Man City Kembali Jumpa Real Madrid di Semifinal Liga Champions, Kevin De Bruyne: Saatnya Balas Dendam

oleh Aryo Atmaja diperbarui 20 Apr 2023, 12:15 WIB
Pemain Manchester City, Kevin De Bruyne memberikan tepuk tangan setelah laga Grup G Liga Champions 2022/2023 melawan Sevilla di Etihad Stadium, Manchester, 2 November 2022. De Bruyne bermain untuk Manchester City sejak tahun 2015 setelah diboyong dari Wolfsburg. Ia tercatat sebagai pemain Liga Inggris dengan gaji termahal saat ini, yaitu 425 ribu pounds per pekan. (AFP/Oli Scarff)

Bola.com, Jakarta - Inggris mengirimkan wakilnya di semifinal Liga Champions musim 2022/2023. Ya, Manchester City berhasil lolos ke empat besar setelah sukses mendepak Bayern Munchen.

Man City memastikan lolos meski hanya bermain draw kontra Bayern Munchen pada leg kedua perempat final, Kamis (20/4/2023) dini hari WIB.

Advertisement

Man City berhak lolos karena punya keunggulan agregat 4-1 atas Bayern Munchen. Sebab pasukan Pep Guardiola sudah punya bekal kemenangan 3-0 hasil pada pertemuan pertama pekan lalu.

Dalam pertandingan di Allianz Arena dini hari tadi, Man City unggul terlebih dahulu melalui gol cantik Erling Haaland di menit ke-54. Tuan rumah Munchen baru bisa menyamakan kedudukan 1-1 lewat gol Joshua Kimmich delapan menit menjelang waktu normal berakhir.

Selanjutnya, Man City akan bertemu Real Madrid. Adapun leg pertama semifinal akan dimainkan di Stadion Santiago Bernabeu pada 9 Mei 2023. Kemudian Man City giliran bertindak sebagai tuan rumahnya pada 16 Mei 2023.

2 dari 6 halaman

Layak ke Semifinal

Pemain Manchester City, Ruben Dias, menghadang tendangan pemain Bayern Munchen, Kingsley Coman, pada babak perempat final leg kedua Liga Champions di Allianz Arena, Kamis (20/4/2023). Hasil tersebut membuat Man City lolos dengan keunggulan agregat 4-1. (AP Photo/Matthias Schrader)

Kapten Man City, Kevin De Bruyne menilai timnya memang layak melaju ke semifinal. Kedigdayaan dalam dua pertandingan kontra Bayern Munchen menjadi bukti Man City punya hasrat yang lebih besar.

“Saya pikir masuk ke semifinal adalah apa yang ingin kami lakukan,” katanya melansir dari laman resmi Man City.

“Saya pernah bermain di sini sebelumnya dan tahu bahwa mereka akan tampil agresif dan selalu tekanan,” lanjut dia.

3 dari 6 halaman

Resep Sukses

Man City sukses mencetak gol lebih dulu di babak kedua lewat Haaland. Haaland berhasil memenangkan duel udara dan memberi bola pada Kevin De Bruyne. (AP Photo/Andreas Schaad)

Pemain Belgia itu membagikan resep timnya dapat menjinakkan Bayern Munchen. Menurutnya, Man City dapat memanfaatkan setiap momentum baik itu saat pertemuan pertama dan leg kedua dini hari tadi.

“Tapi, saya pikir kami mengatasi tekanan dengan baik. Kami bertahan ketika ada momen yang sulit dan pada saat-saat tertentu kami menciptakan apa yang perlu kami lakukan,” jelasnya.

“Saya pikir itu adalah permainan yang sangat cerdas dari kami,” jelas eks pemain Chelsea.

4 dari 6 halaman

Lupakan Hasil Musim Lalu

Gelandang Manchester City, Bernardo Silva (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Real Madrid pada pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Rabu (27/4/2022). City menang atas Madrid 4-3. (AP Photo/Jon Super)

Kesuksesan Man City melewati Bayern Munchen, maka mereka akan kembali berjumpa Real Madrid di semifinal Liga Champions. Sekaligus menjadi partai ulangan seperti musim lalu.

Man City kurang beruntung musim lalu, karena kalah secara agregat 5-6 dari sang raksasa Spanyol. Man City menang 4-3 pada leg pertama, kemudian kalah 1-3 di pertemuan kedua.

 “Apa yang terjadi tahun lalu, sudah terjadi. Saya pikir kami bermain sangat baik dalam dua pertandingan dan semuanya berubah dalam lima menit terakhir,” jelas De Bruyne.

5 dari 6 halaman

Peluang Revans

Pemain Manchester City, Erling Haaland, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Bayern Munchen pada babak perempat final leg kedua Liga Champions di Allianz Arena, Kamis (20/4/2023). Berkat hasil ini, Manchester City berhak lolos ke semifinal dengan kemenangan agregat 4-1 dan akan menghadapi Real Madrid. (AP Photo/Andreas Schaad)

Kini Man City punya kesempatan besar untuk melakukan revans atas Real Madrid. Salah satunya adalah Man City akan melakoni laga tandang terlebih dahulu dan kemudian bermain di hadapan pendukung sendiri pada leg kedua.

"Jika Anda bermain di Liga Champions, kualitasnya berkelas. Tetapi kami harus mempersiapkan diri untuk itu dan masih memiliki beberapa pertandingan di antaranya,” tegas Kevin De Bruyne memungkasi

Sumber: Manchester City

6 dari 6 halaman

Jadwal Semifinal Liga Champions

Liga Champions - Ilustrasi Logo UEFA Champions League Musim 2022-2023 (Bola.com/Adreanus Titus)

Semifinal Liga Champions 2022/2023

Leg I

9 Mei 2023

  • Real Madrid Vs Man City
  • AC Milan Vs Inter Milan

Leg II

16 Mei 2023

  • Man City Vs Real Madrid
  • Inter Milan Vs AC Milan

Berita Terkait