3 Bintang Belia Berpotensi Gemilang Bersama Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023: Sambut Pentas Tertinggi!

oleh Hery Kurniawan diperbarui 28 Jun 2023, 10:00 WIB
Timnas Indonesia U-17 - Iqbal Gwijangge dan Arkhan Kaka (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. FIFA telah menunjuk Indonesia untuk menggantikan Peru.

Secara infrastruktur, Indonesia jelas siap menyambut Piala Dunia U-17 2023. Sebab, enam stadion yang awalnya sudah dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 sudah dalam kondisi bagus.

Advertisement

Tantangan justru hadir dalam menyiapkan tim yang tangguh. Saat ini kompetisi usia muda level atas belum berjalan.

Salah satu cara yang mungkin bisa ditempuh PSSI adalah dengan memanfaatkan para pemain alumni Timnas Indonesia U-16 2022.

Bola.com mencatat paling tidak ada tiga pemain yang menonjol dari skuad itu. Mereka juga cukup matang untuk bermain di level yang lebih bergengsi.

2 dari 4 halaman

Iqbal Gwijangge

Pemain Timnas Indonesia U-17, Muhammad Iqbal Gwijangge saat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pertandingan melawan Timnas Uni Emirat Arab U-17 di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (5/10/2022) (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain satu ini memiliki potensi yang luar biasa. Ia adalah calon bek modern hebat bagi sepak bola Indonesia.

Iqbal Gwijangge adalah kapten Timnas Indonesia U-16 pada Piala AFF U-16 2023. Ia tak hanya susah ditembus, tetapi juga memiliki kemampuan mengalirkan bola dengan baik.

Saat ini Iqbal Gwijangge tak sedang berada di Indonesia. Ia mendapatkan beasiswa untuk menimba ilmu di Puskas Akademia FC, Hungaria.

3 dari 4 halaman

Kafiatur Rizky

Pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Kafiatur Rizky (tengah) berusaha mengecoh pemain Vietnam U-16, Nguyen Huu Trong dalam laga final Piala AFF U-16 2022 antara Vietnam U-16 melawan Indonesia U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF U-16 2022. Pada laga final yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, tim asuhan Bima Sakti menang 1-0 atas Vietnam.

Kafiatur Rizky adalah satu-satunya pencetak gol pada laga final itu. Gol itu dicetak dengan sangat apik. Kafiatur Rizky mengecoh seorang pemain Vietnam sebelum menceploskan bola ke dalam gawang.

Kini, Kafiatur Rizky masih tergabung dengan Borneo FC Samarinda. Ia masih berusaha keras menembus skuad utama Pesut Etam.

4 dari 4 halaman

Arkhan Kaka

Arkhan Kaka (Persis Solo) menjadi pemain termuda dalam sejarah BRI Liga 1. Ia diturunkan dalam duel Persib Bandung verus Persis Solo di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (4/4/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pemain satu ini tak pernah jauh dari rekor. Terbaru, ia menjadi pemain termuda dalam sejarah Liga 1, atau mungkin liga level tertinggi di Indonesia.

Pada 6 April 2023, Arkhan Kaka mendapatkan debut bersama Persis Solo pada BRI Liga 1. Saat itu, Kaka masih berusia 15 tahun, tujuh bulan, dan dua hari.

Meski masih berusia muda, Arkhan Kaka diberkahi dengan postur yang tinggi besar. Ia masih punya ruang dan waktu untuk terus berkembang menjadi striker hebat, dan Piala Dunia U-17 2023 bisa menjadi batu loncatan yang menarik bagi Kaka.