PSSI Menyambut French Football Academy di Jakarta, Lumayan Bisa Dapat Ilmu

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 08 Sep 2022, 18:30 WIB
PSSI menyambut baik pembentukan French Football Academy di Jakarta yang akan dibuka mulai 10 September 2022. (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) resmi membentuk akademi sepak bola di Indonesia yang diberi nama French Football Academy Jakarta. Waksekjen PSSI, Maaike Ira Puspita, menyambut baik kehadiran dari akademi tersebut.

French Football Academy Jakarta merupakan akademi sepak bola yang resmi di bawah naungan Federasi Sepak Bola Prancis (FFF). Akademi ini menjadi yang keenam milik FFF diseluruh dunia setelah New York, Singapura, Montreal, Santa Cruz, dan Jeddah.

Advertisement

"Kami senang banget karena ini merupakan hasil konkrit dari pembahasan satu tahun lebih. Kami sempat berbicara dengan FFF kemudian sempat mengunjungi French Football Academy yang ada di Singapura," kata Maaike Ira Puspita.

"Kami melihat langsung bagaimana ambiance-nya bagaimana anak-anak itu diberikan motivasi untuk bermain dan mencintai sepak bola," ucap Maaike.

French Football Academy Jakarta akan menggunakan kurikulum yang sesuai dengan acuan dari FFF dan National Football Institute (INF) Clairefontaine. Akademi ini menyediakan kelompok umur 4-18 tahun.

2 dari 5 halaman

2 Manfaat

Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) meresmikan pembentukan akademi sepak bola bernama French Football Academy Jakarta. (Bola.com/Abdul Aziz)

Maaike Ira Puspita juga menyebut keberadaan French Football Academy Jakarta bisa membantu dan mendukung program PSSI yang ada di akar rumput. Maaike melihat ada dua manfaat yang bisa diambil PSSI dari kehadiran French Football Academy Jakarta.

"Kami melihat ini sebagai platform yang bagus dan baik. Supaya kedepannya nanti membangun grassroot program yang memang sesuai dengan PSSI," ucap Maaike.

"Kami juga ingin bertukar ilmu. Bagaimana sih dan metode apa saja yang digunakan oleh pelatih-pelatih di Prancis. Itu bisa kita modifikasi sesuai yang ada di Indonesia. Supaya kita bisa membangun pemain yang lebih baik," tegas Maaike.

3 dari 5 halaman

Pengembangan Sepak Bola Wanita

Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) meresmikan pembentukan akademi sepak bola bernama French Football Academy Jakarta. (Bola.com/Abdul Aziz)

Selain itu, Maaike Ira Puspita juga menyebut kehadiran French Football Academy Jakarta bisa membantu PSSI dalam pengembangan pemain wanita. Apalagi French Football Academy Jakarta nantinya juga akan memiliki pelatih akademi wanita.

"Kami mengerucut memang terhadap pengembangan sepak bola wanita. Seperti yang sudah kita tahu, kalau jumlah pemain sepak bola wanita kita masih belum dioptimalisasikan. Pertama dari pemain dan pelatihnya," ucap Maaike.

"Kami sudah punya sample yang idenya adalah French Football Academy Jakarta akan menjadi platform di mana pemain perempuan bisa merasa aman dan nyaman bermain sepak bola di tambah nanti dengan pelatih-pelatihnya juga wanita,"

4 dari 5 halaman

Alasan Pemilihan Indonesia

CEO FFF Adacemy/Silk Road Sports Consulting Singapore & Indonesia, Steeve Cupailo, mengaku pihaknya punya beberapa alasan memilih mendirikan French Football Academy di Indonesia. Steeve Cupailo menyebut, Indonesia sebagai negara yang punya sumber daya pemain yang melimpah.

"Alasan pemilihan Jakarta karena Indonesia memiliki kultur sepak bola yang kuat. Selain itu, ini juga bisa jadi jembatan untuk antara FFF dan PSSI. Kemudian juga untuk membantu anak Indonesia mendapatkan pelatihan sepak bola kelas dunia," kata Steeve Cupailo.

Para pemain muda Indonesia nantinya akan dilatih oleh mentor yang berasal langsung dari Prancis. Sebanyak 10 orang pelatih nantinya akan bekerja di bawah arahan Direktur Teknik yang memegang lisensi kepelatihan UEFA A, Nicolas Possetti.

5 dari 5 halaman

Siap Cetak Pemain

Direktur Teknik French Football Academy, Nicolas Possetti, menyambut antusias pembentukan akademi sepak bola di Jakarta. Nicolas Possetti berharap, pihaknya bisa membantu mencari dan mencetak pemain-pemain muda berkualitas untuk masa depan.

"Saya sangat bangga berada di posisi ini. Saya yakin bekerja di bawah naungan FFF dan mewakili lembaga yang diakui di seluruh dunia dapat menyebarkan citra yang bagus bagi pelatih kami," kata Nicolas Possetti.

"Kami bertujuan untuk memberi manfaat dan pengetahuan bagi seluruh generasi pemain muda," tegas Nicolas Possetti.