Foto: Mengenal 4 Suporter Fanatik dan Terbesar di Indonesia

oleh Muhammad Iqbal Ichsan diperbarui 04 Agu 2022, 19:17 WIB
Sepak bola dan suporter merupakan satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Tanpa dukungan dan kehadiran mereka tentu sepak bola akan terasa hambar. Berikut ini ulasan mengenai empat suporter fanatik dan terbesar di Indonesia.
Aremania merupakan kelompok suporter pendukung Arema FC. Penggemar berat Arema ini kabarnya sudah eksis sejak tahun 1980an. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Berkat loyalitasnya, Aremania pernah mendapatkan penghargaan Suporter Terbaik di Ligina 2000 dan di ajang Copa Indonesia II tahun 2006. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Bobotoh merupakan kelompok suporter pendukung Persib Bandung. Bobotoh berasal dari bahasa Sunda yang berarti orang-orang yang mendorong atau membangun semangat bagi orang lain. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Kelompok suporter yang didirikan pada 12 Januari 1977 ini mayoritas anggotanya berasal dari daerah-daerah di Jawa Barat. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Bonek merupakan suporter loyal pendukung Persebaya Surabaya. Kata Bonek berasal dari akronim Bondho Nekat yang berarti Punya Bondho dan Punya Nekat. (Bola.com/Aditya Wany)
Bonek kabarnya sudah eksis sejak akhir 80an. Saking nekatnya, Bonek kerap menyambangi pertandingan-pertandingan Persebaya Surabaya di seluruh Indonesia dengan modal seadanya. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
The Jakmania merupakan kelompok suporter klub sepak bola Persija Jakarta. Fans fanatik yang berbasis di ibu kota ini didirikan secara resmi pada 19 Desember 1997. (Bola.com/ M Iqbal Ichsan)
Suporter yang tampil dengan atribut berwarna oren itu terkenal setia mendampingi Persija Jakarta bertanding baik di kandang maupun tandang. (Bola.com/ M Iqbal Ichsan)

Berita Terkait