Profil Klub BRI Liga 1 2023 / 2024, PSIS: Jor-joran Belanja Pemain, Targetnya Juga Tak Main-Main

oleh Radifa Arsa diperbarui 28 Jun 2023, 07:30 WIB
Liga 1 - Profil Klub Liga 1 2023/2024- PSIS Semarang (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Performa PSIS Semarang pada musim lalu memang tak begitu membanggakan. Menyambut musim baru, skuad asuhan Gilbert Agius memasang target untuk menembus empat besar klasemen BRI Liga 1 2023/2024.

Pergerakan PSIS Semarang di bursa transfer memang cukup menggeliat. Mahesa Jenar terhitung jor-joran dalam berburu pemain baru. Setidaknya, mereka sukses mengamankan 14 amunisi anyar untuk BRI Liga 1 2023/2024.

Advertisement

Selain itu, PSIS juga telah melepas delapan pemainnya di bursa transfer, mulai dari Hari Nur Yulianto, Oktafianus Fernando, Ray Redondo, Kartika Vedhayanto, Reza Irfana, Yofandani Damai Pranata, Meru Kimura, Taufik Hidayat, hingga Ryo Fujii.

Soal perekrutan pemain asing, kini komposisi skuad asuhan Gilbert Agius telah komplet. Mereka mendatangkan Boubakary Diarra (Mali), Lucas Gama (Brasil), dan Paulo Gali Freitas (Timor Leste).

Ketiga nama ini telah memenuhi kuota 5+1 yang diterapkan musim depan. Sebelumnya, PSIS sudah mempertahankan tiga amunisi asingnya, yakni Taisei Marukawa, Carlos Fortes, dan Guilherme Carvalho dos Santos alias Vitinho.

Dengan demikian, Mahesa Jenar akan memiliki empat pemain asing di pos lini serang. Jumlah melimpah semacam ini tentu diharapkan bisa menghasilkan produktivitas gol yang sepadan.

Apalagi, manajemen sudah mematok target tinggi. Septian David Maulana dan kolega diminta finis di peringkat empat besar klasemen akhir, sehingga bisa lolos ke fase play-off championship.

2 dari 5 halaman

Pemain Bintang: Taisei Marukawa

Pemain PSIS Semarang, Taisei Marukawa saat laga pekan ke-10 BRI Liga 1 2022/2023 antara Persita Tangerang melawan PSIS Semarang di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Rabu (14/9/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Salah satu pemain yang bakal memegang peranan penting di lini depan PSIS Semarang pada musim depan ialah Taisei Marukawa. Performanya di Liga 1 musim lalu memang terbilang impresif.

Pasalnya, pemain asal Jepang ini menjadi salah satu pemain yang paling jarang absen bersama Mahesa Jenar. Selama semusim, dia bisa memainkan 33 pertandingan. Artinya, Taisei hanya absen satu kali.

Catatan kontribusinya juga jadi yang paling mentereng. Sebab, dari seluruh aksinya itu, pemain berusia 26 tahun ini berhasil menjadi pencetak gol dan assist terbanyak. Dia tercatat menyumbang tujuh gol dan tujuh assist.

Koleksi ini memang mengalami penurunan jika dibandingkan musim sebelumnya. Sebab, bersama Persebaya Surabaya, dia lebih produktif dengan catatan 17 gol dan 10 assist.

3 dari 5 halaman

Pelatih: Gilbert Agius

Pelatih kepala PSIS Semarang, Gilbert Agius saat laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 antara Persija Jakarta melawan PSIS Semarang di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (16/03/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

PSIS Semarang masih mempercayakan kemudi nakhoda tim kepada Gilbert Agius. Pelatih asal Malta ini sebetulnya belum memperlihatkan hasil yang memuaskan ketika datang pada putaran kedua musim lalu.

Pasalnya, di bawah asuhannya, PSIS Semarang hanya bisa meraih dua kemenangan dan tujuh pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan. Bahkan, Mahesa Jenar sempat melewati enam kekalahan beruntun menuju akhir musim.

Kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 akan menjadi kesempatan kedua bagi bekas pelatih Timnas Malta itu untuk membuktikan hasil racikannya. Ini jelas menjadi beban tersendiri bagi Gilbert.

Pasalnya, PSIS cukup akrab dengan pergantian pelatih saat kompetisi masih berjalan. Jika tak mampu membawa Mahesa Jenar mencatatkan hasil positif pada awal musim, bukan tak mungkin posisi Gilbert bisa terancam.

4 dari 5 halaman

Daftar Skuad PSIS Semarang

PSIS Semarang - Ilustrasi Logo (Bola.com/Adreanus Titus)
  • Kiper: Adi Satryo, Syaiful Syamsuddin, Rizky Darmawan
  • Belakang: Alfeandra Dewangga, Wahyu Prasetyo, Bayu Fiqri, Fredyan Wahyu, Brandon Scheunemann, Haykal Al-Hafiz, Muhammad Fisabilillah, Giovani Numberi, David Rumakiek, Lucas Gama
  • Tengah: Delvin Rumbino, Luthfi Kamal, Tri Setiawan, Gian Zola, Boubakary Diarra, Ridho Syuhada, Septian David Maulana, Wawan Febrianto
  • Depan: Carlos Fortes, Guilherme Carvalho dos Santos, Taisei Marukawa, Paulo Gali Freitas, Riyan Ardiansyah, Rizky Dwi Pangestu, Rifky Suryawan, Muhammad Akrom
  • Pelatih: Gilbert Agius
  • Asisten: Eko Purdjianto, Muhammad Ridwan
  • Pelatih Kiper: I Komang Putra, Basuki Setyabudi
  • Pelatih Fisik: Alex Aldha Yudi
  • Prestasi Musim Lalu: Peringkat 13
  • Prediksi Posisi Musim Ini: Papan Tengah
5 dari 5 halaman

Lihat Pencapaian PSIS di Musim Lalu

Berita Terkait