Bukti Senam Putri Indonesia Menjanjikan, Alika Aishah Perdana Borong Medali Emas di Moose Games Bangkok 2023

oleh Hendry Wibowo diperbarui 09 Apr 2023, 00:05 WIB
Alika Aishah Perdana. (Istimewa)

Bola.com, Jakarta - Alika Aishah Perdana merupakan bukti potensi pembinaan di sektor senam putri Indonesia cukup menjanjikan.

Terbaru aiswi kelas 2 SD Binus School Serpong itu memborong medali emas untuk seluruh disiplin pada kategori usianya di ajang Moose Games Bangkok 2023, yang digelar 25-29 Maret.

Advertisement

Ya, digelarnya berbagai event senam usia dini pada level regional memunculkan benih-benih baru yang diharapkan menjadi andalan Indonesia di masa depan.

Hal di atas tentunya kontradiktif dengan fakta tidak dipertandingkannya nomor putri pada cabang senam di SEA Games 2023, Kamboja, Mei mendatang.

Ini jelas merugikan Indonesia. Pasalnya dua medali emas yang diraih pesenam putri nasional, Rifda Irfanaluthfi pada SEAG Hanoi 2021, praktis tidak bisa diulangi.

Di Kamboja nanti, kontingen Merah Putih tinggal berharap pada dua atlet putra, Joseph Judah dan Abiyurafi yang akan bersaing dengan pesenam unggulan asal Filpina, Vietnam, dan Thailand.

2 dari 3 halaman

Bintang Klub Kanika

Bicara prestasi Alika, ia yang mewakili Kanika Gymnastic Club meraih semua medali emas untuk disiplin beam, bars, floors, dan vault pada ajang Moose Games Bangkok 2023.

Putri pasangan Ryan Perdana dan Rizka Nurul Vega ini menjadi bintang klub Kanika di pentas senam kelompok umur internasional yang diikuti lebih dari 60 klub senam Asia, seperti dari China, Hongkong, Taiwan, Malaysia, dan Singapura.

"Prestasi para atlet muda di ajang internasional harus diapresiasi. Dalam kapasitas sebagai pembina olahraga, tentu kami ingin hal itu akan lebih memotivasi atlet, dan juga orang tua untuk terus mendukung," ujar Ade Lukman, Sekjen KONI Pusat, saat dihubungi media akhir Maret di Jakarta.

"Apalagi bicara senam yang merupakan cabang olimpiade dan selalu ada di setiap multi event sehingga jika ada bibit-bibit baru di cabang ini harus diapresiasi," lanjutnya. 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Taraf Internasional

Moose Games Bangkok 2023 menjadi pentas invitasi senam bertaraf internasional yang kerap diadakan pada bulan Maret atau April.

Untuk tahun ini, ajang itu diselenggarakan Thai Canadian Community Sports di Bangkok, Thailand. Selain klub senam, peserta ajang ini juga mewakili sekolah-sekolah internasional yang tersebar di Asia.