Thomas Doll Serang Shin Tae-yong Lagi: Dia Seperti Badut karena Jadi Bintang Iklan, Bukan Kayak Pelatih Timnas Indonesia

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 12 Feb 2023, 00:31 WIB
Ilustrasi - Shin Tae-yong Vs Thomas Doll (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Bekasi - Konflik antara pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, dengan arsitek Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, makin memanas dan memanjang.

Thomas Doll menganggap Shin Tae-yong seperti badut ketimbang sebagai pelatih Timnas Indonesia, karena menjadi bintang iklan di televisi.

Advertisement

Pelatih asal Jerman itu kecewa lantaran Shin Tae-yong tidak hadir dalam pertemuan virtual antara Persija dengan Timnas Indonesia U-20, yang dijembatani Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, pada 7 Februari 2023.

Ketika itu, Shin Tae-yong disebutkan mengutus asistennya, Nova Arianto untuk berdiskusi dengan Thomas Doll dan Wakil Presiden Persija, Ganesha Putera.

2 dari 5 halaman

Ungkapan Thomas Doll

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, memimpin sesi latihan setelah masa jeda kompetisi di Nirwana Park, Sawangan, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Padahal, acara itu digelar untuk mencari solusi dan jalan keluar terkait polemik pemanggilan pemain Persija ke Timnas Indonesia U-20 untuk pemusatan latihan jangka panjang.

"Jujur, saya pikir dia tidak bisa serius. Ketika saya melihat publisitasnya di televisi, ini terlihat seperti badut," ujar Thomas Doll dalam konferensi pers sebelum pertandingan Persija kontra Arema FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (11/2/2023).

"Dia bukan seperti pelatih sepak bola. Saya tidak tahu iklan itu, apakah spageti atau makanan lain. Publisitas dan televisi. Sulit dipercaya," jelas eks juru taktik Borussia Dortmund itu.

3 dari 5 halaman

Shin Tae-yong Jadi Bintang Iklan

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat konferensi pers menjelang laga FIFA Match Day antara Timnas Indonesia melawan Timnas Curacao yang berlangsung di Hotel Harris Citylink, Bandung, Jumat (23/06/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Shin Tae-yong memang menjadi bintang iklan kopi kemasan, ramyun, hingga perusahaan otomotif sejak menjadi manajer pelatih Timnas Indonesia selama tiga tahun belakangan.

"Ini tidak bisa terjadi. Dia pelatih Timnas Indonesia dan dia melakukan seperti itu. Saya tidak pernah melihat seorang pelatih melakukan seperti ini sebelumnya," kata Thomas Doll.

"Ini tidak baik untuk pelatih sepak bola. Sebab bagi saya, ini tidak menunjukkan keseriusan. Buat saya, itu lebih seperti badut ketimbang pelatih sepak bola," ucap Thomas Doll.

4 dari 5 halaman

Satu di Antara Iklan yang Dibintangi Shin Tae-yong

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by 신태용 (@shintaeyong7777)

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Persija di BRI Liga 1

Berita Terkait