Hasil Uji Coba Persis Vs Persebaya: Sempat Unggul 3-0, Laskar Sambernyawa Justru Digulung Bajul Ijo

oleh Radifa Arsa diperbarui 24 Jun 2023, 21:31 WIB
Liga 1 - Duel Antarlini Persis Solo vs Persebaya Surabaya (Bola.com/Decika Fatmawaty)

Bola.com, Solo - Setelah sempat unggul tiga gol pada babak pertama, Persis Solo akhirnya harus mengakui keunggulan Persebaya Surabaya saat berjumpa pada pertandingan persahabatan pramusim.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (24/6/2023) itu, Persis Solo yang tampil menggebrak pada babak pertama justru digulung Persebaya Surabaya dengan skor 3-4.

Advertisement

Padahal, pada babak pertama, Laskar Sambernyawa sempat unggul terlebih dahulu dengan skor 3-0. Masing-masing gol dicetak oleh Ramadhan Sananta (28’), Fernando Rodriguez (36’), dan Moussa Sidibe (43’).

Namun, Bajul Ijo sukses bangkit pada paruh kedua. Mereka sukses melesakkan empat gol untuk berbalik unggul lewat kontribusi Muhammad Iqbal (52’ dan 60’), Toni Firmansyah (80’) dan gol bunuh diri Arif Budiyono (84’).

2 dari 4 halaman

Babak Pertama

Selama sepuluh menit berlangsungnya babak pertama, Persis Solo yang bermain sebagai tuan rumah memang tampil lebih dominan. Laskar Sambernyawa beberapa kali mengerahkan serangan. Namun, belum ada yang membahayakan.

Sementara itu, Persebaya Surabaya lebih banyak bermain menunggu. Anak asuh Aji Santoso menerapkan skema defend-counter untuk menciptakan peluang di area pertahanan lawan.

Peluang emas pada babak pertama baru hadir pada menit ke-24. Umpan silang Rifky Arya mampu disambut oleh Kasim Botan, lalu disodorkan kepada Muhammad Iqbal. Sayangnya, sontekan Iqbal masih menyamping tipis.

Laskar Sambernyawa akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-28. Umpan matang Gavin Kwan Adsit menuju kotak penalti sukses disambut Ramadhan Sananta dengan sepakan keras yang menjebol gawang lawan.

Pada menit ke-36, skema serangan balik cepat yang diinisiasi Moussa Sidibe sukses menambah keunggulan tim asuhan Leonardo Medina. Kemelut di depan gawang sukses disambar Fernando Rodriguez untuk membawa Persis unggul 2-0.

Pada menit ke-43, keunggulan tim tuan rumah kembali bertambah. Kali ini, Moussa Sidibe yang sukses mencatatkan namanya di papan skor. Aksi individunya sukses mengubah skor menjadi 3-0.

Hingga waktu turun minum tiba, tidak ada gol tambahan yang tercipta dari kedua kubu. Untuk sementara, tim asuhan Leonardo Medina unggul 3-0 atas Persebaya Surabaya.

3 dari 4 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, intensitas permainan antar kedua kubu justru memanas. Gavin Kwan Adsit dan Reva Adi Utama sama-sama mendapatkan kartu kuning kedua karena beberapa kali terlibat gesekan.

Tak lama berselang, skema serangan balik Persebaya Surabaya sukses membuahkan gol. Muhammad Iqbal sukses mengelabui kiper Persis Solo untuk memangkas defisit gol menjadi 1-3.

Menginjak menit ke-60, Persebaya Surabaya kembali menjebol gawang Persis. Kali ini, Iqbal sukses melepaskan tembakan terukur dari luar kotak penalti untuk membawa kedudukan berubah jadi 2-3.

Di tengah upaya Laskar Sambernyawa untuk menambah keunggulan, anak asuh Aji Santoso sukses memaksimalkan kelengahan ini lewat skema serangan balik cepat yang diakhiri gol oleh Toni Firmansyah pada menit ke-80.

Lagi-lagi, skema serangan balik cepat Persebaya sukses membuat Persis kalang kabut. Pada menit ke-84, gol bunuh diri Arif Budiyono yang gagal mengantisipasi pergerakan Ferdinan Sinaga.

Hingga pertandingan berakhir, skuad Bajul Ijo sukses mempertahankan keunggulannya. Persebaya Surabaya menutup pertandingan dengan keunggulan 4-3 atas Persis Solo.

4 dari 4 halaman

Daftar Susunan Pemain

Liga 1 - Persis Solo vs Persebaya Surabaya (Bola.com/Decika Fatmawaty)
  • Persis Solo (3-5-2): Gianluca Pandeynuwu; Sutanto Tan, Jaimerson da Silva, Diego Barcanda; Eky Taufik, Taufiq Febrianto, Alexis Messidoro, Moussa Sidibe, Gavin Kwan Adsit; Fernando Rodriguez, Ramadhan Sananta;
  • Pelatih: Leonardo Medina
  • Persebaya Surabaya (4-3-3): Andhika Ramadhani; George Brown, Dusan Stevanovic, Kadek Raditya, George Brown; Muhammad Hidayat, Deni Agus, Song Ui-young; Kasim Botan, Wildan Ramdhani, Muhammad Iqbal;
  • Pelatih: Aji Santoso

Berita Terkait