Best XI Perempat Final Piala Dunia 2022: Ada Messi dan Neymar, Ronaldo Enggak Masuk Daftar

oleh Aryo Atmaja diperbarui 12 Des 2022, 12:15 WIB
Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Final Draw (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 akan memasuki babak semifinal yang dimainkan tengah pekan mendatang, Rabu-Kamis (14-15/12/2022). Sebelumnya delapam tim bertarung di babak perempat final

Hasilnya, empat tim berhasil melaju setelah lolos dari babak perempat final. Keempat tim itu antara lain; Argentina, Kroasia, Maroko, dan Prancis.

Advertisement

Kroasia menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah mendepak Brasil melalui drama adu penalti. Argentina juga menyusul dengan cara kemenangan yang sama ketika memulangkan Belanda.

Maroko di luar dugaan berhasil menyingkirkan tim favorit Portugal dengan kemenangan tipis 1-0. Sementara Prancis menjadi tim terakhir yang melaju ke semifinal setelah menumbangkan Inggris dengan skor tipis 2-1.

Menarik disimak adalah siapa saja pemain pilihan di babak perempat final Piala Dunia 2022 yang masuk starting XI versi WhoScored. Dari sebelas pemain, tidak ada nama bintang Portugal yaitu Cristiano Ronaldo yang gagal membawa Portugal melaju jauh.

Yuk simak daftarnya berikut ini.

2 dari 5 halaman

Kiper dan Pemain Belakang

Kiper Timnas Kroasia, Dominik Livakovic kembali menjadi pahlawan timnya dalam babak perempatfinal Piala Dunia 2022 dengan menyingkirkan favorit juara, Brasil lewat adu penalti di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Jumat (9/12/2022) malam WIB. Kiper yang jago menggagalkan tendangan penalti tersebut sebelumnya juga menjadi aktor kemenangan saat melibas Jepang di babak 16 besar. (AP/Frank Augstein)

1. Dominik Livakovic (Kroasia)

Penjaga gawang Kroasia, Dominik Livakovic masih menunjukkan ketangguhannya di bawah mistar. Ia berhasil menjadi pemain terbaik saat Kroasia menyingkirkan Jepang melalui drama adu penalti.

Kiper Dinamo Zagreb itu melanjutakan ketangguhannya ketika kembali melakukan pekerjaan yang sama saat mendepak Brasil di perempat final juga dengan adu penalti. Ia punya rating oleh Who Scored mencapai 8,06

2. Eder Militao (Brasil) – 7.50

Eder Militao solid di lini belakang untuk Brasil, dan rating WhoScored-nya sebesar 7,50 sangat terbantu oleh fakta bahwa dia berada di luar lapangan saat Kroasia mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-117.

Atau setelah bek Real Madrid diganti di paruh waktu perpanjangan waktu. Eder Militao punya tingkat keberhasilan operan 92%, serta memiliki tingkat keberhasilan tekel 100%.

3. Cristian Romero (Argentina)

Bek tengah Argentina memperoleh rating 7.04 oleh WhoScored. Christian Romero keluar sebelum kedua gol Belanda datang, artinya pertahanan Argentina porak-poranda saat ia ditarik keluar.

Romero memiliki tingkat keberhasilan umpan 93%, serta tingkat keberhasilan tekel 100%. Dia memang mendapat kartu kuning karena cukup temperamental, tapi kemampuan sebagai bek andal tak perlu diragukan.

4. Jawad El-Yamiq (Maroko)

Maroko melaju ke semifinal dengan fantastis dan termasuk pemilik lini belakang paling kuat saat ini. Mereka baru saja mendepak Portugal 1-0 untuk melaju ke semifinal.

Satu di antara kuncinya ada pada performa Jawad El Yamiq sebagai pemain belakang tangguh dan solid. Mencatatkan 10 sapuan, yang berarti enam kali lebih banyak dari pemain Maroko lainnya, ditambah dua intersepsi. Dia juga memenangkan tiga duel udara defensif saat mereka menahan Portugal, yang membuatnya punya rating WhoScored sebesar 7,60.

5. Yayha Attiat-Allah (Maroko)

Maroko gudangnya pemain belakang andal di Piala Dunia 2022. Selain Jawal El-Yamiq, mereka masih punya sosok Yahya Attiat-Allah di posisi bek kiri.

Yayha Attiat-Allah membuat tiga umpan kunci, termasuk assist untuk gol kemenangan Youssef En-Nesyri ke gawang Portugal. Performanya memungguli El-Yamiq, dan clean sheet yang membantunya mendapatkan peringkat WhoScored 7,66.

3 dari 5 halaman

Gelandang

Reaksi kecewa pemain Brasil, Neymar setelah tim mereka kalah dari Kroasia saat laga perempat final Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung di Education City Stadium, Al-Rayyan, Jumat (09/12/2022) waktu setempat. Brasil kalah 2-4 dari Kroasia saat babak adu penalti. (AP/Darko Bandic)

6. Bruno Fernandes (Portugal)

Portugal harus angkat koper dari Piala Dunia 2022 usai disingkirkan Maroko di perempat final. Namun Selecao das Quinas punya satu pemain yang menonjol dan memiliki rating tinggi oleh WhoScored.

Bruno Fernandes memiliki tingkat keberhasilan dribel 100%, menciptakan umpan kunci terbanyak untuk Portugal (3 kali), dan mengumpulkan tingkat keberhasilan umpan 86%. WhoScored memberikannya rating poin sebesar 7,58.

7. Antoine Griezmann (Prancis)

Prancis melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah menang atas Inggris 2-1. Gol Aurelien Tchouameni dan Olivier Giroud membuat Les Bleus lolos, namun predikat pemain terbaik dalam laga itu adalah Antoine Griezmann.

Ia memberikan assist kepada dua pencetak gol Prancis ke gawang Inggris. Dari semua pemain yang telah memainkan lima pertandingan, Griezmann hanya berada di bawah Kylian Mbappe dan Lionel Messi dalam hal peringkat WhoScored, dan ratingnya sebesar 7,56 layak mendapat tempat di XI terbaik.

8. Neymar Jr (Brasil)

Meskipun Brasil tersingkir dari perempat final melalui adu penalti melawan Kroasia, Neymar punya peringkat WhoScored 8,20, atau setelah menjadi man of the match dalam laga kemarin. Golnya di perpanjangan waktu tampaknya akan menjadi penentu kemenangan sebelum Bruno Petkovic menyamakan kedudukan di menit-menit tersisa,

Tetapi empat dribel Neymar, lima tembakannya tepat sasaran, dan satu umpan kunci berhasil. Hanya saja, Brasil harus pulang dari Qatar lebih cepat setelah kalah adu penalti dari Kroasia 2-4.

9. Marcos Acuna (Argentina)

Argentina bermain konsisten setelah kekalahan dari Arab Saudi pada partai perdana fase grup Piala Dunia 2022. Ada banyak pemain yang menonjol, termasuk pada diri Marcos Acuna yang punya rating poin 7,47 oleh WhoScored.

Mirip dengan Christian Romero, Acuna juga diganti sebelum Belanda menyamakan skor di waktu normal. Dua dribelnya tidak diungguli oleh pemain mana pun, begitu pula tiga tekelnya. Terlebih lagi, dia juga melakukan dua kali clearance sebelum keluar lapangan.

4 dari 5 halaman

Penyerang

Lionel Messi dinobatkan sebagai Man of The Match pada laga tersebut. Hal itu membuat La Pulga tercatat sebagai pemain dengan penghargaan MoTM terbanyak di perhelatan akbar Piala Dunia, yaitu 8 kali. (AP/Petr David Josek)

10. Lionel Messi (Argentina)

Menjadi pahlawan Argentina dalam perjalannya ke tangga semifinal Piala Dunia 2022. Saar melawan Belanda di perempat final, Lionel Messi mencetak satu, membuat satu, dan kembali bikin gol saat adu penalti.

Atas penampilannya kemarin, Lionel Messi mendapatkan rating poin oleh WhoScored mencapai 8,69. Dua tembakan tepat sasaran Messi, tiga operan kunci, dua dribel, bersama dengan dua kontribusi golnya, membuat Messi punya nilai yang tinggi.

11. Wout Weghorst (Belanda)

Inilah sosok pemain dengan rating tertinggi di perempat final Piala Dunia 2022. Wout Weghorst sempat membuat asa Belanda hidup setelah mencetak dua gol penyama kedudukan dan memaksa laga harus ditentukan dengan perpanjangan waktu hingga adu penalti.

Weghorst mencetak dua gol setelah keluar dari bangku cadangan pada menit ke-78, dan mencatat tingkat keberhasilan 100% di udara, WhoScored memberinya rating hingga 8,73.

 

Sumber: Whoscored

5 dari 5 halaman

Berita Terkait