5 Fakta Menarik Duel AC Milan Vs Tottenham Hotspur: Tim Tamu Punya Keunggulan meski Lagi Pincang

oleh Aryo Atmaja diperbarui 14 Feb 2023, 12:30 WIB
Liga Champions - AC Milan Vs Tottenham Hotspur (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - AC Milan akan menjamu Tottenham di San Siro pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. Pertandingan UCL antara AC Milan vs Tottenham ini akan live Rabu, 15 Februari 2023, jam 03:00 WIB.

AC Milan cukup percaya diri menatap laga ini. Pasalnya, tim asuhan Stefano Pioli itu baru saja meraih kemenangan 1-0 atas sang tamu Torino berkat gol tunggal Olivier Giroud di Serie A akhir pekan kemarin.

Advertisement

Kemenangan atas Torino mungkin terlihat sepele, tetapi itu adalah kemenangan yang sangat dibutuhkan oleh Milan. Sebab, sebelum menaklukkan Torino, mereka selalu gagal menang dalam tujuh laga beruntun di semua ajang. Kemenangan atas Torino pun bisa dijadikan modal untuk menghadapi Tottenham.

Kontras dengan Milan, Tottenham justru kalah di laga terakhirnya. Melawan tuan rumah Leicester di Premier League akhir pekan kemarin, Harry Kane dan kawan-kawan tumbang 1-4. Sebelum itu, mereka sempat meraih tiga kemenangan beruntun di semua ajang.

Sebelum melihat duel sengit antara AC Milan versus Tottenham Hotspur dini hari nanti. Yuk simak ulasan menarik dari Bola.com tentang beberapa fakta menarik pertemuan kedua tim berikut ini:

2 dari 6 halaman

Rekor Pertemuan

Gelandang AC Milan Franck Kessie berusaha menghalau laju pemain Tottenham Hotspur Georges-Kevin Nkoudou saat bertanding pada International Champions Cup di Minneapolis (31/7). Tottenham menang 1-0 atas Milan berkat gol Nkoudou. (AP Photo/Jeff Wheeler)

AC Milan boleh bangga sebagai tim Italia tersukses di Eropa. Namun mereka ternyata belum pernah mengalahkan Tottenham Hotspur.

Head to head di Liga Champions, kedua tim sudah dua kali bertemu. Hasilnya, Tottenham sukses menang sekali dan imbang sekali. Begitu juga di ajang Piala UEFA, hasil yang sama diraih Spurs atas Milan.

3 dari 6 halaman

Pencapaian di 16 Besar Liga Champions

Insiden cekek leher gelandang AC Milan Gennaro Gattuso (kanan) terhadap asisten manajer Tottenham Hotspur, Joe Jordan (kiri) di sela-sela leg pertama babak 16 besar Liga Champions di San Siro, 15 Februari 2011. Spurs unggul 1-0. AFP PHOTO / OLIVIER MORIN

AC Milan lolos ke babak 16 Besar Liga Champions musim 2022/2023. Ini adalah kali pertama Rossoneri lolos ke babak 16 Besar setelah edisi musim 2013/2014 yang lalu.

Sementara Tottenham terakhir kali menembus babak 16 besar Liga Champions pada musim 2019/2020. Namun sayangnya langkah mereka dihentikan RB Leipzig dengan kekalahan agregat 0-4.

4 dari 6 halaman

AC Milan On Fire

Bek AC Milan, Fikayo Tomori berselebrasi dengan rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Juventus dalam lanjutan Serie A 2022/2023, Minggu (9/10/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Antonio Calanni)

AC Milan lebih termotivasi untuk menghadapi pertandingan ini. Sebab mereka dalam kepercayaan diri tinggi usai hasil positif di Serie A.

Rossoneri baru saja membekuk Torino pada pekan ke-22 Jumat kemarin di kandang sendiri. Hasil itu sekaligus memutus rantai tak pernah menang dalam lima pertandingan sebelumnya.

5 dari 6 halaman

Spurs Terluka Parah

Emerson Royal (kiri) merayakan gol yang dicetaknya untuk Tottenham Hotspur dalam laga kontra Man City di Etihad Stadium, Jumat (20/1/2023) dini hari WIB. Sayangnya, Tottenham harus kalah 2-4 pada akhir laga. (AP Photo/Dave Thompson)

Kondisi bertolak belakang justru dirasakan Tottenham Hotspur, mereka baru saja babak belur dibantai Leicester City 1-4 pada lanjutan Liga Inggris.

Harry Kane dkk. tak berdaya di markas The Foxes. Hasil ini membuat mereka masih tercecer di posisi lima klasemen sementara Premier League.

6 dari 6 halaman

Reuni Antonio Conte dengan San Siro

Pasukan Antonio Conte bermain menyerang sejak menit awal dengan mengandalkan trio Son Heung-min, Harry Kane, dan Dejan Kulusevski. (AP/Ian Walton)

Duel AC Milan versus Tottenham nanti akan menjadi ajang reuni bagi Antonio Conte dengan stadion ikonik di Kota Milan tersebut. Ya, San Siro atau Guiseppe Meazza tak bisa dipisahkan darinya.

Conte tercatat pernah membesut Inter Milan pada musim 2019-2021. Ia membawa Nerazzurri berjaya dan mengakhiri dominasi Juventus dalam menguasai Serie A.

 

Sumber: Berbagai sumber

Berita Terkait