Mengawal Merah Putih Mencapai Podium Tertinggi di SEA Games 2023 Kamboja

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 29 Apr 2023, 06:25 WIB
Suasana ruang informasi SEA Games 2023 yang tersedia di Bandara Internasional Phnom Penh, Jumat (28/4/2023). (Bola.com/Abdul Azis)

Bola.com, Phnom Penh - Maskapai Air Asia yang kami tumpangi mendarat di Bandara Internasional Phnom Penh, Kamboja, pada Jumat (28/4/2023) tengah malam. Langkah kami di SEA Games 2023 dimulai.

Ekspektasi kami sebetulnya tidak terlalu tinggi menyoal persiapan Kamboja sebagai tuan rumah SEA Games 2023. Maklum, pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara ini baru kali pertama dihelat di Land of Khmer.

Advertisement

Namun demikian, kami cukup terkejut menyaksikan kemeriahan SEA Games 2023 sudah terlihat sejak tiba di bandara. Setidaknya, nuansa sporty terlihat di sana sini, dengan spanduk sederhana yang memperlihatkan bahwa Kamboja siap menyambut kontingen, peliput, maupun suporter.

Beberapa hari sebelum perjalanan, seorang rekan kami bercerita bahwa gegap gempita SEA Games tidak akan terasa di negara yang terkenal dengan julukan Negeri 1000 Pagoda tersebut. Tetapi semuanya terbantahkan setibanya kami di Bandara Internasional Phnom Penh.

 

2 dari 5 halaman

Promo SEA Games 2023

Jurnalis Bola.com, Gregah Nurikhsani, senang mendapakan promo kartu SIM Smart di Kamboja. (Bola.com/Abdul Azis)

Satu tempat yang langsung kami datangi setelah mendarat di Bandara Internasional Phnom Penh adalah counter SIM.

Beruntung buat kami, meski sudah tengah malam, aktivitas di sana tidak senyap. Penjaga counter SIM card juga sigap melayani kebutuhan para pendatang dari luar negeri, termasuk kami yang mewakili Bola.com dari Indonesia.

Ada empat counter kartu SIM yang tersedia, tetapi hanya satu yang sangat ramai pengunjung, yakni stan provider Smart. Tidak heran, mereka ternyata menawarkan promo SEA Games 2023 khusus buat wartawan.

"Kalian wartawan SEA Games? Berdua saja?" tanya Hok Fara Ong, staf counter kepada saya dan Aziz. "Karena kalian wartawan, Smart kasih promo, beli kuota 60GB, tetapi kalian dapat 100GB."

 

 

3 dari 5 halaman

TukTuk Online

TukTuk jadi angkutan penting di Kamboja selama SEA Games 2023. (Bola.com/Abdul Azis)

Selepas membeli kartu SIM, kami keluar dari bandara dan memesan taksi online. Betapa kagetnya kami bahwa ternyata selain mobil konvensional, ada juga TukTuk Online.

TukTuk adalah sejenis kendaran roda tiga yang jadi ciri khas di Kamboja. Bisa dibilang, TukTuk adalah bajajnya Kamboja.

Kami sebenarnya juga bisa memesan TukTuk secara langsung offline. Tetapi karena banyak pertimbangan, utamanya demi keamanan dan kenyamanan mengingat sudah larut malam, taksi online konvensional jadi pilihan kami.

 

4 dari 5 halaman

Mengawal Merah Putih

Petugas di Bandara Internasional Phnom Penh mememberikan hologram khusus buat para wartawan yang meliput SEA Games 2023. (Bola.com/Abdul Azis)

Beranjak dari Bandara Internasional Phnom Penh, kami menyadari bahwa ada ratusan kontingen Indonesia yang akan berjuang demi kejayaan Merah Putih di Kamboja. Kami peliput dari Bola.com akan mengawal mereka untuk mengejar emas, menjadi yang terbaik, dan menunjukkan sportivitas di ajang SEA Games 2023.

Kami tidak akan hanya sekadar meliput, tetapi juga memberikan sobat Bola.com pengalaman sedekat mungkin mengenai perjuangan para atlet Indonesia selama di Kamboja.

Selama 20 hari ke depan, kami akan menyajikan ragam konten atraktif dan menarik. Kami bakal membawa para pencinta Merah Putih untuk meresapi betul perjuangan atlet di Kamboja dan mempersembahkan deskripsi di negara tersebut serta segala aspek kehidupan di negara yang terkenal dengan Sungai Mekong itu.

Yuk, mari bersama-sama kita kawal Merah Putih ke podium tertinggi SEA Games 2023!

5 dari 5 halaman

Berita Terkait