Brasil Takluk dari Negara asal Afrika di Piala Dunia, Tite: Tunisia Saja Mengalahkan Prancis

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 03 Des 2022, 12:41 WIB
Pemain timnas Brazil, Dani Alves (kiri) berhasil menguasai bola dari pemain kamerun Pierre Kunde dalam pertandingan grup G Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Sabtu (3/12/2022). (AP Photo/Pavel Golovkin)

Bola.com, Doha - Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Piala Dunia, Timnas Brasil kalah dari negara Afrika. Tim berjulukan Selecao itu takluk dari Timnas Kamerun.

Brasil dipermalukan Kamerun 0-1 dalam partai terakhir Grup G Piala Dunia 2022 pada Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB di Lusail Iconic Stadium, Lusail.

Advertisement

Untungnya, kekalahan itu tidak melengserkan Brasil dari singgasana Grup G Piala Dunia 2022. Brasil tetap keluar sebagai juara grup dengan enam poin.

"Kekalahan ini masuk dalam sejarah saya," ujar pelatih Brasil, Tite dinukil dari The Athletic.

2 dari 6 halaman

Singgung Kemenangan 5-1 Brasil atas Tunisia

Pemain timnas Kamerun, Christopher Wooh (tengah) berusaha mengontrol bola dibayangi dua pemain Brasil dalam pertandingan grup G Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Sabtu (3/12/2022). (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Setelah membuat catatan negatif bagi tim berjulukan Selecao itu, Tite juga menyinggung Prancis yang terkapar ketika berhadapan dengan wakil Afrika lainnya, Tunisia di Piala Dunia 2022.

Tunisia mampu membungkam Prancis 1-0 dalam matchday terakhir Grup D Piala Dunia 2022 pada 30 November 2022. Sementara, Brasil membantai Tunisia 5-1 dalam uji coba pada 27 September tahun ini.

"Tunisia yang kami kalahkan pada September 2022 menaklukkan Prancis," kata Tite.

3 dari 6 halaman

Penjelasan Tite

Pelatih Timnas Brasil, Tite memberikan instruksi kepada anak buahnya dalam pertandingan Grup G Piala Dunia 2022 melawan Timnas Serbia yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Jumat (25/11/2022). (AP Photo/Andre Penner)

"Kami tidak efektif dan permainan menjadi lebih berbahaya seiring berjalannya waktu. Saya bertanggung jawab atas semua yang terjadi," imbuh Tite.

"Setiap pertandingan itu sulit. Kami tidak bisa menganggap enteng lawan. Piala Dunia tidak memberikan Anda kesempatan kedua."

"Kami akan kecewa selama 24 jam setelah hasil ini dan kemudian kami akan mempersiapkan pertandingan berikutnya," jelas Tite.

4 dari 6 halaman

Komentar Tite

"Saya pikir, semua tim yang lolos dengan satu pertandingan tersisa, kalah dalam pertandingan terakhir di penyisihan Piala Dunia 2022," papar pria berusia 61 tahun itu.

"Brasil kalah dari Kamerun. Portugal kalah dari Korea Selatan. Prancis kalah dari Argentina. Tidak ada yang memenangkan ketiga partai itu," terang Tite.

5 dari 6 halaman

Posisi Brasil di Grup G