Profil Pelatih Timnas Prancis U-20 Bernard Diomade: Pernah Juara Piala Dunia 1998 dan Bela Liverpool

oleh Hery Kurniawan diperbarui 16 Nov 2022, 16:00 WIB
Pelatih kepala Prancis U-19, Bernard Diomede berbicara pada konferensi pers setelah pertandingan semifinal Kejuaraan Eropa U-19 2018 antara Italia melawan Prancis di Vaasa, Finlandia pada 26 Juli 2018. (AFP/Lehtikuva/Timo Aalto)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 akan tampil di turnamen usia muda Costa Calida Region de Murcia Football Week. Pada laga pertama ajang itu, Garuda Nusantara akan menghadapi Prancis U-20.

Ajang yang berlangsung di Spanyol ini menjadi ajang pemanasan yang menarik bagi Timnas Indonesia U-20 dan Prancis U-20. Keduanya dipastikan akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Advertisement

Prancis menjadi salah satu kekuatan sepak bola dunia. Mereka juga punya sejarah cukup manis di level Piala Dunia U-20.

Saat ini Timnas Prancis U-20 ditukangi oleh Bernard Diomede. Bola.com memiliki ulasan mengenai siapa sosok Bernard Diomade seperti di bawah ini.

2 dari 4 halaman

Keturunan Guadaloupe, Pernah Perkuat Liverpool

(Dari kiri ke kanan) Pemain Prancis Bernard Diomede, Lilian Thuram, Didier Deschamps dan Thierry Henry merayakan gelar juara Piala Dunia 1998 di Stade de France di Saint-Denis, 12 Juli 1998. Prancis mengalahkan Brasil 3-0 di final Piala Dunia 1998. (AFP/Daniel Garcia)

Bernard Diomede adalah sosok yang lahir di Prancis pada 23 Januari 1974. Ia merupakan pemain keturunan Guadaloupe, sebuah negara eks jajaran Prancis yang terletak di Samudera Pasifik.

Ketika masih aktif sebagai pemain, Diomede memiliki karier yang cukup menarik. Ia adalah produk akademi pemain muda AJ Auxerre.

Penampilan apiknya di Auxerre mengantar Diomede pindah ke Liverpool pada musim panas 2000. Namun, karier eks winger ini di Liverpool tak berjalan mulus.

Ia gagal beradaptasi yang kemudian membuatnya lebih banyak dipinjamkan ke klub lain ketimbang membela The Reds.

3 dari 4 halaman

Juara Dunia 1998

Striker Prancis, Bernard Diomède (kanan) menendang bola dibayangi oleh bek Norwegia, Alf-Inge Haland saat laga persahabatan antara Prancis melawan Norwegia di Marseille, Prancis Selatan 25 Februari 1998. Laga berakhir dengan skor imbang 3-3. (AFP/Gabriel Bouys)

Bernard Diomede pun pernah menjadi bagian dari Timnas Prancis senior. Bahkan, ia menjadi anggota skuad Les Bleus yang menjadi juara Piala Dunia 1998.

Pada Piala Dunia 1998 yang berlangsung di Prancis itu, Diomede mendapatkan kesempatan tiga kali bertanding. Dua kesempatan terjadi di fase grup, sementara sisanya terjadi pada babak 16 besar.

Namun, karier Bernard Diomede berakhir dengan cepat. Di sepanjang kariernya, Diomede hanya punya total delapan caps di Timnas Prancis.

4 dari 4 halaman

Langganan Kelompok Umur Timnas Prancis

Prancis akan menghadapi Timnas Indonesia U-20 pada Kamis (17/11/2022) pada turnamen Costa Calida Region de Murcia Football Week di Murcia, Spanyol. (dok. FFF)

Bernard Diomede pensiun sebagai pemain profesinal pada tahun 2006. Clement FA menjadi klub terakhir yang ia bela saat itu.

Bernard Diomede pernah menjauh dari dunia sepak bola. Ia baru kembali berkarier di dunia kulit bundar pada tahun 2015.

Saat itu ia menjadi pelatih Prancis U-17. Sejak saat itu, Diomede terus menjadi langganan menukangi Timnas Prancis kelompok umur. Ia pernah menjadi pelatih Prancis U-17 hingga U-20.

 

Berita Terkait