Liga Inggris: Claudio Ranieri Resmi Tangani Watford, Langsung Diuji Liverpool

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 05 Okt 2021, 06:45 WIB
Claudio Ranieri - Juru taktik yang mencetak sejarah bersama Leicester musim 2015-2016 ini pernah menangani Juventus pada tahun 2007 dan Inter Milan pada 2011. Namun sayang di dua klub Serie A itu Ranieri gagal mempersembahkan gelar. (AFP/Giuseppe Cacace)

Bola.com, Jakarta - Watford Resmi menunjuk Claudio Ranieri sebagai pelatih baru. Pada comeback edisi terbarunya ini, pelatih berusia 69 tahun itu akan langsung diuji kualitasnya dengan menghadapi Liverpool di Liga Inggris.

Claudio Ranieri datang ke Watford sebagai pengganti Xisco Munoz yang dipecat manajemen klub. Eks manajer Leicester City dan Chelsea itu bakal menangani The Hornets dengan durasi kontrak dua tahun.

Advertisement

Di sisi lain, Watford jadi tim Liga Inggris pertama yang memecat manajernya musim ini. Pihak klub tidak puas dengan prestasi Xisco, namun tetap berterima kasih telah membawa Ismaila Sarr dkk. promosi dari Divisi Championship.

"The Hornets akan selalu bersyukur kepada Xisco (Munoz) atas keberhasilannya mengamankan promosi musim lalu dan mendoakan yang terbaik untuk karier masa depannya di sepak bola," bunyi pernyataan Watford di laman resmi.

Masih pada Senin (4/10/2021), jurnalis kenamaan Italia, Fabrizio Romano, mengonfirmasi bahwa Claudio Ranieri akan menjadi manajer anyar Watford. Tak lama berselang, kabar itu benar-bernar terjadi.

 

2 dari 4 halaman

Selamat Datang Kembali, Claudio!

Watford mengumumkan bahwa Claudio Ranieri menjadi suksesor Munoz. Ranieri membawa serta tiga pelatihnya ke susunan staf kepelatihan.

Asisten pelatih Paolo Benetti dan Carlo Cornacchia dibawa, bersamaan dengan pelatih fitness, Carlo Spigholi. Ketiganya akan melakoni debut di Watford saat bersua Liverpool 16 Oktober mendatang.

"Watford dengan bangga mengonfirmasi penunjukkan Caludio Ranieri sebagai manajer baru. Selamat datang di Watford, Claudio!" bunyi pernyataan resmi klub.

 

3 dari 4 halaman

Karier Ranieri

Claudio Ranieri bersama Vichai Srivaddhanaprabha. (AFP/Christophe Archambault)

Selama menjadi pemain, Ranieri pernah berseragam AS Roma dan Palermo. Kariernya sebagai pemain tidaklah lama, hingga ia memutuskan menjadi pelatih pada 1986.

Saat melatih Fiorentina, ia memberikan gelar Coppa Italia dan Piala Super Italia. Ranieri juga pernah menangani Valencia dan berhasil menjuarai Copa del Rey, Piala Intertoto, hingga Piala Super Eropa.

Namun demikian, prestasi paling dikenang publik sepak bola adalah ketika ia di luar prediksi mampu meraih gelar Liga Inggris 2015/2016 bersama Leicester City.

4 dari 4 halaman

Posisi Watford saat Ini