Foto: Sentuhan-Sentuhan Mujarab Erik ten Hag yang Bikin MU Kembali Bangkit di Liga Inggris, Termasuk Depak Ronaldo?

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 19 Jan 2023, 17:11 WIB
Kedatangan Erik ten Hag sebagai pelatih di Manchester United berhasil membawa Setan Merah bangkit dari keterpurukan pada beberapa musim terakhir. Langkah-langkah pelatih berkebangsaan Belanda tersebut dinilai tepat dan mujarab. Pasalnya, Ten Hag berhasil mendongrak performa MU yang saat artikel ini dibuat (19/01/2023) berhasil menempati urutan ketiga dengan raihan poin yang sama dengan Manchester City yang berada di atasnya, yaitu 39 poin. Berikut ini daftar sentuhan mujarab Erik ten Hag yang bikin MU kembali bangkit di Liga Inggris. (AFP/Oli Scarff)
Erik ten Hag berhasil menanamkan kedisipilanan di skuad Manchester United. Ia tak segan-segan akan memberikan hukuman kepada pemain yang melanggar aturannya. Contohnya saat Alejandro Garnacho yang tak diberikan kesempatan main di laga pramusim karena terlambat menghadiri beberapa pertemuan tim. Ronaldo juga pernah merasakannya ketika kabur sebelum laga usai saat MU melawan Tottenham. Akibatnya, CR7 dicoret dari skuad saat melawan Chelsea pada minggu berikutnya. (AFP/Geoff Caddick)
Erik ten Hag belakangan ini mengakui bahwa rekrutan Manchester United pada musim-musim sebelumnya tak sesuai dengan sasaran. Ia pun akhirnya mengambil keputusan untuk membawa Lisandro Martinez dan Antony dari Ajax Amsterdam. Ten Hag juga mengontrak Casemiro dari Real Madrid untuk memperbaiki lini tengah Setan Merah. Christian Eriksen yang didatangkan dari Brentford pun juga menjadi langkah tepat yang dilakukan pelatih asal Belanda itu. Eriksen sukses menambah kreativitas di lini tengah dan ketenangannya dalam menguasai bola telah membantu Ten Hag menerapkan gaya sepak bola pilihannya. (AFP/Oli Scarff)
Erik ten Hag memiliki PR besar di lini belakang Manchester United saat kedatangannya. Setan Merah tercatat mengalami kebobolan sebanyak 57 gol pada musim lalu. Menurunkan kapten klub Harry Maguire ke dan Victor Lindelof ke bangku cadangan adalah langkah yang berani. Ten Hag mempercayakan benteng pertahanan kepada duet Lisandro Martinez dan Raphael Varane. Casemiro pun juga bertindak cemerlang sebagai perisai di depan pertahanan. Musim ini, Manchester United berhasil membuat delapan clean sheet dalam 18 pertandingan di Liga Inggris. (AFP/Trevor Collens)
Erik ten Hag berhasil memoles Marcus Rashford sebagai pemain yang cemerlang pada musim ini. Performa pemuda 25 tahun tersebut meningkat drastis dengan membuat 8 gol dan 3 assist dalam 19 pertandingan di Liga Inggris. Rashford dinilai telah menjadi pemain terbaik Manchester United musim ini dan memiliki peran besar atas kebangkitan Setan Merah. (AFP/Oli Scarff)
Keputusan Erik ten Hag untuk melepas Ronaldo dinilai berani dan tepat. Sejak kepergiannya, Manchester United telah memenangkan semua pertandingan mereka. Penampilannya jauh dari standar yang disyaratkan pada awal musim ini. Ronaldo juga sering membuat keputusan yang tidak profesional seperti menolak main dan kabur dari pertandingan yang belum usai. Puncaknya adalah wawancara kontroversialnya dengan penyiar Inggris Piers Morgan yang membuat kontraknya diakhiri bersama. (AFP/Oli Scarff)

Berita Terkait