Bursa Transfer BRI Liga 1: Yevhen Bokhashvili dan Guilherme Batata Balik Kucing ke PSS?

oleh Ana Dewi diperbarui 02 Jan 2023, 13:30 WIB
Aksi Dua bintang asing PSS Sleman, Guilherme Batata dan Yevhen Bokhasvili saaat memeriahkan laga amal di desa Plumbon, Tawangmangu, Kabupaten Karangan, Jumat (13/11/2020). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Bola.com, Sleman - PSS Sleman dikabarkan bakal memulangkan mantan penyerang asing mereka, Yevhen Bokhashvili pada bursa transfer paruh musim BRI Liga 1 2022/2023. Pemain asal Ukraina itu didatangkan untuk menggantikan posisi Mychell Chagas yang dilepas beberapa waktu lalu.

Rumor comeback Yevhen menguat menyusul unggahan sang pemain di akun instagramnya. Dalam postingan tersebut terlihat striker berusia 29 tahun itu tengah melakukan perjalanan menuju Indonesia.

Advertisement

"Hampir kembali ke Jogja setelah melalui perjalanan panjang," tulis Yevhen, Minggu (1/1/2023) pagi.

Sementara saat ditanya terkait kepindahannya ke PSS Sleman, Yevhen tidak menampik ataupun mengiyakan. Dia enggan berkomentar banyak.

"Saya tidak dapat memberikan komentar apapun sekarang. Mungkin nanti akan saya jawab," ujar Yevhen Bokhashvili kepada Bola.com Minggu (1/1/2023).

Sebelumnya, musim ini Yevhen Bokhashvili bermain di Otelul Galati, klub kasta kedua Liga Rumania. Di sana dia hanya tampil sebanyak delapan kali dan mencetak satu assist.

Peluang Yevhen Bokhashvili untuk balik kucing ke PSS Sleman terbilang cukup lebar. Terlebih, mantan pemain Persipura Jayapura itu saat ini berstatus tanpa klub. Sementara, Super Elang Jawa juga sedang membutuhkan striker asing untuk mengarungi putaran kedua Liga 1 2022/2023.

2 dari 5 halaman

Guilherme Batata Menyusul?

Gelandang PSS asal Brasil, Guilherme Felipe de Castro atau Batata, dalam debutnya melawan Kalteng Putra di Stadion Maguwoharjo, Sleman (7/7/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Selain Yevhen Bokhashvili, satu mantan pemain PSS Sleman yang dirumorkan merapat ke Bumi Sembada adalah gelandang asal Brasil, Guilherme Batata. Sama seperti Yevhen, Batata kini berstatus free transfer setelah dilepas Persela Lamongan musim lalu.

Dalam akun Instagram pribadinya, pemain berusia 30 tahun itu seakan memberikan sinyal positif untuk 'pulang' ke Sleman. Dia mengunggah foto saat masih berseragam PSS Sleman musim 2019, yang sukses menarik perhatian netizen.

Banyak yang meminta agar pemilik nama lengkap Guilherme Felipe de Castro itu kembali menjadi bagian dari PSS Sleman. Foto yang diunggah Batata pada Minggu (1/1/2023) seolah memberi kode kalau Guilherme Batata akan comeback ke PSS pada putaran kedua Liga 1 2022/2023.

3 dari 5 halaman

Sama-sama Tampil Apik di 2019

Striker PSS, Yevhen Bokhasvili, disambut rekan-rekannya setelah mencetak gol ke gawang Badak Lampung di Stadion Maguwoharjo (3/12/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Yavhen Bokhashvili dan Guilherme Batata sama-sama pernah membela PSS Sleman pada musim 2019.

Selama berseragam PSS, Yevhen tampil cukup mengesankan dan berhasil mencetak 17 gol. Pemain yang akrab disapa Baha itu selalu dipercaya menjadi starter dalam 34 pertandingan Laskar Sembada di Liga 1 musim 2019/2020.

Penampilan Batata bersama PSS juga tidak mengecewakan. Dia selalu menjadi andalan pelatih Seto Nurdiyantoro untuk mengawal lini tengah Laskar Sembada. Eks Timnas Brasil U-17 itu jadi starter dalam 27 pertandingan PSS di Liga 1 musim 2019.

4 dari 5 halaman

Dikaitkan dengan Sejumlah Pemain Asing

PSS Sleman Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Di putaran kedua nanti, PSS Sleman akan melakukan perombakan pada skuadnya. Tak hanya pemain lokal, kinerja pemain asing juga dievaluasi.

Satu pemain yang resmi hengkang adalah striker asal Brasil, Mychell Chagas. Nama selanjutnya yang diisukan semakin dekat dengan pintu keluar Maguwoharjo adalah gelandang serang Ze Valente. Pemain asal Portugal itu dikabarkan menuju Persebaya Surabaya.

PSS Sleman memanfaatkan mepetnya waktu untuk mendapatkan pemain asing baru. Mengingat putaran kedua Liga 1 dijadwalkan bergulir pada 14 Januari 2023.

Sebelumnya klub kesayangan Slemania dan BCS itu dikaitkan dengan dua striker asing asal Brasil, yakni Deyvison Fernandes dan Rafael Conrado. Satu nama lainnya yakni Jeremy Menez dari Reggina 1914, klub Serie B Italia.

Adapun aktivitas Super Elang Jawa di jendela transfer tak lepas dari hasil pada putaran pertama yang sangat mengecewakan. Sehingga mendatangkan amunisi anyar tentu bisa menjadi solusi tepat bagi PSS Sleman bersaing di putaran kedua BRI Liga 1.

5 dari 5 halaman

Tengok Peringkat PSS di Musim Ini

Berita Terkait