden Jokowi ke Istana Merdeka dalam jamuan setelah jadi runner-up Piala AFF 2016. 

 

2 dari 3 halaman

Berikutnya

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat melakukan tendangan pertama tanda dibukannya turnamen Piala Presiden 2017 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (4/2/2017). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

3. Presiden Jokowi berlari ke tengah lapangan untuk menendang bola tanda game on

Mengenakan kemeja putih dan bersepatu pantovel, Presiden Jokowi berlari menuju bagian tengah lapangan di antara para pemain yang sudah bersiap di posisi masing-masing.

Meski hanya beberapa detik, momen ini cukup jadi perhatian puluhan ribu penonton di Stadion Maguwoharjo. Mereka memberikan tepuk tangan kepada Presiden Jokowi yang dengan percaya diri berlari serta mengambil ancang-ancang untuk menendang bola.

4. Chant dari suporter PSS

Beberapa menit setelah wasit Thoriq Alkatiri meniup peluit tanda pertandingan dimulai, suporter tuan rumah, yang dikomandoi Brigata Curva Sud (BCS) melantunkan "lagu kebangsaan" mereka. Hampir seisi stadion larut dalam momen yang dijamin menggetarkan hati para fans setia tim Elang Jawa maupun penonton dari kalangan umum yang ada di Stadion Maguwoharjo.

5. Koreografi suporter

Sebagai salah satu kelompok suporter yang terkenal dengan kreativitasnya di Tanah Air, BCS tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk pamer penampilan aktraktif di depan Presiden Jokowi dan para pejabat negeri ini.

Mereka memperlihatkan konfigurasi menggunakan potongan kertas berwarna coklat dan putih menggambarkan sayap elang jawa yang jadi julukan tim kesayangan. Konfigurasi sayap itu jadi pelengkap karena di tengah tribune belakang gawang selatan, sudah berdiri menyerupai patung burung elang.

Saat water break, mereka juga menyuguhkan nyanyian bersahutan yang mendapat apresiasi dari para penonton. Tak mau ketinggalan, suporter Persipura ikut pamer dengan memasang bendera Merah Putih raksasa yang menutupi bagian di tribune di mana mereka berada.

3 dari 3 halaman

Lagu Metallica dan God Bless

Nelson Alom mencoba melewati para pemain PSS Sleman pada partai pembuka Piala Presiden 2017 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (4/2/2017). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

6. Band pengisi acara menyanyikan lagu Metallica

Pada saat jeda pertandingan, band pengisi acara, Kartika Band dari TNI AD tampil menggelegar dengan menyanyikan beberapa lagu. Dua di antaranya adalah lagu band cadas papan atas asal Los Angeles, Metallica, serta lagu populer milik God Bless, Rumah Kita.

Vokalis band bernyanyi penuh semangat bahkan hingga masuk ke lapangan, meninggalkan panggungnya yang berada di sisi timur stadion atau berseberangan dengan tribune VVIP.

Dalam sebuah kesempatan, vokalis itu memberikan hormat di depan tribune VVIP. Di sana masih ada Presiden Jokowi dan rombongan. Bisa jadi band pengisi acara sengaja menyanyikan lagu milik God Bless dan Metallica untuk mengibur Presiden Jokowi yang memang menyukai lagu-lagu cadas. (Aning Jati/Romi Syahputra)

Berita Terkait