Sebelum Cody Gakpo, Ini 4 Penyerang Belanda yang Pernah Direkrut Liverpool

oleh Rizki Hidayat diperbarui 28 Des 2022, 10:15 WIB
Ilustrasi - Cody Gakpo Belanda (Bola.com/Bayu Kurniawan Santoso)

Bola.com, Jakarta - Liverpool sukses mendapatkan tanda tangan Cody Gakpo jelang bursa transfer musim dingin 2023 dibuka. The Reds meminang pemain Timnas Belanda itu dari PSV Eindhoven.

Liverpool diklaim akan menebus Gakpo sebesar 37 juta poundsterling. Nilai tersebut bisa melonjak karena terdapat add-ons sekitar 13 juta poundsterling.

Advertisement

Gakpo menjadi satu di antara pemain yang bersinar di Piala Dunia 2022. Pemain berusia 23 tahun tersebut berhasil mencetak tiga gol untuk negaranya selama kompetisi di Qatar.

Gakpo juga tampil gemilang bersama PSV Eindhoven pada musim ini. Dia berhasil mencetak 13 gol dan 17 assist dari 28 pertandingan di semua kompetisi.

Kehadiran Gakpo bak air di gurun pasir bagi Liverpool. Saat ini, The Reds kekurangan penyerang setelah Luis Diaz, Diogo Jota, dan Roberto Firmino mengalami cedera panjang.

Gakpo pun menjadi penyerang asal Belanda kelima yang digaet Liverpool. Siapa saja bomber dari negeri Kincir Angin yang digaet The Reds sebelumnya dan bagaimana kiprahnya?

Berikut ini empat penyerang asal Belanda yang direkrut Liverpool sebelum Cody Gakpo.

 

2 dari 6 halaman

Ryan Babel

Penyerang Liverpool Ryan Babel pada partai kontra Atletico Madrid dalam ajang Liga Europa di Anfield, 29 April 2010. AFP PHOTO/JAVIER SORIANO

Ryan Babel mengawali kariernya bersama Ajax Amsterdam. Pemain sayap asal Belanda itu kemudian pindah ke Inggris dengan membela Liverpool

Babel bermain untuk Liverpool pada 2007 hingga 2011. Dia memainkan 146 pertandingan di semua kompetisi dengan sumbangan 22 gol dan 18 assist.

Sayangnya, Babel tak sempat merasakan mengangkat trofi selama bermain bersama Liverpool. Dia kemudian melanjutkan kariernya di Jerman bersama Hoffenheim.

 

3 dari 6 halaman

Dirk Kuyt

4. Dirk Kuyt - Penyerang asal Belanda ini lama menghabiskan kariernya bersama Liverpool. Kuyt berhasil menutup kariernya dengan sempurna setelah mengantar klub pertamanya, Feyenoord menjadi juara Liga Belanda. (AFP/Saeed Khan)

Dirk Kuyt termasuk cukup lama bermain untuk Liverpool. Penyerang serbabisa asal Belanda tersebut berseragam The Reds selama enam musim sejak 2006 hingga 2012.

Kuyt menjadi bagian dari Liverpool setelah didatangkan dari Feyenoord. Mantan pemain Fenerbahce tersebut bermain total 285 kali di semua ajang dan mencetak 71 gol serta 40 assist.

Selama berada di Anfield, tercatat hanya memenangkan Piala Liga. Dia pernah tampil di final Liga Champions bersama The Reds tetapi gagal menjadi juara setelah kalah dari AC Milan.

 

4 dari 6 halaman

Boudewijn Zenden

Tahun 1998-2001 Barcelona mendapatkan servis pemain asal Belanda Boudewijn Zenden (tengah), kemudian pada periode 2005-2007 giliran Liverpool yang menggunakan jasa Zenden. (AFP/Andrew Yates)

Boudewijn Zenden menunjukkan performa yang bagus bersama Middlesbrough. Hal itu membuat Rafael Benitez kepincut dan membawanya ke Liverpool pada musim panas 2005.

Sayangnya, Zenden sering diganggu cedera selama berada di Anfield. Alhasil, pemain sayap asal Belanda tersebut cuma tampil 47 kali selama dua musim di Liverpool.

Zenden hanya mencetak dua gol dan satu assist selama memperkuat Liverpool. Pada 2007, Zenden akhirnya hengkang ke Prancis dengan bergabung Marseille.

 

5 dari 6 halaman

Erik Meijer

Erik Meijer didatangkan Liverpool secara gratis dari Bayer Leverkusen pada tahun 1999. Namun penyerang asal Belanda ini tidak mampu menunjukkan ketajamannya selama berada di Anfield.

Meijer kalah bersaing dengan penyerang top di lini depan Liverpool seperti Michael Owen dan Robbie Fowler. Alhasil, Meijer sempat dipinjamkan ke Preston North End.

Meijer hanya mencetak dua gol dari 26 penampilan bersama Liverpool. The Reds pada akhirnya melepasnya dengan status bebas transfer ke Hamburg SV pada Desember 2000.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 27/12/2022)

6 dari 6 halaman

Simak Posisi Liverpool di Bawah Ini:

Berita Terkait