5 Faktor Pendukung Bayern Munchen Bakal Pecundangi PSG pada Leg Pertama 16 Besar Liga Champions

oleh Rizki Hidayat diperbarui 14 Feb 2023, 18:45 WIB
Gelandang PSG asal Argentina, Leandro Paredes terlibat keributan dengan pemain Bayern Munchen, Serge Gnabry usai pelanggaran yang menimpa Neymar pada final Liga Champions Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, pada Senin (24/8/2020). (Manu Fernandez / AFP)

Bola.com, Jakarta - Bayern Munchen akan melawat ke markas Paris Saint-Germain di Parc des Princes pada laga leg pertama 16 besar Liga Champions, Rabu (14/2/2023) dini hari WIB. Duel kedua tim bakal disiarkan di SCTV dan live streaming di Vidio.

Melakoni duel ini, Bayern sejatinya kehilangan beberapa pemain inti akibat cedera. Sadio Mane, Manuel Neuer, dan Lucas Hernandez adalah nama-nama yang bakal absen dalam lawatan ke markas PSG tersebut.

Advertisement

Namun, Bayern Munchen tetap kuat. Dalam 19 laga terakhirnya, The Bavarians tak sekali pun tersentuh kekalahan. Bahkan, mereka meremukkan Mainz 4-0, membungkam Wolfsburg 4-2, dan menghajar Bochum tiga gol tanpa balas dalam tiga partai terakhir.

Bayern Munchen tetap menjadi kekuatan yang berbahaya. Paris Saint-Germain benar-benar harus waspada meski main kandang. Sejumlah faktor mendukung Die Bayern untuk menjungkalkan Les Parisiens.

 

2 dari 7 halaman

Performa PSG Meragukan

Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Neymar berebut bola dengan penyerang AS Monaco Camara dalam laga Ligue 1 2022/2023 pekan ke-23 di Stade Louis II, Sabtu (11/2/2023) malam WIB. Tanpa Mbappe dan Messi, PSG bertekuk lutut di hadapan tuan rumah Monaco. (AP Photo/Daniel Cole)

Performa PSG agak mengkhawatirkan jelang duel lawan Bayern Munchen. Marquinhos dkk. kalah pada dua laga terakhir di pentas domestik. Ini bukan hasil yang bagus untuk klub seperti Paris Saint-Germain.

Selain itu, ada celah di lini pertahanan PSG. Pada lima laga terakhir, Les Parisiens tak pernah nirbobol. PSG kebobolan delapan kali hanya dari lima laga. Catatan ini sempat membuat pelatih Paris Saint-Germain, Christophe Galtier, ketar-ketir.

"Kami punya tim yang sangat lemah dan kami khawatir. Dalam periode ini, Anda harus tetap berpikiran jernih. Saya mengerti kemarahan para penggemar," ucap Galtier.

 

3 dari 7 halaman

Ruang Ganti PSG Memanas

Striker PSG, Neymar (tengah) dan rekannya Vitinha (kanan) berjalan meninggalkan lapangan setelah kalah 1-3 dari AS Monaco dalam laga Liga Prancis 2022/2023 di Louis II Stadium, Monaco (11/2/2023). Neymar sempat menegur dua rekannya, Hugo Ekitike dan Vitinha usai laga di ruang ganti yang dinilai tampil tak sesuai harapan. (AFP/Valery Hache)

PSG dan Bayern Munchen sejatinya punya masalah yang sama. Paris Saint-Germain dan Bayern punya masalah internal. PSG dengan ulah yang dibuat Neymar, sedangkan Bayern dengan kasus yang dibuat Manuel Neuer.

Neymar kecewa berat dengan Vitinha dan Hugo Ekitike. Lalu, pemain asal Brasil itu tidak senang dengan pendekatan Luis Campos padanya. Kabar tersebut dilaporkan berdampak pada masa depan Neymar.

Bayern juga punya masalah dengan Neuer setelah mendepak pelatih kiper Toni Tapalovic. Namun, masalah sepertinya tak banyak berdampak pada performa Bayern Munchen karena Neuer kini mengalami cedera.

 

4 dari 7 halaman

Pemain Kunci yang Cedera

Kylian Mbappe dan Lionel Messi membawa PSG menang 3-2 atas RB Leipzig pada laga ketiga Grup A Liga Champions di Parc des Princes, Rabu (20/10/2021) dini hari WIB. (AFP/Anne-Christine POUJOULAT)

Lionel Messi dan Kylian Mbappe sudah kembali berlatih bersama PSG. Namun, apakah mereka cukup bugar untuk bermain?

Messi mungkin akan bermain sejak menit awal, karena cedera yang dialami tergolong minor. Di sisi lain, Mbappe diyakini belum 100 persen dan tak akan bermain penuh. Dia mungkin akan memulai laga dari bangku cadangan.

Selain itu, PSG juga tanpa beberapa pemain kunci. Renato Sanches dan Nordi Mukiele sudah pasti absen karena cedera. Sementara itu, kondisi Fabian Ruiz dan Marco Verratti masih diragukan.

 

5 dari 7 halaman

Performa dan Mentalitas Bayern Munchen

Bek Bayern Munchen, Benjamin Pavard (kedua kiri) berselebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Inter Milan pada pertandingan lanjutan Grup C Liga Champions di stadion Allianz Arena di Munich, Jerman, Rabu (2/11/2022). Munchen menang atas Inter Milan dengan skor 2-0. (Sven Hoppe/dpa via AP)

Berbanding terbalik dengan PSG, Bayern justru sedang dalam performa yang bagus. Tim racikan Julian Nagelsmann tersebut selalu menang pada tiga laga terakhir. Bukan hanya menang, The Bavarians juga mampu bikin 11 gol.

Lawan-lawan yang dihadapi Bayern dalam tiga laga terakhir memang belum selevel PSG. Lawan Les Parisiens tak punya pemain yang bisa mengubah permainan seperti Messi atau Mbappe.

Selain itu, secara mental, Bayern juga sangat kuat ketika bermain di Liga Champions. Bayern Munchen selalu menjadi unggulan dan jarang tampil mengecewakan. Thomas Muller, Joshua Kimmich, atau Serge Gnabry bisa bermain sangat solid sebagai sebuah tim.

 

6 dari 7 halaman

Bayern Munchen Unggul Rekor Pertemuan

Penyerang PSG, Neymar berebut bola dengan bek Bayern Munchen, Lucas Hernandez pada pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions di Parc des Princes stadium, Paris, Selasa (14/4/2021). PSG sukses melaju ke semifinal berkat kemenangan 3-2 di kandang Munchen. (AFP/Franck Fife)

Bayern punya rekor pertemuan lebih baik dibanding PSG. Pada lima pertemuan terakhir di Liga Champions, Bayern lebih sering menang. Die Roten empat kali menang atas PSG dan hanya sekali kalah.

Momen terbaik Bayern ketika bersua PSG terjadi di final Liga Champions musim 2020 lalu. Kala itu, Bayern menang dengan skor 1-0. Pencetak gol mereka adalah Kingsley Coman, mantan pemain PSG.

Selain Coman, Bayern juga punya Erix Choupo-Moting yang pernah membela PSG. Penyerang 33 tahun selalu mencetak gol pada dua laga terakhirnya bersama PSG.

 

7 dari 7 halaman

Link Live Streaming:

Liga Champions - PSG Vs Bayern Munchen (Bola.com/Adreanus Titus)

Leg Pertama 16 Besar Liga Champions:

Rabu, 15 Februari 2023

PSG Vs Bayern Munchen

Stadion: Parc des Princes

Kick-off: pukul 03.00 WIB

Siaran langsung: SCTV

Live Streaming: Vidio (klik di sini)

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin/Published: 14/02/2023)

Berita Terkait