Foto: Kapten Rama Pradhitia, Satu-satunya Pilot Keluarga Kerajaan Qatar yang Berasal dari Indonesia

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 01 Des 2022, 16:13 WIB
Bola.com berkesempatan bertemu dengan seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki pekerjaan yang tak biasa disela-sela kesibukan meliput perhelatan akbar Piala Dunia 2022 di Qatar. Ia adalah Rama Pradhitia Lawendatu. (Bola.com/Hendry Wibowo)
Rama Pradhitia adalah seorang pilot di maskapai Qatar Amiri Flight. Ia menjadi satu-satunya pilot asal Indonesia di maskapai itu. (Bola.com/Hendry Wibowo)
Qatar Amiri Flight merupakan maskapai penerbangan VIP yang dimiliki oleh pemerintah Qatar. Mereka bekerja untuk melayani Amir Qatar dan keluarga kerajaan. (Bola.com/Hendry Wibowo)
Kapten Rama bergabung bersama Qatar Amiri Flight sejak tahun 2007. Sebelumnya, Pria kelahiran Bogor 20 Oktober 1973 itu merupakan pilot di maskapai komersial Qatar Airways. (Bola.com/Hendry Wibowo)
Kapten Rama mengawali kariernya sebagai pilot di Garuda Indonesia tahun 1995 setelah lulus dari sekolah penerbangan Curug pada Desember 1994. Ia kemudian diambil oleh Swiss Air selama dua tahun saat krisis moneter 1998. Pria 49 tahun itu kemudain kembali ke Garuda pada tahun 2000. (Bola.com/Hendry Wibowo)
Momen paling berkesannya yaitu pada Mei 2009. Kala itu, Kapten Rama membawa Emir Hamad ke Indonesia untuk kunjungan kenegaraan bertemu Presiden Indonesia yang saat itu dijabat oleh Susilo Bambang Yudhoyono. (Bola.com/Hendry Wibowo)
Lantaran bukan bekerja di penerbangan komersial, jam kerja di Amiri Flight ini harus selalu siap setiap saat. Namun, terlepas dari itu semua, lebih banyak pengalaman menyenangkan yang dialami Kapten Rama saat menjadi pilot maskapai keluarga kerajaan Qatar. (Bola.com/Hendry Wibowo)

Berita Terkait