Liga Inggris: Liverpool Gagal Bersaing, Alisson Tetap Berkontribusi Besar

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 08 Apr 2023, 12:15 WIB
Alisson Becker. Didatangkan Liverpool dari AS Roma pada awal musim 2018/2019 dengan nilai transfer 62,5 juta Euro atau setara Rp.1,07 triliun. Terbilang sukses, ia telah tampil dalam 128 laga dengan membuat 57 clean sheet, 105 kali kebobolan dan baru saja mencetak 1 gol. (AFP/Jason Cairnduff/Pool)

Bola.com, Jakarta - Musim 2022/2023 bisa menjadi yang terburuk bagi Liverpool sepanjang kepelatihan Jurgen Klopp. Namun, The Reds tetap harus bersyukur memiliki Alisson Becker. Tanpa kiper asal Brasil itu, Liverpool bisa lebih buruk pada musim ini.

Liverpool membuka musim ini dengan menjuarai Community Shield. Namun, mereka oleng di Liga Inggris. Tim asuhan Jurgen Klopp ini tertinggal jauh dari persaingan juara di Premier League.

Advertisement

Tak hanya itu saja, Liverpool tersingkir dari tiga kompetisi lain. Langkah Liverpool terhenti di babak 16 besar Liga Champions, serta putaran keempat Piala FA dan Carabao Cup.

Beruntung performa Liverpool perlahan membaik setelah pertengahan musim, terutama di Liga Inggris. Peningkatan itu tak lepas dari campur tangan Alisson.

2 dari 5 halaman

Berjasa Amankan Gawang

Kiper Liverpool, Alisson Becker kecewa setelah gawangnya dibobol pemain Wolves, Goncalo Guedes. Ia membuat blunder pada putaran ketiga Piala FA 2022-2023 di Anfield Minggu (8/1/2023) dini hari WIB. (AFP/Oli Scarff)

Satu penampilan yang layak dipuji tentu saja saat Liverpool bermain imbang tanpa gol melawan Chelsea. Alisson tampik heroik dengan menggagalkan sejumlah peluang emas lawan.

Hasil akhir tersebut membuat Alisson sudah mencatatkan 11 kali clean sheet di Liga Inggris. Catatan ini hanya kalah dari Nick Pope, kipernya Newcastle, dengan 13 kali clean sheet.

Mengingat performa Liverpool yang amburadul pada awal musim, pencapaian ini jelas sesuatu yang mengagumkan. Ia berjasa mengamankan gawang Liverpool dari kebobolan lebih banyak gol.

 

3 dari 5 halaman

Jumlah Penyelamatan Terbanyak

Alisson Becker berperan penting untuk kemenangan Liverpool atas Manchester City pada laga lanjutan Liga Inggris 2022/2023 di Anfield, Minggu (16/10/2022) malam WIB. Selain berhasil menjaga gawangnya tanpa kebobolan, ia juga berhasil mencetak assist untuk Mohamed Salah yang berbuah menjadi satu-satunya gol kemenangan. Pemain asal Brasil itu sejauh ini tercatat telah membuat tiga assist di Liga Inggris. (AFP/Paul Ellis)

Besarnya peran Alisson di bawah mistar Liverpool juga dibuktikan dengan total penyelamatan yang telah dibukukannya di Liga Inggris musim ini.

Kiper berusia 30 tahun itu sudah melakukan total 85 penyelamatan. Jumlah itu adalah yang tertinggi sejak datang ke Premier League.

Menariknya lagi, jumlah ini masih bisa bertambah banyak. Liverpool masih punya sepuluh pertandingan tersisa.

4 dari 5 halaman

Pemain Terbaik

Reaksi kecewa kiper Liverpool, Alisson Becker setelah melakukan blunder saat laga leg pertama Liga Champions 2022/2023 melawan Real Madrid yang berlangsung di Anfield, Rabu (22/02/2023) WIB. Liverpool kalah dengan skor 2-5 dari Real Madrid. (AP Photo/Jon Super)

Apa yang telah dilakukan Alisson untuk Liverpool diakui oleh rekannya, Fabinho. Menurutnya, penyelamatan-penyelamatan krusial Alisson perlahan membawa Liverpool membaik.

"Kami sangat perlu Allisson untuk membantu kami i musim ini. Dia menjadi pemain terbaik di musim ini. Tapi kami juga harus bisa bertahan dengan lebih baik," ujar dia dilansir dari Liverpool Echo.

Sumber: Squawka, Liverpool Echo

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal, 7 April 2023

5 dari 5 halaman

Posisi Liverpool di Premier League

Berita Terkait