3 Hal Menarik pada Pembukaan Asian Para Games 2018

oleh Muhammad Ivan Rida diperbarui 06 Okt 2018, 23:15 WIB
Suasana saat pembukaan Asian Para Games di SUGBK, Jakarta, Sabtu (06/10/2018). Pembukaan dimeriahkan para penyandang disabilitas. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Acara pembukaan Asian Para Games 2018 telah selesai digelar dan berlangsung meriah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (6/10/2018).

Advertisement

Semangat persatuan di antara keberagaman menjadi tema pembukaan Asian para Games 2018. Ratusan penari yang dibalut berbagai busana terlihat sepanjang acara.

Selain dibalut berbagai busana, penari juga memanggul miniatur berbagai rumah ibadah, antara lain masjid, gereja, pura, dan vihara.

Acara pembukaan tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo yang ditemani Iriana Joko Widodo. Selain RI 1, acara itu juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta beberapa pejabat lainnya seperti Puan Maharani, hingga Megawati Sukarnoputri.

Berikut ini tiga fakta menarik acara pembukaan Asian Para Games 2018.

2 dari 4 halaman

China Menyapa Indonesia

Spanduk yang dibawa kontingen China dalam parade atlet di upacara pembukaan Asian Para Games 2018. (doc. Inapgoc)
Presiden Jokowi memanah pesan di pembukaan Asian Para Games 2018. (Vidio.com)

China menunjukkan perhatian kepada Indonesia dalam acara pembukaan Asian Para Games 2018. Kontingen negeri Tirai Bambu membawa sebuah spanduk bertuliskan "Hello Indonesia" dalam parade atlet di SUGBK.

Spanduk yang dibawa atlet dan ofisial China ditulis dalam kain merah bertinta emas. China juga menuliskan kalimat "Hello Indonesia" menggunakan bahasa Mandarin.

3 dari 4 halaman

Jokowi Memanah

Kejutan kembali terjadi di acara pembukaan kali ini. Jokowi pun lagi-lagi menjadi aktor utamanya. Pada pembukaan Asian Games 2018, ia diceritakan datang ke SUGBK menggunakan sepeda motor.

Pada acara pembukaan kali ini, Jokowi melakukan aksi memanah bersama seorang remaja yang duduk di kursi roda. Aksi tersebut menuai sorotan positif dari berbagai pihak.

4 dari 4 halaman

5 Penari Disabilitas melakukan Breakdance

Ilustrasi 5 Penari Disabilitas melakukan Breakdance di acara pembukaan Asian Para Games 2018

Sebanyak lima penari disabilitas terlihat melakukan aksi breakdance pada pertengahan acara pembukaan Asian Para Games 2018. Meski dengan keterbatasan, mereka tetap terlihat apik melakukan tarian.

Hal itu langsung menyita perhatian masyarakat yang hadir langsung di SUGBK. Decak kagum penonton, termasuk Jokowi, terlihat tidak berhenti memberi tepuk tangan atas aksi kelima penari disabilitas tersebut.

Berita Terkait