Erling Haaland dan Martin Odegaard, Duo Norwegia Paling Berbahaya di Liga Inggris

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 05 Mei 2023, 19:45 WIB
Ilustrasi - Martin Odegaard dan Erling Haaland (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Persaingan di papan atas Premier League 2022/2023 melibatkan Manchester City dan Arsenal. Menariknya, ada dua pemain asal Norwegia yang menjadi aktor penting bagi masing-masing tim yang tengah mengejar trofi juara Liga Inggris.

Sekadar informasi, Norwegia tidak tampil di Piala Dunia 2022, di mana itu membuat banyak pihak menyayangkan, terutama karena begitu banyak pemain muda yang menjanjikan dan berada di top level dari negara asal Ole Gunnar Solskjaer itu.

Advertisement

Norwegia memiliki begitu banyak pemain bagus dan kini tengah berjuang untuk melangkah ke putaran final Euro 2024.

Namun, jika bicara pemain kunci Norwegia, ada dua pemain yang saat ini tengah menjadi sorotan dalam persaingan di Liga Inggris.

Keduanya adalah Erling Haaland yang berada di lini depan Man City dan Martin Odegaard yang menjadi penghuni lini tengah Arsenal.

Kedua pemain itu menjadi sosok penting bagi kedua tim yang tengah bersaing untuk bisa menjadi juara Liga Inggris musim ini.

2 dari 5 halaman

Erling Haaland, Mesin Gol Andal

Striker Man City, Erling Haaland, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023 di Etihad Stadium, Kamis (27/4/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Dave Thompson)

Erling Haaland merupakan pemain yang datang ke Liga Inggris pada awal musim 2022/2023. Haaland menerima pinangan Man City dan semua menjadi lebih sempurna.

Musim pertama Erling Haaland bersama Man City berpotensi berakhir dengan sangat indah. Haaland memiliki peluang meraih treble, yaitu Piala FA, Premier League dan Liga Champions.

Haaland kini menguasai daftar pencetak gol terbanyak Premier League. Pemain berusia 22 tahun itu sudah mencetak 35 gol dari 31 laga yang dimainkan, rekor baru untuk jumlah gol dalam satu musim.

Erling Haaland juga membuat tujuh gol, angka yang lumayan untuk membuktikan betapa berkontribusi pemain muda asal Norwegia itu pada musim pertamanya di Premier League.

3 dari 5 halaman

Martin Odegaard, Pengatur Irama Permainan

Martin Odegaard. Gelandang serang berusia 23 tahun ini kini tengah menjalani musim keduanya bersama Arsenal di Liga Inggris. Ia didatangkan pada awal musim 2021/2022 dari Real Madrid dengan nilai transfer 35 juta euro dan masih terikat kontrak hingga Juni 2025. Musim ini ia telah tampil dalam 7 laga di semua ajang dengan torehan 3 gol. Bersama Timnas Norwegia ia telah mengoleksi 43 caps dengan raihan 2 gol dan 8 assist sejak melakukan debut pada 27 Agustus 2014. (AFP/Glyn Kirk)

Jika Arsenal adalah sebuah orkestra, maka yang menjadi konduktor atau pengatur irama adalah Martin Odegaard. Pemain asal Norwegia itu kerap menjadi penentu setiap serangan The Gunners.

Odegaard menjadi playmaker Arsenal. Dia memainkan peran sangat sentral. Kaki kiri pemain berusia 24 tahun itu menjadi harapan Arsenal untuk bisa meraih tiga poin.

Martin Odegaard tidak kalah gemilang dibanding Erling Haaland. Mantan pemain Real Madrid tersebut sudah mencetak 14 gol dan tujuh assist di Premier League. Odegaard menjadi pencetak gol terbanyak Arsenal sejauh ini.

 

 

4 dari 5 halaman

Daftar Pemain Norwegia di Liga Inggris

  • Martin Odegaard (Arsenal)
  • Erling Haaland (Manchester City)
  • Kristoffer Klaesson (Leeds United)
  • Kristoffer Ajer (Brentford)
  • Mohamed Elyounoussi (Southampton)

Sumber: Squawka

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 5/5/2023)

5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League

Berita Terkait