Foto: Aksi Gemilang Thibaut Courtois Bawa Real Madrid Talukkkan Valencia pada Semifinal Piala Super Spanyol 2022 / 2023

oleh Hendriyan diperbarui 12 Jan 2023, 10:17 WIB
Dibumbui hubungan tak harmonis antara kedua pelatih, Carlo Ancelotti dan Gennaro Gattuso, Real Madrid berhasil mengalahkan Valencia lewat adu penalti 4-3 (1-1) dalam babak semifinal Piala Super Spanyol yang berlangsung di King Fahd Stadium, Riyadh, Arab Saudi, Kamis (12/1/2023) dini hari WIB. Kiper Real Madrid Thibaut Courtois menjadi pahlawan kemenangan Los Blancos setelah berhasil menepis dua ekseksui penalti Valencia. (AFP/Giuseppe Cacace)
Carlo Ancelotti dan Gennaro Gattuso yang pernah bahu membahu membangun kejayaan AC Milan sebagai pelatih dan pemain, akhirnya bertemu kembali sebagai seteru di posisi pelatih setelah terkuaknya hubungan tak harmonis saat posisi Don Carlo digantikan oleh Gattuso sebagai pelatih Napoli pada 2019. (AFP/Giuseppe Cacace)
Real Madrid langsung mengambil inisiatif menyerang sejak awal laga. Beberapa peluang didapat, di antaranya melalui Federico Valverde pada menit ke-15. Sayang, usahanya masih belum tepat mengarah ke gawang Valencia. (AFP/Giuseppe Cacace)
Pada menit ke-36 Karim Bnezema dijatuhkan bek Valencia, Eray Comert di dalam kotak penalti. Wasit pun tanpa ragu memberikan hadiah penalti kepada Real Madrid sekaligus mengganjar Eray Comert dengan kartu kuning. (AFP/Giuseppe Cacace)
Eksekusi penalti yang diambil langsung oleh Karim Benzema berjalan mulus. Real Madrid pun berhasil unggul 1-0 dan bertahan hingga babak pertama usai. (AFP/Giuseppe Cacace)
Pada awal babak kedua, Valencia langsung menggempur pertahanan Real Madrid. Hasilnya, Valencia mampu menyamakan skor 1-1 saat babak kedua baru berjalan satu menit. Gol dicetak oleh Samuel Lino. (AFP/Giuseppe Cacace)
Selepas skor imbang 1-1, laga berjalan menarik dengan saling melancarkan serangan. Beberapa peluang sempat diraih kedua tim. Salah satunya adalah melalui Vinicius Junior yang masih gagal menaklukkan kiper Valencia Giorgi Mamardashvili. (AFP/Giuseppe Cacace)
Di akhir waktu normal Real Madrid kembali memperoleh peluang melalui Karim Benzema pada menit ke-87. Namun sundulannya masih melambung dari gawang Valencia. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga waktu normal usai. Laga pun dilanjutkan dengan perpanjangna waktu 2x15 menit. (AFP/Giuseppe Cacace)
Tak ada gol yang tercipta dalam babak perpanjangan waktu 2x15 menit, meskipun kedua tim masing-masing memperoleh peluang mencetak gol. Salah satunya adalah peluang Valencia lewat Hugo Duro yang masih melambung dari mistar gawang Real Madrid. Babak perpanjangan waktu pun tuntas dan dilanjutkan dengan adu penalti. (AFP/Giuseppe Cacace)
Real Madrid akhirnya menjadi pemenang dalam babak adu penalti dengan skor 4-3. (AFP/Giuseppe Cacace)
Seluruh empat penendang Real Madrid berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Kiper Real Madrid Thibaut Courtois menjadi pahlawan Los Blancos dengan berhasil menggagalkan dua dari lima penendang Valencia. Dengan hasil ini Real Madrid memastikan lolos ke babak final Piala Super Spanyol 2022/2023. (AP Photo/Hussein Malla)

Berita Terkait