6 Pemain Belum Gabung TC Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong Menolak Panik

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 31 Agu 2022, 14:15 WIB
Pelatih kepala Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong memberikan instruksi ke pemainnya saat latihan untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (30/08/2022). (Bola.com/Muhammad Aldiansyah)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, menolak panik menyusul belum bergabungnya enam pemain ke pemusatan latihan. Shin Tae-yong mengaku, masih menunggu bergabungnya keenam pemain tersebut.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 sudah berlangsung sejak 26 Agustus 2022. Namun, dari 36 nama yang dipanggil, enam di antaranya belum terlihat berlatih.

Advertisement

Mereka adalah lima pemain Persija Jakarta, yakni Alfriyanto Nico, Cahya Supriadi, Muhammad Ferarri, Frengky Missa, Ginanjar Wahyu, dan Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya).

Pelatih Shin Tae-yong mengaku bisa memahami alasan dari klub keenam pemain tersebut yang belum mau melepas ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20.

"Memang secara pribadi, saya ingin mereka datang sejak awal. Akan tetapi, ada masalah dengan tim masing-masing. Jadi, saya bisa memahami. Sejauh ini tidak ada masalah besar," kata Shin Tae-yong.

2 dari 5 halaman

Beri Ultimatum

Pelatih kepala Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat latihan persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (30/08/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sementara itu, Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, berharap keenam pemain bisa segera bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu ingin mereka datang paling lambat 4 September 2022.

"Dalam waktu dekat mereka akan gabung. Mereka datang telat karena sudah izin ke Shin Tae-yong. Tanggal 4 September harus sudah gabung karena sudah dapat izin dari Shin Tae-yong, saya tidak bisa terlalu menekan klub. Yang pasti, penting sekali mereka bergabung," ucap Iriawan.

"Terutama di Persija yang banyak pemainnya. Nanti setelah tanggal 4, terserah Shin Tae-yong mau dicoret atau bagaimana," tegas Iriawan.

3 dari 5 halaman

Kabar Baik

Pemain Timnas Indonesia U-20 saat latihan persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (30/08/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, juga memberikan kabar baik jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Menurut pelatih asal Korea Selatan tersebut, kualitas permainan anak asuhnya semakin membaik.

"Mulai dari 26 Agustus setiap hari kami latihan tiga kali dalam sehari. Saat ini, kondisi pemain sangat baik dalam mengikuti arahan saya. Fisik meningkat dan hari ini fokus sentuhan bola. Program latihan sejauh ini lancar," kata Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-20 masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 akan digelar di Surabaya pada 14-18 September 2022.

4 dari 5 halaman

Banyak Perkembangan

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengunjungi latihan Timnas Indonesia U-20 untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (30/08/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Mayoritas pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 merupakan skuad yang berlaga di Piala AFF U-19 lalu. Pelatih Shin Tae-yong menyebut, ada peningkatan signifikan dari penampilan terakhir pada ajang tersebut.

"Pasti secara mental menjadi baik. Secara skill saya merasa ada peningkatan," ucap Shin Tae-yong.

"Pemain-pemain muda seperti ini setiap hari pasti akan berkembang. Pemain menunjukkan yang terbaik," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-19 untuk TC

Pemain Timnas Indonesia U-20, Ronaldo Kwateh saat latihan persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (30/08/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kiper: Cahya Supriadi (Persija Jakarta), Erlangga Setyo (Persis Solo),  Aditya Arya (Persebaya Surabaya), I Komang Aryantara (Bali United)

Belakang: Kadek Arel (Bali United), Barnabas Sobor (PSPS Pekanbaru), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta), Dimas Juliano Pamungkas (Bhayangkara FC), Ahmad Rusadi (Persela Lamongan), Dia Syadid Alhawari (Persija Jakarta), Mikkael Alfredo Tata (Waanal Bhintuka FC), Edgard Amping (PSM Makassar), Rayhan Utina (Persija Jakarta), Kakang Rudianto (Persib Bandung), Frengky Missa (Persija Jakarta)

Tengah: Frezzy Al Hudaifi (Bhayangkara FC), Robi Darwis (Persib Bandung), Muhammad Rafli Asrul (PSM Makassar), Arkhan Fikri (Arema FC), Wahyudi (Persebaya Surabaya), Achmad Maulana Syarif (Persija Jakarta), Zanadin Fariz (Persis Solo), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Subhan Fajri (Dewa United), Ferdiansyah (Persib Bandung), Alfrianto Nico (Persija Jakarta), Ginanjar Wahyu (Persija Jakarta), Arsa Ahmad (Bhayangkara FC), Teuku Razzaa Fachrezi (Persija Jakarta), Agi Firmansyah (Persija Jakarta)

Depan: Ronaldo Kwateh (Madura United), Muhammad Widi Syarif (Persebaya Surabaya), Muhammad Akrom (Persikab Bandung), Hokky Caraka (PSS Sleman), Ricky Pratama (PSM Makassar), Rabbani Tasnim (Borneo FC)

Berita Terkait