Pencetak Gol Terbanyak MU ke Gawang Barcelona: Ternyata Ada Idola Xavi Hernandez

oleh Hendry Wibowo diperbarui 16 Feb 2023, 19:00 WIB
Pelatih Barcelona Xavi Hernandez memberi isyarat selama pertandingan Liga Spanyol melawan Rayo Vallecano di Stadion Camp Nou, Senin (25/4/2022) dini hari WIB. Barcelona kalah 0-1. (AP Photo/Joan Monfort)

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) akan menghadapi Barcelona pada Babak Gugur Liga Europa 2022/2023. Leg pertama pertemuan kedua klub raksasa ini akan dihelat di Camp Nou, Jumat (17/02/2023) dini hari.

Pertemuan ini akan menjadi perjumpaan ke-14 kedua klub tersebut di semua ajang. Perjumpaan pertama MU dan Barcelona terjadi pada Piala Winners 1983/1984. Waktu itu MU kalah dua gol tanpa balas.

Advertisement

Dalam 13 pertemuan MU dan Barcelona sejauh ini, ada 39 gol tercipta. Dari 39 gol tersebut, 15 di antaranya dicetak oleh para penggawa MU.

Ada sepuluh penggawa MU yang sukses mencetak gol ke gawang Barcelona. Di antara para pemain tersebut, ada pemain yang mencetak gol lebih banyak ketimbang rekan-rekannya.

Salah satu pencetak gol terbanyak United ke gawang Barcelona adalah Paul Scholes. Scholes sendiri merupakan sosok idola Xavi Hernandez, pelatih Barcelona saat ini.

Siapa saja selengkapnya pencetak gol terbanyak MU ke gawang Barcelona? Berikut lima orang di antara mereka.

2 dari 6 halaman

Andy Cole - 1

Andy Cole. (AFP/PA/Owen Humphreys)

Posisi lima dalam daftar lima pencetak gol terbanyak MU ke gawang Barcelona ditempati Andy Cole. Penyerang asal Inggris tersebut tercatat sempat mencetak satu gol ke gawang Los Blaugrana.

Sepanjang memperkuat United, Cole sempat sekali tampil menghadapi Barcelona. Hasilnya, ia membawa United bermain imbang 3-3 pada laga Grup D Liga Champions 1998/1999.

Dalam laga tersebut, Cole mencetak gol kedua dari tiga gol United. Menerima umpan Dwight Yorke, ia sukses menceploskan bola ke gawang Barcelona, yang waktu itu dikawal Ruud Hesp.

3 dari 6 halaman

Paul Scholes - 2

EPA/ Ritchie B. Tongo

Paul Scholes menempati peringkat keempat dalam daftar lima pencetak gol terbanyak Manchester United ke gawang Barcelona. Sepanjang berseragam Setan Merah, gelandang asal Inggris ini mencetak dua gol ke gawang Barcelona.

Sepanjang kariernya bersama United, Scholes sempat delapan kali menghadapi Barcelona. Hasilnya, ia membawa Setan Merah mencatatkan sekali kemenangan, empat kali imbang, dan tiga kali kalah.

Scholes terakhir tampil kontra Barcelona pada Final Liga Champions 2010/2011. Waktu itu, Setan Merah harus menelan kekalahan 1-3 dari Los Blaugrana, yang dibesut Pep Guardiola.

4 dari 6 halaman

Bryan Robson - 2

Bryan Robson (1982-1994), mungkin banyak pemain MU lain yang meraih gelar lebih banyak dari yang dihasilkan gelandang asal Inggris ini. Namun dirinya merupakan simbol inspirasi kebangkitan Setan Merah. (www.whoateallthepies.tv)

Di urutan ketiga dalam daftar lima pencetak gol terbanyak Manchester United ke gawang Barcelona ada nama Bryan Robson. Ketika berstatus pemain Manchester United, gelandang asal Inggris ini sempat dua kali membobol gawang Los Blaugrana.

Bersama Setan Merah, Robson sempat tiga kali tampil kontra Barcelona. Hasilnya ciamik. Ia membantu United mencatatkan dua kemenangan dan satu kekalahan.

Kali terakhir ia menghadapi Barcelona bersama Setan Merah adalah pada Final Piala Winners 1990/1991. Waktu itu, ia sukses membantu United meraih kemenangan 2-1. Dalam laga tersebut, Robson mencetak satu assist.

5 dari 6 halaman

Dwight Yorke - 2

Dwight Yorke. (AFP/Robin Parker)

Posisi dua dalam daftar lima pencetak gol terbanyak Manchester United ke gawang Barcelona diisi oleh Dwight Yorke. Saat memperkuat Manchester United, penyerang asal Trinidad dan Tobago ini pernah mencetak dua gol ke gawang Barcelona.

Bersama Setan Merah, Yorke sempat tampil dalam dua laga kontra Barcelona. Kedua laga tersebut berakhir dengan hasil sama kuat bagi Manchester United dan Blaugrana.

Yorke tak hanya mencetak dua gol dalam pertemuannya dengan Barcelona. Ia juga mencetak dua assist dalam kesempatan tersebut.

6 dari 6 halaman

Mark Hughes - 3

2. Mark Hughes - Pemain asli binaan Manchester United ini dua periode membela Setan Merah. Pertama periode 1983 hingga 1986 kemudian pindah ke Barcelona dan akhirnya kembali membela MU pada tahun 1989 hingga 1995. (Pinterest)

Mark Hughes memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Manchester United ke gawang Barcelona. Semasa membela panji-panji Setan Merah, penyerang asal Wales ini tercatat mencetak tiga gol ke gawang Barcelona.

Hughes, ketika memperkuat Manchester United, sempat tampil lima kali menghadapi Barcelona. Dalam lima laga tersebut, ia membantu Setan Merah mencatatkan dua kemenangan, satu kali imbang, dan dua kekalahan.

Hubungan Hughes dengan Barca sendiri tergolong unik. Ia sempat berstatus sebagai pemain klub asal Catalan tersebut.

Disadur dari: Bola.net (Dendy Gandakusumah, Published 16/02/2023)

Berita Terkait