BRI Liga 1: Cedera karena Otot ACL Putus, Stoper Persik Segera Naik Meja Operasi

oleh Gatot Susetyo diperbarui 14 Nov 2021, 22:45 WIB
Bek Persik Kediri, Vava Mario Yagalo. (Bola.com/Gatot Susetyo)

Bola.com, Kediri - Cedera yang dialami bek Persik Kediri, Vava Mario Yagalo, ternyata cukup parah. Mau tidak mau, mantan pemain Persija Jakarta itu harus menjalani operasi lutut untuk mengatasi cedera ACL yang dijadwalkan bakal dilakukan pada pekan depan.

Vava Mario Yagalo rencananya akan menjalani operasi di RS Al Irsyad Surabaya. Sebelumnya, dua mantan pemain Persik Kediri sukses menjalani operasi di rumah sakit tersebut.

Advertisement

Keduanya adalah Arif Yanggi dan Galih Akbar Febrian. Kini keduanya telah bermain lagi di Persijap Jepara dan PSCS Cilacap di Liga 2 2021.

"Pilihan di RS Al Irsyad atas rekomendasi teman-teman Vava yang sudah sukses menjalani operasi di sana. Kami mendoakan semua bisa berjalan dengan lancar dan Vava bisa pilih lagi," ujar fisioterapis Persik Kediri, Wildan Yahya.

Dari hasil MRI, tampak otot ACL Vava Mario Yagalo putus. Selain itu, otot MCL juga bermasalah.

"Hasil MRI pekan lalu seperti itu. Tapi, semua harus dikonsultasikan dengan dokter ahli di Al Irsyad," tutur fisioterapis Persik Kediri itu.

 

2 dari 3 halaman

Bakal Absen Cukup Lama

Pemain Persik Kediri, Vava Mario Yagalo dalam laga pembukaan BRI Liga 1 2021/2022 melawan Bali United di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (27/8/2021). Persik kalah 0-1. (Foto: Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Menurut perkiraan dan pengalaman Wildan Yahya menangani pemain yang mengalami cedera ACL, Vava Mario Yagalo kemungkinan akan absen selama 7-8 bulan ke depan.

"Kalau untuk pulih, biasanya butuh tujuh bulan. Kalau ingin sempurna butuh delapan bulan. Vava harus optimistis dan sabar, karena proses pemulihan cedera ACL butuh waktu lama," ucapnya.

Pemain asli Kediri ini mengalami putus otot ACL. Cedera ini terjadi saat Persik Kediri menghadapi Persiraja Banda Aceh di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Sabtu (6/11/2021).

Dorongan dari seorang pemain Persiraja dan Vava salah tumpuan ketika menginjak tanah yang ternyata ambles. Lututnya pun bermasalah.

 

3 dari 3 halaman

Posisi Persik di BRI Liga 1 Saat Ini