BRI Liga 1: PSIS Resmi Dapatkan Bek Kelahiran Jepang dengan Status Pinjaman

oleh Radifa Arsa diperbarui 04 Jan 2023, 11:28 WIB
Pemain anyar PSIS Semarang, Meru Kimura dalam sebuah sesi latihan di Stadion Citarum. (Dok. PSIS Semarang)

Bola.com, Semarang - Operasi perburuan pemain yang dilakukan PSIS Semarang pada bursa transfer paruh musim BRI Liga 1 2022/2023 kembali menghasilkan satu pemain. Kali ini, Mahesa Jenar merekrut bek kelahiran Jepang.

Ya, pemain yang dimaksud ialah Meru Kimura, bek kelahiran Tokyo, Jepang, yang diangkut PSIS Semarang dengan status pinjaman dari Rans Nusantara FC.

Advertisement

Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, menyebut bahwa pihaknya membutuhkan tenaga Meru Kimura untuk menambah stok pemain di lini pertahanan.

“Meru kami pinjam dari Rans Nusantara FC untuk menambah kedalaman skuad di lini belakang,” kata Yoyok Sukawi di Semarang, Rabu (4/1/2023).

2 dari 5 halaman

Sering Diterpa Badai Cedera

Meru Kimura (dua dari kanan) saat berlatih dengan Bali United Youth di Lapangan Karya Manunggal Sidakarya beberapa waktu lalu. Rans Cilegon FC mendapatkan jasanya dengan durasi kontrak 3 tahun. (Bola.com/Maheswara Putra)

Meru Kimura diharapkan mampu memberikan ketebalan di lini pertahanan Mahesa Jenar. Sebab, pada akhir putaran pertama lalu, ini menjadi kendala yang dialami PSIS.

Anak asuh Ian Andrew Gillan ini sempat kehilangan Alfeandra Dewangga hingga Wahyu Prasetyo. Padahal, mereka adalah dua bek lokal andalan Mahesa Jenar.

“Seperti saat ini, di lini belakang kami sudah memiliki pemain lokal seperti Wahyu Prasetyo dan Alfeandra Dewangga. Namun, saat mereka cedera seperti akhir putaran pertama kemarin, kami harus punya back up-nya,” ujar Yoyok.

“Ditambah juga Syiha masih menjalani pendidikan TNI AL. Selamat bergabung, Meru. Semoga cepat beradaptasi dengan skuad PSIS Semarang,” lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Masih Minim Pengalaman

Meru Kimura memang masih terhitung minim pengalaman di kompetisi kasta tertinggi. Sebab, ia sama sekali belum mendapat kesempatan bermain bersama Rans Nusantara FC.

Sepanjang musim ini, bek berusia 21 tahun itu hanya menjadi penghangat bangku cadangan tim berjulukan The Prestige Phoenix itu.

Sebelum direkrut Rans, bek tengah jebolan akademi Bali United ini memang sempat bermain bersama PSKC Cimahi di kompetisi Liga 1 2021.

Namun, sepanjang musim, ia hanya mampu mencatatkan dua penampilan. Salah satu aksinya dicatatkan ketika PSKC berjumpa Rans pada 26 Oktober 2021.

4 dari 5 halaman

Rekrutan Ketiga PSIS

Dengan demikian, Meru Kimura saat ini berstatus sebagai rekrutan ketiga yang sukses diamankan PSIS Semarang di bursa transfer paruh musim Liga 1 2022/2023.

Sebelum Meru Kimura, Mahesa Jenar sudah terlebih dahulu mendatangkan dua pemain muda lainnnya, yakni Adi Satryo (Persik Kediri) dan Muhammad Luthfi Kamal (Barito Putera).

Dua pemain yang disebut terakhir memang cukup mentereng karena punya label tim nasional. Adi Satryo, misalnya, pernah jadi andalan Shin Tae-yong di skuad Timnas Indonesia U-19.

Sementara itu, Luthfi Kamal jauh lebih dahulu moncer di Timnas Indonesia U-19 dan U-23 saat masih diasuh oleh Indra Sjafri.

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi PSIS di Musim Ini

Berita Terkait