4 Catatan Minor Timnas Indonesia U-22 Setelah Takluk dari Lebanon: Setumpuk PR Menuju SEA Games 2023

oleh Radifa Arsa diperbarui 15 Apr 2023, 04:00 WIB
Pemain timnas Indonesia U-22, Beckham Putra Nugraha (tengah), mendapatkan penjagaan ketat dari pemain timnas Lebanon U-22 dalam pertandingan uji coba yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (14/4/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 takluk dari Timnas Lebanon U-22 pada laga uji coba. Hasil minor itu menjadi pekerjaan rumah Tim Garuda Muda jelang berlaga di SEA Games 2023.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jumat (14/4/2023) malam WIB, Timnas Indonesia U-22 menyerah 1-2 dari Lebanon U-22.

Advertisement

Tim Garuda Muda sebetulnya mampu unggul terlebih dahulu lewat gol bunuh diri Ali Al-Ridha pada menit ke-84, yang melakukan kesalahan dalam mengantisipasi umpan silang Irfan Jauhari.

Setelah gol itu, Timnas Lebanon U-22 justru berhasil mencatatkan kebangkitan pada menit-menit akhir. Mereka sukses mencetak dua gol lewat Muhammad Mahdi Sabah (90') dan Muhammad Nasser (90+7')

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah untuk mematangkan persiapan anak asuhnya menjelang SEA Games 2023. Berikut ini Bola.com menyajikan catatan minor Tim Garuda Muda setelah takluk dari Lebanon.

 

2 dari 5 halaman

Belum Mampu Mengontrol Permainan

Pemain Timnas Indonesia U-22, Ronaldo Kwateh (kanan), berusaha menjebol gawang Timnas Lebanon U-22 dalam pertandingan uji coba yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (14/4/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Secara kualitas, Timnas Indonesia U-22 bisa dibilang berada di atas Lebanon U-22. Namun, keunggulan itu nyatanya masih belum bisa dimaksimalkan dengan baik skuad Garuda Muda.

Para pemain yang dipasang di lini tengah Timnas Indonesia U-22 juga masih belum bisa berkolaborasi dengan baik sebagai sebuah unit. Beckham Putra Nugraha memang tampil cukup menonjol di sektor ini.

Namun, kolaborasinya bersama Muhammad Kanu Helmiawan dan Taufany Muslihuddin, belum bisa maksimal dalam mengambil kontrol permainan dan mendominasi penguasaan bola pada laga ini.

 

3 dari 5 halaman

Penyelesaian Akhir Belum Klinis

Striker Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta, melepaskan tembakan dalam duel kontra Lebanon U-22 pada laga uji coba yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Jumat (14/4/2023) malam. Tim Garuda Muda kalah 1-2 dalam laga ini. (Bola.com/Abdul Aziz)

Timnas Indonesia U-22 sebetulnya mampu menciptakan sejumlah peluang pada pertandingan ini, terutama pada babak pertama. Beberapa peluang itu sebetulnya cukup potensial untuk dikonversi menjadi gol.

Namun yang menjadi masalah, penyelesaian akhir pemain Timnas Indonesia U-22 belum maksimal. Kesempatan untuk menjebol gawang lawan belum bisa dimaksimalkan dengan baik.

Salah satu peluang terbaik pada laga ini tercipta pada menit ke-8. Umpan silang Rizky Ridho sebetulnya mampu menemui Taufany Muslihuddin yang berdiri bebas tanpa pengawalan.

Sayangnya, bola hasil sepakan gelandang serang asal Borneo FC itu masih melambung tinggi di atas mistar gawang. Padahal, sudah tak ada gangguan dari pemain lawan di depan gawang.

 

4 dari 5 halaman

Kehilangan Fokus pada Akhir Laga

Pemain timnas Indonesia U-22, Jeam Kelly Sroyer (kiri), mendapatkan penjagaan ketat dari pemain timnas Lebanon U-22, Hussein Ezzeddine dalam pertandingan uji coba yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (14/4/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Menurunnya intensitas permainan Timnas Indonesia U-22 menjelang pertandingan berakhir turut diikuti dengan hilangnya fokus para pemain, terutama di lini pertahanan

Sebab, hanya dalam tempo kurang dari 10 menit menjelang laga berakhir, skuad Garuda Muda justru harus kebobolan dua gol melalui aksi Muhammad Mahdi Sabah (90’) dan Muhammad Nasser (90+7’).

Catatan ini tentu menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi skuad asuhan Indra Sjafri. Sebab, dua gol yang bersarang di gawang Ernando Ari itu memperlihatkan kelengahan para pemain bertahan.

 

5 dari 5 halaman

Pertahanan Mudah Ditembus

Pemain timnas Indonesia U-22, Mohammad Haykal Alhafiz (kanan), mendapatkan penjagaan ketat dari pemain timnas Lebanon U-22, Mohamed Mahdi Sabbah dalam pertandingan uji coba yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (14/4/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Sebetulnya, dua gol yang dicetak Lebanon pada laga itu memang tak mengagetkan. Sepanjang babak kedua, pertahanan Timnas Indonesia U-22 cenderung lebih mudah ditembus.

Jika pada babak pertama Lebanon hanya bisa mencetak satu tembakan tepat sasaran, jumlah itu mengalami lonjakan enam shots on target pada paruh kedua.

Artinya, tim lawan sukses menghasilkan total tujuh tembakan tepat sasaran pada pertandingan ini, sedangkan skuad Garuda Muda hanya sanggup menciptakan tiga shots on target saja.

Dengan demikian, catatan ini menunjukkan bahwa gawang Timnas Indonesia U-22 hanya tinggal menunggu waktu saja untuk dijebol lawan. Sebab, pertahanannya terus menerus ditembus para pemain Lebanon U-22.