Liga Inggris: Cari Pengganti David De Gea, Kiper Muda Leeds United Jadi Target MU

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 28 Des 2022, 12:45 WIB
Penjaga gawang Leeds United, Illan Meslier tampil cemerlang dengan mencatatkan 29 penyelamatan gemilang musim ini. Kiper berumur 22 tahun asal Prancis ini sangat ideal untuk gaya permainan Ten Hag. Dari 12 laga yang ia mainkan musim ini, dia baru membuat 2 cleansheet dan 19 kali kebobolan.(AFP/Paul Ellis)

Bola.com, Jakarta - Rumor pencarian kiper baru Manchester United (MU) terus berkembang. Babak baru pencarian pengganti David De Gea di bawah mistar gawang The Red Devils dimulai, di mana kiper Leeds United, Illan Meslier, menjadi target.

MU sedang gencar berburu kiper baru. Kemungkinan perpisahan dengan David De Gea makin besar karena kontrak kiper asal Spanyol itu akan berakhir pada musim panas 2023.

Advertisement

Saat ini sudah ada beberapa kiper yang mendapatkan perhatian dari MU. Namun, The Red Devils dilaporkan menimbang opsi yang tersedia tersebut.

Seperti dilansir Media Foot, MU sudah menemukan kandidat yang bagus untuk menggantikan David De Gea. Mereka akan fokus untuk mendapatkan jasa Illan Meslier dari Leeds United.

2 dari 5 halaman

Kiper yang Teruji

Illan Meslier. Kiper muda Prancis berusia 22 tahun dan telah memperkuat Leeds United selama 3 musim sejak 2011/2012 ini selalu dipercaya pelatih Marcelo Bielsa dan penggantinya Jesse March sebagai pilihan utama di bawah mistar gawang Spurs pada Liga Inggris musim 2021/2022. Ia selalu tampil dalam seluruh 38 laga di Liga Inggris sebagai starter dan 37 kali tampil penuh selama 90 menit. Satu-satunya laga dimana ia tidak tampil penuh adalah saat melawan Wolverhampton di pekan ke-30 saat ia ditarik keluar dan digantikan oleh Kristoffer Klaesson pada menit ke-55. Total ia bermain selama 3385 menit dengan torehan 5 kali clean sheet dan kebobolan 78 gol hingga mampu membawa Leeds lolos dari degradasi dengan menghuni peringkat ke-17. (AFP/Paul Ellis)

Menurut laporan tersebut, Manchester United (MU) sangat tertarik merekrut Illan Meslier setelah melihat rekam jejaknya di Premier League.

Sejak musim lalu, Meslier menjadi kiper utama Leeds United. Penampilannya juga bisa dikatakan cukup konsisten bagi pemain berusia 22 tahun.

Melihat aksi sang kiper, tim pelatih MU percaya Meslier bisa menjadi opsi yang bagus untuk skuad mereka.

3 dari 5 halaman

Bakal Sulit

Illan Meslier. Kiper Leeds United asal Prancis berusia 22 tahun ini menjadi kiper dengan jumlah kebobolan terbanyak di liga-liga top Eropa musim 2021/2022 dengan total kebobolan sebanyak 78 gol meski mampu membuat 143 saves, terbanyak dari seluruh kiper di Premier League. Jumlah tersebut didapat dari 38 laga di Liga Inggris, alias ia tampil dalam seluruh laga. Dari 38 laga, hanya sekali ia tidak bermain penuh, yaitu di pekan ke-30 saat bertandang ke Wolverhampton. Ia digantikan di menit ke-55 dalam laga yang dimenangi Leeds United dengan skor 3-2. Meski kebobolan 78 gol, ia mampu melakukan clean sheet sebanyak 5 kali. (AFP/Oli Scarff)

Laporan yang sama mengklaim bahwa Manchester United (MU) tidak akan mudah untuk merekrut Meslier pada 2023 nanti.

Leeds United sejauh ini ogah berpisah dengan sang kiper. Mereka menilai sulit mencari kiper muda dengan kemampuan seperti Meslier.

Sementara di sisi lain, Leeds United ogah melepaskan salah satu pemain terbaik mereka ke rival mereka. Jadi mereka akan mengupayakan Meslier tidak pindah ke MU dalam waktu dekat ini.

 

4 dari 5 halaman

Ada Pesaing

Illan Meslier - Kiper berusia 21 tahun ini merupakan pilihan utama Marcelo Bielsa di bawah mistar gawang Leeds United. Sejauh ini ia telah membuat 63 penyelamatan, lebih banyak dari rekan senegaranya yakni Hugo Lloris yang membuat 48 penyelamatan. (AFP/Nick Potts/Pool)

Manchester United (MU) punya rival yang cukup berat untuk mendapatkan jasa Meslier.

Sang kiper dilaporkan juga jadi target transfer Chelsea di tahun 2023 nanti.

Sumber: Mediafoot

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 28/12/2022)

5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League saat Ini