Nadeo Argawinata Ceritakan Cederanya Jelang Timnas Indonesia Vs Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022: Sangat Memar dan Napas Sakit

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 04 Jan 2023, 11:15 WIB
Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata saat laga Grup A Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata menceritakan kondisi cederanya menjelang melawan Vietnam di babak semifinal Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam dalam leg pertama empat besar Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat pada Jumat (6/1/2023).

Advertisement

Nadeo menderita cedera ketika membela Timnas Indonesia kontra Filipina dalam matchday terakhir Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila pada 2 Januari 2023.

Kiprah Nadeo Argawinata bersama Timnas Indonesia cukup apik. Ia bermain empat kali selama babak penyisihan grup Piala AFF 2022 dan kebobolan dua gol.

2 dari 5 halaman

Memar di Pinggul

Aksi Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata saat menghadapi Thailand dalam laga matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022) sore WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)

Pinggang penjaga gawang asal Bali United itu mengalami cedera berupa memar akibat berbenturan dengan pemain Filipina sehingga mesti diganti oleh Syahrul Trisna pada menit ke-24.

"Yang pasti, seluruh badan sudah oke. Tidak ada masalah. Cuma memang sangat memar di bagian tulang pinggul bagian kanan," ujar Nadeo dalam akun Instagram PSSI, @pssi, Selasa (3/1/2023).

"Setiba di Jakarta, dokter Timnas Indonesia bilang mau diobservasi lagi dan dievaluasi. Sekarang yang dirasalan paling buat napas masih agak sakit."

"Sebab, harus menahan di bagian abdomimnalnya, di bagian perut, tepatnya di otot perut," jelas kiper berusia 25 tahun tersebut.

3 dari 5 halaman

Insiden Benturan

Aksi kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata saat menghadapi Thailand dalam laga matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022) sore WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)

Nadeo tidak tahu secara detail kejadian kontak fisik dengan pemain Filipina yang membuatnya cedera hingga memar di pinggang dan kesusahan bernapas.

"Dilihat dari video memang benturan dan saya merasakan di lapangan memang benturan," ungkap kiper nomor satu Timnas Indonesia itu.

"Entah terkena sikut atau lutut pemain lawan. Yang pasti, saya masih belum tahu. Bisa dipastikan benturan."

4 dari 5 halaman

Terancam Absen

Tiga pemain Timnas Indonesia (dari kiri) Rachmat Irianto, Nadeo Argawinata dan Fachruddin Aryanto sebelum dimulainya laga matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 menghadapi Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022) sore WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)

Andai tidak bisa sembuh dalam waktu dekat, Nadeo terancam absen membela Timnas Indonesia melawan Vietnam dalam leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di SUGBK pada Jumat (6/1/2023).

"Belum dikabarkan juga terkait seberapa parah cedera dan sementara ini masih memar. Jadi dicek pun masih belum bisa. Kata dokter seperti itu," ucapnya.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022

Pelatih Shin Tae-yong menurunkan starter yang agak berbeda dibanding saat menghadapi Kamboja pada matchday pertama. Sebagian besar pemain yang menjadi starter di laga pertama justru dicadangkan. Hanya Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam dan Egy Maulana Vikri yang tetap menjadi starter saat menghadapi Brunei Darussalam. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Semifinal Piala AFF 2022

Jumat, 6 Januari 2022

  • Timnas Indonesia Vs Vietnam
  • Kick-off: 16.30 WIB
  • Venue: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Senin, 9 Januari 2022

  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Kick-off: 19.30 WIB
  • Venue: My Dinh National Stadium

Berita Terkait