Kontrak 6 Pemain Baru, Arema FC Kental Nuansa Indonesia Timur di Liga 1 Musim Depan

oleh Iwan Setiawan diperbarui 12 Mei 2023, 22:30 WIB
Rifad Marasabessy resmi menandatangani kontrak dengan Arema FC. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Bola.com, Malang - Setelah menjalani persiapan sejak pekan lalu, Arema FC mulai memberikan kontrak kepada sejumlah pemain baru. Tercatat ada enam pemain yang menandatangani kontrak, Jumat (12/5/2023).

Penandatangan tersebut disaksikan manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas. Tidak ada kejutan dalam enam pemain baru tersebut, karena sudah menjalani latihan.

Advertisement

Keenam pemain tersebut adalah Flabio Soares, Hamdi Sula, Samuel Balinsa, Rifad Marasabessy, Rendra Teddy, dan Fardan Harahap.

Sebenarnya masih ada beberapa pemain baru yang sudah ikut berlatih, yakni Gufroni Al Ma'ruf, Dicky Agung dan beberapa nama lainnya. Sepertinya, para pemain tersebut masih menunggu waktu untuk tanda tangan kontrak.

"Alhamdulillah secara resmi kami mengumumkan enam pemain lokal yang baru bergabung untuk kompetisi 2023/2024. Banyak wajah baru semoga memberikan semangat tersendiri musim depan," kata Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas.

 

2 dari 4 halaman

Kental Indonesia Timur

Dua pemain Persewar, Samuel Gideon Balinsa (kiri) dan Krismon Gustav Wombaibobo, dipanggil menjalani seleksi Timnas Indonesia U-22. (Bola.com/Gatot Susetyo)

Yang menarik, kini Tim Singo Edan mulai kental dengan pemain dari Indonesia Timur. Dari enam pemain baru yang dikontrak, empat diantaranya dari Indonesia Timur.

Seperti Rifad Marasabessy (Tulehu), Flabio Soares (NTT), Hamdi Sula (Maluku Utara), dan Samuel Balinsa (Papua). Tim pelatih Arema FC melihat jika mereka butuh pemain dari Indonesia Timur untuk mengangkat karakter bermain tim.

"Kami percaya dengan tim ini. Didukung tim pelatih yang mampu menanamkan karakter bermain seperti yang diinginkan Aremania. Musim depan lebih baik dan berprestasi,” lanjut Wiebie.

 

3 dari 4 halaman

Akhir Mei Sudah Komplet

Arema FC menggelar latihan perdana pada Rabu (3/5/2023) di Lapangan Dirgantara, Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Terlepas dari pemain-pemain baru yang diresmikan pada hari ini, Arema FC juga terus berusaha merampungkan komposisi tim. Targetnya, akhir Mei 2023 tim sudah komplet.

Nantinya sisa waktu satu bulan dianggap cukup untuk menatap Liga 1 yang akan diputar pada 1 Juli 2023. "Tentu saja komposisi tim akan segera dirampungkan. Termasuk komposisi pemain asing," pungkas Wiebie.

 

4 dari 4 halaman

Rangkaian Tes

Latihan Arema FC yang digelar di Stadion Gajayana, Malang, Rabu (11/5/2022), direkam oleh kamera oleh video analis, FX yanuar, dan dilaporkan kepada pelatih kepala Eduardo Almeida. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Musim ini, Arema tidak langsung memberikan kontrak kepada pemain baru yang bergabung dalam latihan. Masih ada serangkaian tes yang harus dijalani pemain, seperti tes medis dan sebagainya.

"Pemain baru harus melewati prosedur itu," jelas asisten pelatih Arema, I Putu Gede.

Arema tidak ingin mengontrak pemain dalam kondisi cedera, karena mereka butuh pemain yang dalam kondisi fit. Sebab, cara bermain Tim Singo Edan musim depan lebih mengutamakan pemain dengan fisik yang bagus.

Oleh karena itu, tes medis sangat penting sebelum mengontrak pemain, sekaligus mengetahui seperti apa riwayat cedera yang pernah dialami sang pemain.

Berita Terkait