Banyak Yang Tak Kenal 4 Pemain MU Ini : Nasib Miris Mereka Mau Untung Malah Buntung

oleh Choki Sihotang diperbarui 03 Agu 2022, 21:30 WIB
Kleberson (tengah) saat tampil memperkuat Manchester United melawan Newcastle United pada laga Premier League 2004. (AFP/Paul Barker)

Bola.com, Jakarta - Berstatus klub papan atas dunia, Manchester United (MU) adalah tujuan sebagian besar pemain untuk unjuk kebolehan. Tak sedikit pemain yang datang ke Old Trafford sukses meraih prestasi sekaligus menjadi jembatan untuk melanjutkan karier ke klub beken Eropa lainnya.

Contohnya Cristiano Ronaldo. Setelah pindah dari Sporting CP, Ronaldo kian terkenal kala berseragam MU. Dari Old Trafford, Ronaldo merambah La Liga bersama Real Madrid dan Serie A bareng Juventus. Kini, Ronaldo balik ke Old Trafford.

Advertisement

 

2 dari 7 halaman

Gagal Maksimal

Tapi, ada loh pemain yang gagal memaksimalkan kesempatan saat bermain di MU. Atau ada pula yang minim menit bermain karena keburu cedera atau malah dipinjamkan ke klub lain.

Nah, berikut ini ada empat di antaranya. Kalian masih kenal nggak ya?

 

3 dari 7 halaman

Kleberson

Kleberson

Nasibnya tak sekinclong koleganya, Cristiano Ronaldo. Pada 2003, MU mendatangkan dua wajah baru ke Old Trafford. Ronaldo dari Sporting CP dan Kleberson dari Atlético Paranaense.

Namun, dalam perjalanannya, nasib keduanya bak bumi dan langit. Ronaldo jadi bintang dan posisinya nyaris tak tergantikan, sementara nasib Kleberson terseok-seok.

 

4 dari 7 halaman

Sempat Terbaik

Sebenarnya, Kleberson menjadi satu di antara gelandang terbaik di dunia saat itu. Namun, cedera berkepanjangan membuatnya menepi selama dua tahun.

Total, dia hanya tampil dalam 20 laga bersama Setan Merah. Pada 2005 dia dibiarkan pergi ke Besiktas.

 

5 dari 7 halaman

Rodrigo Possebon

Rodrigo Possebon

Dia meninggalkan Brasil menuju Inggris dengan satu asa: Sukses. Jalan terbuka lebar. Raksasa Inggris, MU, langsung merekrutnya usai menyelesaikan pendidikan di Akademi Internacional, klub papan atas Brasil.

Tahun 2008 merupakan langkah baru Possebon menatap Premier League. Alih-alih ingin jadi bintang, Possebon malah dibuang ke klub lain sebagai pemain pinjaman hingga dilepas pada 2010.

Apa pasal? dalam tiga penampilan bersama MU, Possebon gagal membuktikan dirinya dan Ferguson emoh memberikan kesempatan lebih banyak.

 

6 dari 7 halaman

Ricardo

Ricardo. Kiper asal Spanyol yang kini berusia 50 tahun dan pensiun bersama Osasuna pada Juli 2013 ini terlebih dahulu berseragam Atletico Madrid selama 6 musim mulai 1992/1993 hingga 1997/1998. Ia hanya tampil 1 kali saat menang 3-2 atas Real Zaragoza, 2 Juni 1997. (manutd.com)

Ibarat ring tinju, Ricardo langsung KO di ronde pertama! Bagaimana tidak, kiper berpaspor Spanyol itu cuma mendapat kepercayaan sekali dalam laga Premier League.

Jika ditotal dalam kurun waktu tiga tahun (2002-2005), Ricardo hanya bermain sebanyak lima kali. Eks Real Valladolid itu selanjutnya dipinjamkan ke Racing Santander.

Pada musim 2004/2005 dia kembali ke Old Trafford dan berharap masih ada kesempatan untuknya. Namun kesempatan itu tak pernah datang. Meratapi nasib, dia meneruskan kariernya ke Osasuna.

 

7 dari 7 halaman

Manucho

Manucho, Manchester United (Dok.Manchester United)

Radar Ferguson langsung bergetar kuat kala melihat talenta berbakat Petro Atlético. Tak ingin kehilangan buruan, Ferguson langsung gerak cepat dan akhirnya mendapatkan Manucho pada 2008.

Karena MU dibanjiri striker, Ferguson memilih meminjamkan Manucho ke Panathinaikos (2008) dan Hull City (2009) dengan alasan agar sang pemain mendapat banyak menit bermain. Setelah masa peminjaman, Manucho melakoni debut bersama MU kala bentrok kontra Stoke City yang berakhir dengan kemenangan.

Manucho tampil oke dan mencetak gol. Sayang, dia malah dijual ke Valladolid. Nasib...nasib.

Berita Terkait