Prediksi Timnas Indonesia U-22 Vs Lebanon pada Uji Coba: Gaspol! Jangan Kasih Kendur

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 14 Apr 2023, 07:30 WIB
Pertandingan Uji Coba - Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon (Bola.com/Erisa/Decika Fatmawaty)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Lebanon pada laga uji coba perdana yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (14/4/2023) malam WIB. Laga ini wajib dimaksimalkan oleh skuad Garuda Muda.

Lebanon menjadi lawan kedua yang dihadapi Timnas Indonesia U-22 pada laga uji coba jelang persiapan SEA Games 2023. Sebelumnya, pasukan Indra Sjafri bermain imbang 1-1 melawan klub BRI Liga 1, Bhayangkara FC.

Advertisement

Lebanon diharapkan bisa memberikan perlawan yang sengit untuk Timnas Indonesia U-22. Maklum, pada SEA Games 2023 nanti Timnas U-22 mendapatkan target medali emas.

Timnas Indonesia U-22 bakal mendapatkan tambahan kekuatan pada laga nanti. Rizky Ridho dkk. tak akan berjuang sendiri karena ditemani oleh suporter yang bakal memadati SUGBK.

2 dari 4 halaman

Misi Khusus

Timnas Indonesia U-22 Vs Bhayangkara FC. (Bola.com/Dok.Instagram PSSI).

Laga melawan Lebanon sangat krusial buat Timnas Indonesia U-22. Pelatih Indra Sjafri menegaskan, timnya punya misi penting dalam uji coba jelang SEA Games 2023.

Menurut Indra Sjafri, laga melawan Lebanon akan jadi ajang untuk pemilihan 20 pemain yang dibawa ke SEA Games 2023. Jadi, laga uji coba ini akan menjadi penilaian buat Indra Sjafri dalam pemilihan pemain skuad Timnas Indonesia U-22.

"Tentu uji coba ini akan kami pergunakan semaksimal mungkin. Pertama, untuk menentukan siapa 20 orang terbaik yang dibawa ke SEA Games, karena memang sesuai regulasi SEA Games hanya boleh 20 pemain," kata Indra Sjafri.

"Kedua, untuk mematangkan game plan kami. Laga ini akan sebagai simulasi untuk SEA Games," ucap Indra Sjafri.

Pelatih Indra Sjafri diyakini akan mengandalkan skema 4-3-3 untuk menghancurkan Lebanon. Trio Irfan Jauhari, Titan Agung, dan Hokky Caraka dipercaya bakal menjadi ujung tombak serangan skuad Garuda Muda.

3 dari 4 halaman

Waspadai Kejutan

Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Lebanon pada dua laga uji coba yang digelar di Jakarta. (dok. The LFA)

Sementara itu, Lebanon datang dengan kondisi tak ideal. Sebelum menghadapi Timnas Indonesia U-22, Lebanon menelan dua kekalahan beruntun bersama pelatih Miguel Moreira.

Situasi itu dimaklumi oleh Miguel Moreira karena baru menukangi Lebanon sejak awal Maret. Meski demikian, Miguel Moreira menegaskan, timnya siap memberikan penampilan terbaik dalam laga nanti.

"Kami memulai persiapan kurang lebih sejak sebulan yang lalu. Saya pelatih baru di Lebanon yang mana butuh dua hingga tiga pekan untuk pemusatan latihan untuk bekerja sama dan mempersiapkan untuk turnamen selanjutnya," kata Miguel Moreira.

"Saya mengharapkan normanya pemain Timnas Indonesia yang memiliki teknik bagus karena mereka sangat menyukai sepak bola. Mereka berenergi dan saya pikir kedua tim akan saling menyebabkan masalah," ucap Miguel Moreira.

Lebanon diyakini akan mengandalkan skema 4-3-3 untuk mengantisipasi permainan agresif Timnas U-22. Ujung serangan Lebanon akan bergantung pada Mohammad Nasse, Ali Chaito, dan Ali Qasas.

4 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Ernando Ari (kiper), Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Komang Teguh, Fajar Fathur Rahman (belakang), Kanu Helmiawan, David Maulana, Beckham Putra (tengah), Irfan Jauhari, Titan Agung, Hokky Caraka (depan)

Pelatih: Indra Sjafri (Indonesia)

Lebanon (4-3-3): Hadi Kanj (kiper), Muhammad Sadek, Abdul Razzak Dakramanji, Mohamad Al-Mahdi Al-Moussawi, Mohammad Al-Husseini (belakang) Alaa Ezzo, Samuel Harb, Mohammad Haidar, (tengah), Mohammad Nasse, Ali Chaito, Ali Qasas (depan)

Pelatih: Miguel Moreira (Portugal)

Berita Terkait