Power Ranking 8 Calon Pemenang Ballon d'Or 2023: Messi dan Haaland Bersaing

oleh Suharno diperbarui 05 Apr 2023, 15:10 WIB
Timnas Argentina unggul lebih dahulu lewat penalti Lionel Messi di awal babak pertama. Lionel Messi kembali mencetak gol keduanya di laga ini. Namun sayang wasit tidak mengesahkan gol itu karena sang penyerang sudah berada dalam posisi offside. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Bola.com, Jakarta - Persaingan perebutan trofi Ballon d'Or 2023 berlangsung sengit. Meski pemenang baru diumumkan pada akhir tahun, beberapa nama sudah mencuat menjadi kandidat pemenang. 

Nama-nama tersebut antara lain Lionel Messi, Erling Haaland, Kylian Mbappe hingga sang juara bertahan Karim Benzema. Benzema bersama Luka Modric yang menjadi pemenang Ballon d'Or 2018 telah memutus dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di ajang penghargaan ini.

Advertisement

Ronaldo dan Messi mendominasi Ballon d'Or sejak 2008 hingga 2021. Hanya Modric dan Benzema yang muncul di antara di antara duopoli Messi dan Ronaldo.

Lalu apakah gelar Ballon d'Or akan kembali ke tangan Messi atau Ronaldo lagi? Apakah gelar Ballon d'Or menjadi milik pemain lain? 

Sebelum menyaksikan pemenangnya pada akhir tahun, simak power ranking kandidat peraih Ballon d'Or 2023. 

 

2 dari 9 halaman

1. Lionel Messi (1/4)

Pemain Argentina, Julian Alvarez (kanan) melakukan selebrasi bersama Lionel Messi setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Kroasia saat laga semifinal Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Selasa (13/12/2022) waktu setempat. (AP Photo/Martin Meissner)

Lionel Messi telah memiliki tujuh trofi Ballon d'Or. Dia juga bisa memperpanjang rekor kemenangan terbanyak menjadi delapan, setelah menginspirasi Argentina meraih gelar Piala Dunia 2022 di Qatar.

La Pulga menjadi kandidat terkuat meskipun Paris Saint-Germain tereliminasi dari Liga Champions tetapi berpeluang besar jadi juara Ligue 1 musim ini. Jika meraih lagi Ballon d'Or, kemungkinan ini adalah gelar terakhirnya sebelum pindah ke Amerika Serikat atau Timur Tengah musim panas nanti.

 

3 dari 9 halaman

2. Erling Haaland (5/1)

Aksi striker Manchester City, Erling Haaland, pada leg kedua 16 besar Liga Champions kontra RB Leipzig di Stadion Etihad, Manchester, Rabu (15/3/2022) dini hari WIB. (Paul Ellis/AFP)

Erling Haaland mencetak gol dengan kecepatan yang belum pernah dilakukan siapa pun di Premier League. Itu saja mungkin membuatnya bisa mengangkat Ballon d'Or tahun depan, tahun berikutnya, atau tahun setelahnya.

Hanya Erling Haaland yang sangat mendekati Lionel Messi untuk meraih Ballon d'Or 2023, tetapi dengan catatan. Peluangnya sanagt tergantung dengan kemampuan Manchester City menyabet sejumlah gelar bergengsi misalnya saja Premier League dan Liga Champions musim ini.

 

4 dari 9 halaman

3. Kylian Mbappe (11/1)

Pemain Timnas Prancis, Kylian Mbappe saat berlatih menjelang Kualifikasi Euro 2024 di Clairefontaine-en-Yvelines pada 21 Maret 2023. Mbappe akan memulai debut sebagai kapten Les Bleus pada 25 Maret 2023 saat melawan Belanda. (AFP/Franck Fife)

Kylian Mbappe belum pernah masuk tiga besar Ballon d'Or selama kariernya. Kansnya menang tahun ini kurang menjanjikan karena PSG tereliminasi dari Liga Champions dan Prancis gagal juara Piala Dunia 2022. Catatan apiknya adalah dia meraih gelar sepatu emas dengan delapan golnya di Piala Dunia 2022.

Meskipun digadang-gadang bakal jadi bintang selanjutnya pengganti Messi dan Ronaldo, Mbappe sangat kesulitan menembus posisi tiga besar. Akan tetapi, bisa saja tahun ini dia masuk posisi tiga besar. 

 

5 dari 9 halaman

4. Karim Benzema (18/1)

Penyerang Real Madrid, Karim Benzema, melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Valladolid pada laga pekan ke-27 La Liga 2022/2023 yang digelar di Santiago Bernabeu, Minggu (2/4/2023 Malam WIB. (AFP/Thomas Coex)

Juara Ballon d'Or 2022 tersebut juga masih kuat masuk sebagai kandidat tahun ini. Benzema menampilkan keajaiban luar biasa di Liga Champions musim lalu untuk meyakinkan semua orang bahwa dia adalah satu di antara pesepak bola paling menghancurkan. 

Musim lalu, ia menjuarai UEFA Nations League bersama Prancis dan menyabet gelar La Liga serta Liga Champions bersama Real Madrid. Meski tetap produktif musim ini, Benzema terlihat kesulitan mengulangi prestasinya seperti tahun sebelumnya.

 

6 dari 9 halaman

5. Marcus Rashford (28/1)

Ekspresi pemain Manchester United, Marcus Rashford setelah gagal menjebol gawang Leeds United dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris 2022/2023 yang berlangsung di Old Trafford, Rabu (8/2/2023). Penyerang Inggris dengan nilai 60 juta euro itu telah bersama MU sepanjang hidupnya tetapi ia bisa pergi sebagai agen bebas jika kontraknya tidak diperpanjang sebelum Juni 2023. (AFP/Oli Scarff)

Terakhir kali pemain Inggris merengkuh Ballon d'Or adalah pada 2001, ketika Michael Owen yang berwajah segar menjadi pemenang saat masih memperkuat Liverpool. Marcus Rashford bisa saja mengikuti jejak Owen.

Rashford telah mengakhiri puasa gelar Manchester United setelah membantu klub meraih trofi Piala Liga Inggris. Pemain internasional Inggris itu masih membantu timnya terus melaju di Piala FA dan Liga Europa, serta berharap menutup musim dengan raihan treble winners.

 

7 dari 9 halaman

6. Vinicius Jr (33/1)

Gelandang Liverpool, Fabinho, menyebut Vinicius Junior adalah pemain Real Madrid yang patut diwaspadai pada leg 2 16 besar Liga Champions 2022/2023. (AFP/CRISTINA QUICLER)

Pencetak gol kemenangan Real Madrid di Liga Champions musim lalu, Vinicius Jr perlahan tapi pasti menjadi penentu di setiap laga krusial saat klub membutuhkannya. Seperti Benzema, tidak akan mengejutkan jika pemain Brasil ini kembali mengangkat trofi Liga Champions musim ini.

Tapi berapa banyak yang harus dilakukan Vini di turnamen itu untuk mengungguli pencapaian Messi di Piala Dunia?

 

8 dari 9 halaman

7. Kevin De Bruyne (33/1)

Man City memiliki gelandang sensasional dalam tubuh Kevin de Bruyne. Umpannya yang luas dikombinasikan dengan visi dan eksekusinya yang luar biasa telah sangat membantu klub tersebut. Di bawah Guardiola, de Bruyne telah memainkan 245 laga dengan mencetak 58 gol dan 97 assist. (AFP/Lindsey Parnaby)

Kevin De Bruyne berada di podium Ballon d'Or musim gugur lalu. Namun, De Bruyne tampaknya akan sulit mengulangi pencapaian itu, karena kinerja Belgia di Piala Dunia 2022 buruk. 

Meski begitu, kita bisa menempatkan De Bruyne di posisi yang sama dengan Erling Haaland sebagai superstar potensial untuk menggerakkan Manchester City menuju treble. Playmaker berambut pirang ini menjadi raja assist yang membantu Haaland serta para pemain lainnya di City mencetak gol.

 

9 dari 9 halaman

8. Enzo Fernandez (40/1)

Sebagai salah satu negara penghasil pesepak bola terbaik di kawasan Amerika Selatan, para pemain Argentina memang layak di hargai dengan nilai tinggi oleh klub-klub yang meminatinya. Dengan skill indiviudu yang aduhai, para klub peminat seakan tak merugi untuk mendapatkan jasa mereka. Seperti para pemain berikut ini yang masuk dalam daftar 5 pemain Argentina dengan nilai transfer termahal sepanjang sejarah. Berikut daftar lengkap kelimanya. (AFP/Juan Mabromata)

Enzo Fernandez akan populer di kalangan pemilih Ballon d'Or terlepas dari bagaimana sisa musimnya bersama Chelsea. Dia menjadi Pemain Muda Terbaik di Piala Dunia 2022, yang mencetak gol di babak penyisihan grup melawan Meksiko.

Meski sangat sulit untuk mengalahkan Lionel Messi meraih Ballon d'Or yang kedelapan, tetapi hal-hal aneh kerap terjadi saat pemungutan suara. Jadi tidak akan mengejutkan jika tiba-tiba Enzo bisa mencapai podium bahkan memenangkannya.

Sumber: Four Four Two