Legenda Sepak Bola Bali Beber Kelebihan dan Kekurangan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

oleh Alit Binawan diperbarui 10 Mei 2023, 05:00 WIB
Pose pemain Timnas Indonesia U-22 sebelum laga melawan Timor Leste pada pertandingan ketiga Grup A SEA Games 2023 yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (7/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Bali - Timnas Indonesia U-22 saat ini memimpin klasemen sementara Grup A cabor sepak bola SEA Games 2023, Kamboja dengan sembilan poin.

Di laga terakhir, skuad asuhan Indra Sjafri akan menghadapi tuan rumah Kamboja yang berada di ujung tanduk.

Advertisement

Kemenangan diperlukan oleh Kamboja untuk bisa mengamankan peluang lolos sebagai runner-up mendampingi Timnas Indonesia U-22.

Di atas kertas, Indonesia bisa mengalahkan Kamboja. Namun tidak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola selama peluit panjang ditiup wasit.

Indonesia kebetulan tidak pernah sekalipun kebobolan dalam 3 pertandingan. Total 11 gol berhasil dilesakkan Ramadhan Sananta dkk.

Inilah yang menurut legenda sepak bola Bali I Komang Mariawan, menjadi kelebihan bagi Timnas Indonesia.

 

2 dari 5 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Timnas Indonesia U-22

Mantan penyerang Persikota Tangerang dan PSPS Pekanbaru I Komang Mariawan saat bermain dengan komunitas sepak bola Mitra Devata Legend di Lapangan Yoga Perkanthi Jimbaran, Minggu sore (5/9/2021). (Bola.com/Maheswara Putra)

Menurut I Komang, ada nilai plus karena kualitas para pemain Timnas Indonesia U-22 di atas rata-rata pemain dari negara lain yang ada di grup A.

"Dengan umur pemain yang sama di setiap tim, Indonesia memiliki kualitas pemain di atas rata-rata. Saya melihat ada team work yang sangat baik dalam 3 pertandingan terakhir," bebernya saat dihubungi pada Selasa (9/5/2023).

"Selain itu kelebihan Indonesia dia ntara negara lainnya adalah mereka menunjukkan team work yang baik dalam setiap pertandingan," tambahnya.

Hanya saja lanjut mantan penyerang Persikota Tangerang tersebut, Timnas U-22 tidak luput dari kekurangan.

"Contohnya masih terlihat kurang dalam transisi menyerang ke bertahan. Tapi yang perlu digarisbawahi meskipun masih terlihat ada kekurangan, tetapi kekurangan tersebut bisa ditutupi dengan kelebihan yang cukup baik. Jadinya kekurangan ini tidak terlalu menonjol," terangnya.

 

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Sapu Bersih Kemenangan

Sapu bersih kemenangan pada empat pertandingan fase grup sangat mungkin terjadi. Di atas kertas menurut Mariawan, Timnas Indonesia U-22 bisa mengalahkan Kamboja meskipun bertindak sebagai tuan rumah.

Mariawan sebagai legenda sepak bola Indonesia dan juga sebagai masyarakat Indonesia, ingin Timnas U-22 bisa membawa pulang emas SEA Games yang dinantikan sejak 32 tahun lalu.

"Saya rasa sangat layak Indonesia jadi juara grup. Melawan Kamboja juga saya pikir bisa menang. Saya amati, pemain-pemain ndonesia ini sangat menginginkan medali emas dan rakyat Indonesia juga menginginkannya," beber Mariawan.

 

4 dari 5 halaman

Saatnya Rotasi

Dua pemain Timnas Indonesia U-22, Marselino Ferdinan (kanan) dan Alfeandra Dewangga bersiap melakukan tendangan bebas saat menghadapi Myanmar pada laga kedua Grup A SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Ia pun memberikan saran kepada Indra Sjafri agar bisa melakukan rotasi di pertandingan terakhir melawan Kamboja.

Menurutnya ada beberapa pemain yang selalu bermain dalam 3 pertandingan terakhir seperti Rizky Ridho atau Marselino Ferdinand.

"Mungkin Coach Indra bisa melakukan rotasi ya. Ada beberapa pemain yang dalam 3 pertandingan, selalu main. Kalau rotasi bagus karena bisa lebih segar. Lawan sebenarnya Indonesia kan ada di semifinal," ucapnya.

 

5 dari 5 halaman

Vs Vietnam di Semifinal

Pemain Timnas Indonesia U-22 melakukan doa sebelum menutup latihan menjelang SEA Games 2023 di Lapangan A, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Rabu (05/04/2023). Garuda Muda nantinya akan tergabung di Grup A bersama tuan rumah Kamboja, Timor Leste, Filipina, dan Myanmar. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kemungkinan besar lanjut Mariawan, Indonesia akan menghadapi Vietnam di semifinal. Vietnam berada di posisi runner up grup B dengan 9 poin. Poin yang sama juga dimiliki oleh Thailand.

Mariawan menjelaskan, Thailand dan Vietnam sebenarnya memiliki sedikit tekanan karena harus menunggu apakah harus melawan Indonesia atau tidak. Itu sebabnya kedua tim berusaha agar bisa lolos sebagai juara grup.

"Sebenarnya sama saja lawannya entah Vietnam atau Thailand. Tapi kalau prediksi saya, Vietnam yang menjadi lawan Indonesia di semifinal. Di grup B, tim-tim disana menghindari Indonesia. Bukan Indonesia yang ingin menghindari lawan siapa di semifinal," tutupnya.

Berita Terkait