8 Raja Tendangan Bebas Paling Fenomenal: David Beckham Jago, tetapi Bukan Juaranya

oleh Suharno diperbarui 28 Feb 2023, 20:35 WIB
AC Milan menjadi klub terakhirnya di Eropa, Gaucho bermain di Italia selama tiga musim. (AFP/Olivier Morin)

Bola.com, Jakarta - Pemain seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan lain-lain dikenal sebagai ujung tombak mematikan. Gol-gol begitu mudah lahir dari mereka. Namun, apakah gol-gol tersebut banyak yang lahir dari tendangan bebas

Tidak semua penyerang tajam jago melakukan freekick alias tendangan bebas.  Dalam sepak bola, mencetak gol dari tendangan bebas adalah keterampilan penting yang seringkali dapat membuat perbedaan dalam sebuah permainan. Tingkat keberhasilan tendangan bebas bervariasi tergantung pada keterampilan pemain dan situasinya.

Advertisement

Namun, jika dieksekusi dengan benar, mencetak gol dari tendangan bebas bisa menjadi momen yang spektakuler dan mengubah permainan. Spesialis tendangan bebas memiliki kemampuan untuk mengubah jalannya permainan dengan satu tendangan.

Ketepatan dan akurasi mereka sangat penting dalam mencetak gol dari bola mati.  Dalam sejarahnya, ada sejumlah pemain yang jago mengeksekusi bola mati ini secara baik, baik penalti maupun tendangan bebas. 

Berikut delapan pemain dengan jumlah gol terbanyak melalui tendangan bebas dalam sejarah sepak bola dunia. 

 

2 dari 9 halaman

8. Lionel Messi (61 Gol)

Lionel Messi tampil sebagai pahlawan Paris Saint-Germain (PSG) saat mengalahkan Lille 4-3 dalam laga pekan ke-24 Ligue-1 2022/2023, Minggu (19/2/2023) malam WIB. Di samping jadi gol penentu kemenangan, gol yang dilesakkan lewat eksekusi tendangan bebas dari luar kotak penalti tersebut juga mampu menorehkan beberapa rekor individu bagi La Pulga. (AFP/Anne-Christine Poujoulat)

Terakhir kali, Lionel Messi mencetak tendangan bebas luar biasa saat klubnya PSG melawan Lille, Minggu (19/2/2023). Tendangan bebas di menit ke-95 ini membuat La Pulga total mencetak 61 gol dari bola mati.

Jumlah ini mungkin terlihat sedikit bagi seorang Greatest of All Time (GOAT). Sejak awal karier profesionalnya, Messi lebih memprioritaskan dribel, kecepatan hingga kelincahan namun akhirnya mengembangkan kemampuannya menjadi eksekutor bola mati.

 

3 dari 9 halaman

7. Diego Maradona (62 Gol)

Selebrasi striker Argentina, Diego Maradona setelah mencetak gol ke gawang Belgia dalam laga semifinal Piala Dunia 1986 di Meksiko (25/6/1986). Jadi top skor dengan 6 gol, Diego Mardaona sukses mempersembahkan gelar pertama Piala Dunia U-20 bagi Argentina pada edisi 1979 di Jepang, termasuk dua gol ke gawang Indonesia pada laga perdana Grup B. (AFP/Staff)

Messi sering disamakan dengan rekan senegaranya yang juga legenda Argentina, Diego Maradona, karena memiliki gaya permainan yang mirip. Maradona juga menghasilkan keajaiban saat menginspirasi Argentina meraih kejayaan pada Piala Dunia 1986.

Seperti Messi, Maradona juga luar biasa dalam tendangan bebas dan terjadi dalam momen yang penting. Maradona mencetak total 62 gol dari tendangan bebas dalam kariernya.

 

4 dari 9 halaman

6. Zico (62 Gol)

Zico pertama kali membela Tim Samba pada 25 Februari 1976. Sejak saat itu, dia berhasil mengoleksi 48 gol dari 71 penampilan. Zico tampil untuk Brasil di Piala Dunia 1976, 1982, dan 1986. Namun, mantan pemain Udinese ini tak bisa mempersembahkan gelar untuk negaranya. (AFP/Staff)

Arthur Antunes Coimbra atau yang dikenal sebagai Zico, adalah mantan pesepak bola asal Brasil. Dia menghabiskan sebagian besar kariernya bermain untuk klub Brasil, Flamengo, termasuk meraih gelar Copa Libertadores dan Piala Interkontinental.

Zico juga merupakan pemain dengan keahlian tendangan bebas dan mencetak 62 gol. Saat mengeksekusi tendangan bebas, Zico melakukan secara unik dengan menggunakan punggung kaki untuk menghasilkan kecepatan dan bolanya bisa menikung.

 

5 dari 9 halaman

5. David Beckham (65 Gol)

David Beckham sering dianggap sebegai gelandang terbaik pada generasinya. Sepanjang kariernya di Old Trafford, ia berjasa membawa 6 gelar Liga Inggris, 1 trofi Liga Champions, dan 6 piala domestik. Namun, pertikaiannya dengan Sir Alex Ferguson membuatnya hengkang dari Setan Merah. (AFP/Paul Barker)

David Beckham adalah salah satu tokoh olahraga paling ikonik di dunia. Beckham bermain untuk beberapa klub terkenal, termasuk Manchester United, Real Madrid, AC Milan, dan Paris Saint-Germain.

Mantan pemain Timnas Inggris ini juga terkenal dengan kemampuan tendangan bebasnya bahkan dengan jarak cukup jauh. Dia telah mencetak total 65 gol tendangan bebas dalam kariernya.

 

 

6 dari 9 halaman

4. Victor Legrotaglie (66 Gol)

Victor Antonio Legrottaglie mungkin bukan nama yang akrab bagi banyak orang lantaran sang gelandang bermain pada 1953 hingga 1976. Real Madrid dan Inter Milan tertarik mendapatkan jasanya.

Akan tetapi Legrotaglie memutuskan menghabiskan seluruh karier sepak bolanya bersama klub Argentina, Gimnasia y Esgrima. Dia mengungguli Maradona dan Messi sebagai pemain Argentina yang banyak mencetak gol dari tendangan bebas dengan 66 gol.

 

7 dari 9 halaman

3. Ronaldinho (66 Gol)

4. Ronaldinho (Barcelona) - Tim asuhan Sir Alex Ferguson sangat santer dikaitkan dengan kepindahan bintang PSG ini ke Old Trafford. Namun di menit-menit akhir, Barcelona berhasil menggoda sang pemain untuk mendarat ke Spanyol. (AFP/Lluis Gene)

Ronaldinho salah satu penyerang hebat dunia yang pernah memperkuat Paris Saint-Germain, Barcelona, hingga AC Milan. Pemain asal Brasil ini merengkuh sejumlah gelar termasuk Piala Dunia dan Liga Champions.

Tidak hanya kemampuan melewati lawan hingga kontrol bola sempurna, Ronaldinho juga mahir mengeksekusi bola mati. Pemenang Ballon d'Or 2005 itu mencetak total 66 gol tendangan bebas dalam kariernya.

 

8 dari 9 halaman

2. Pele (70 Gol)

Pele dianggap sebagai salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa. Dia menjadi satu-satunya sosok yang bisa memenangkan tiga gelar juara Piala Dunia. Pele punya catatan 97 caps untuk Timnas Brasil. Sebanyak 77 gol berhasil ia lesakkan selama bermain untuk Selecao. (AFP/Gerard Malie)

Pele adalah salah satu pesepak bola terhebat sepanjang masa yang bermain untuk klub Santos serta Timnas Brasil. Dia memenangi tiga Piala Dunia, sejumlah gelar domestik hingga internasional.

Dia telah mencetak lebih dari 1.000 gol dalam kariernya dan juga piawai untuk menciptakannya dari tendangan bebas. Pele yang sangat presisi menemukan celah di sudut gawang lawan ini mencetak 70 gol dari tendangan bebas.

 

9 dari 9 halaman

1. Juninho Pernambucano (77 Gol)

Legenda Timnas Brasil Juninho Paulista, Edilson dan Denilson (ki-ka) merayakan kemenangan di Sao Luis, Brasil. Edilson, salah satu dari 11 orang yang didakwa dengan kasus penipuan, pemalsuan dokumen publik, korupsi dan pencucian uang. (AFP/ANTONIO SCORZA)

Juninho Pernambucano adalah Greatest of All Time (GOAT) untuk urusan tendangan bebas. Dia memiliki teknik dan akurasi tendangan bebas yang tak tertandingi.

Juninho menggunakan berbagai teknik dalam  tendangan bebas dan menemukan kesuksesan dengan setiap teknik tersebut yang membuat penjaga gawang hanya tersihir melihatnya. Total dia mencetak 77 gol dari bola mati.

Sumber: SportsKeeda

 

Berita Terkait