Bursa Transfer Liga Spanyol: Barcelona Gencar, Real Madrid Anteng

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 20 Jul 2022, 18:00 WIB
La Liga - El Clasico - Real Madrid Vs Barcelona (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Barcelona terus mengejutkan banyak pihak dengan langkah yang mereka ambil pada bursa transfer musim panas 2022. Tidak ada yang menduga Barcelona, yang disebut-sebut mengalami masalah finansial, bisa merekrut pemain-pemain top di Eropa.

Barcelona jelas mengalami masalah finansial serius dengan utang yang menggunung. Era Presiden Josep Maria Bartomeu meninggalkan utang mencapai 1,3 miliar euro.

Advertisement

Akibatnya, Barcelona harus memutar otak untuk memperkuat skuad. Presiden Barcelona, Joan Laporta, berhasil menyiasatinya dengan strategi penjualan image rights, hak siar, dan sponsorship.

Barcelona pun mendapatkan kucuran dana ekstra untuk mendatangkan pemain-pemain yang mereka inginkan. Musim panas ini, ada Robert Lewandowski dan Raphinha yang mengejutkan, tentu sebelumnya sudah ada Franck Kessie dan Andreas Christensen.

2 dari 5 halaman

Barcelona Agresif

Rekrutan baru lainnya, Raphinha (tengah) langsung diturunkan sebagai starter mendampingi Pierre-Emerick Aubameyang dkk. (AFP/Getty Images/ Michael Reaves)

 

Sejauh ini Barcelona telah merekrut empat pemain yang cukup menarik. Andreas Christensen diboyong dari Chelsea, Franck Kessie dari AC Milan, bintang Leeds United Raphinha, dan bomber Bayern Munchen Robert Lewandowski.

Barcelona sebenarnya cukup terlambat bergerak di bursa transfer musim panas ini. Hal tersebut sempat memunculkan keraguan dan kritik. Namun, begitu mendapatkan ruang gerak, Barcelona langsung mendatangkan nama-nama yang menarik.

 

3 dari 5 halaman

Pemain-Pemain Hebat Direkrut

Gelandang baru Barcelona, Franck Kessie mengontrol bola selama upacara presentasi di tempat latihan Joan Gamper di Sant Joan Despi, dekat Barcelona (6/7/2022). Kessie menerima pinangan Barcelona yang berani membayar gaji 6-7 juta euro. (AFP/Pau Barrrena)

Franck Kessie dan Andreas Christensen datang dengan status bebas transfer. Barcelona untung besar, keduanya masih bermain di level top dan bisa direkrut dengan cuma-cuma.

Raphinha dan Lewandowski sedikit lebih mahal. Barcelona melepaskan 60 juta euro demi Raphinha, dan 50 juta euro untuk Robert Lewandowski.

Rekrutan-rekrutan anyar itu membuktikan agresivitas Barcelona. Meski terlambat terjun ke bursa transfer, Barcelona tetaplah klub besar yang dinanti-nanti pergerakannya.

4 dari 5 halaman

Real Madrid Pasif

Pemain baru Real Madrid, Aurelien Tchouameni (tengah) berpose dengan jersey Real Madrid saat perkenalan resminya di tempat latihan klub di Madrid, Spanyol, Selasa (14/6/2022). Pemain berusia 22 tahun itu akan menggunakan nomor punggung 18 pada musim 2022-2023. (twitter.com/realmadrid)

 

Sementara itu, Real Madrid justru terlihat berbeda dengan Barcelona. Los Blancos tidak terlalu agresif di bursa transfer kali ini. Setelah menjadi juara La Liga Spanyol dan Liga Champions musim lalu, Real Madrid mengambil pendekatan yang berbeda.

Sejauh ini, Los Blancos baru mendatangkan Antonio Rudiger dan Aurelien Tchouameni untuk memperkuata skuad. Tidak ada gosip atau rumor kedekatan dengan pemain lain.

5 dari 5 halaman

Lebih Banyak Pemain Pergi

Eks bintang Real Madrid, Gareth Bale akhirnya resmi mengumumkan bahwa dirinya akan bergabung dengan klub Major League Soccer (MLS), Los Angeles FC. (AFP/Filippo Monteforte)

 

Bahkan Real Madrid justru lebih banyak kehilangan pemain. Mereka sudah melepas Gareth Bale, Isco, Marcelo, Luka Jovic, dan beberapa nama lain.

Anehnya, Carlo Ancelotti mengatakan bahwa pergerakan Real Madrid di bursa transfer musim panas ini sudah selesai. Tidak akan ada pembelian baru, kecuali ada perubahan mendadak yang signifikan.

Sumber: Bola, Marca

Berita Terkait