Menerka Starting XI Persib untuk BRI Liga 1 2023 / 2024: Menanti Perfoma Duo Spanyol

oleh Muhammad Faqih diperbarui 29 Jun 2023, 08:00 WIB
Persib Bandung - Menerka komposisi XI Persib Bandung Musim 2023-2024 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Bandung - Persib Bandung siap mengarungi BRI Liga 1 2023/2024. Persiapan matang telah dilakukan Skuad Maung Bandung, termasuk dengan menggelar pemusatan latihan di Yogyakarta.

Dalam menghadapi BRI Liga 1, Persib memang tidak banyak melakukan perubahan. Sejauh ini, Persib hanya mendatangkan lima pemain anyar, dua di antaranya merupakan legiun asing.

Advertisement

Kelima pemain tersebut adalah Ryan Kurnia, I Putu Gede, Edo Febriansyah, Tyronne del Pino, Alberto Rodriguez. Kehadiran lima pemain anyar ini tentu akan membuat Persib lebih tangguh di BRI Liga 1.

Ryan Kurnia menjadi rekrutan pertama Persib Bandung di bursa transfer awal musim. Setelah Ryan, Persib secara resmi mendatangkan penggawa Timnas Indonesia, Edo Febriansyah.

Kemudian, tim besutan Luis Milla ini merekrut I Putu Gede dari Bhayangkara FC. Pemain asal Bali tersebut didatangkan untuk memperkuat sisi kanan menyusul hengkangnya Henhen Herdiana ke Dewa United.

 

2 dari 8 halaman

Duo Spanyol

Gelandang asing baru Persib Bandung, Tyronne del Pino Ramos. (Bola.com/Erwin Snaz)

Setelah itu, dua Spanyol Tyronne del Pino dan Alberto Rodriguez berlabuh ke Persib. Keduanya pun turut diikutsertakan dalam pemusatan latihan di Yogyakarta.

"Saya senang bisa bergabung dengan keluarga besar Persib Bandung. Saya juga bersyukur atas sambutan hangat dan kepercayaan yang diberikan," kata Tyronne del Pino.

"Dengan kebersamaan yang ada di dalam tim dan tentunya dengan dukungan dari bobotoh, saya berharap kami akan meraih sukses tahun ini. Jadi, sampai bertemu nanti di Bandung," tambahnya.

Tyronne del Pino diproyeksikan mengisi gelandang serang. Eks pemain Las Palmas diharapkan bisa mendukung para penyerang dengan umpan-umpan akurat yang dimilikinya.

 

3 dari 8 halaman

Alberto Rodriguez Kekuatan Baru di Lini Belakang

Persib Bandung mengontrak Alberto Rodriguez Martin dengan durasi satu tahun plus opsi perpanjangan. (foto: Instagram @albertorguezmartin)

Sementara itu, Alberto Rodriguez ditugaskan untuk memperkuat lini belakang. Sebelumnya, lini belakang Persib kerap jadi sorotan karena mudah kebobolan.

"Kami memang butuh dan ingin membenahi posisi lini pertahanan. Alberto Rodriguez sebelumnya bermain di kompetisi kasta kedua di Spanyol dan dia bermain dengan profesional sepenuhnya," ujar Luis Milla, Minggu (11/6/2023).

"Dia juga seorang bek tengah yang tinggi dan memiliki kecepatan. Kami memiliki masalah karena terlalu banyak kebobolan dari serangan balik. Saya paham bahwa dia bisa memperbaiki posisi tersebut," lanjutnya.

Dengan bergabungnya lima pemain anyar itu, Luis Milla kemungkinan akan menerapkan formasi 3-4-2-1 untuk BRI Liga 1. Menarik untuk menerka komposisi starting eleven Persib musim ini.

 

 

 

4 dari 8 halaman

Kiper

Teja Paku Alam. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Persib diprediksi tetap mengandalkan Teja Paku Alam untuk menjaga mistar gawang. Kiper berusia 29 tahun ini dikenal punya refleks cepat dan jago dalam mengantisipasi bola silang.

Teja sempat mendapat cedera di bagian jari tangan. Namun, kini cedera eks kiper Semen Padang dan Sriwijaya FC ini sudah pulih dan kembali berlatih dengan tim.

Musim lalu, Teja mencatatkan 21 penampilan bersama Persib. Dari 21 laga tersebut, Teja sukses mengoleksi tujuh clean sheet atau tanpa kebobolan.

 

 

 

5 dari 8 halaman

Lini Belakang

Pemain Persib Bandung, Nick Kuipers (kiri) berdiskusi dengan Victor Igbonefo saat melawan RANS Nusantara FC pada laga pekan ke-25 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (19/2/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kehadiran Alberto Rodriguez tentunya akan membuat pertahanan Persib semakin kuat. Sebelumnya, Persib sudah memiliki Nick Kuipers, Rachmat Irianto, Victor Igbonefo dan Achmad Jufriyanto.

Namun, musim ini Luis Milla akan kemungkinan akan mempercayakan Daisuke Sato, Alberto Rodriguez dan Nick Kuipers untuk menjadi tembok tebal di lini belakang Maung Bandung.

 

6 dari 8 halaman

Tengah

Beckham Nugraha Putra merupakan gelandang muda Persib Bandung yang penuh talenta di BRI Liga 1 2021/2022. Dirinya bahkan mampu melesatkan gol di umurnya yang masih 19 tahun 10 bulan 20 hari saat melawan Bali United. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Lini tengah akan mengalami perubahan dengan bergabungnya Tyronne del Pino. Pemain berusia 32 tahun ini diharapkan bisa memberikan warna bagi lini tengah Persib.

Sebagai kreator serangan, Tyronne del Pino akan ditopang Marc Klok dan Beckham Putra Nugraha. Kemudian sisi kanan akan diisi I Putu Gede dan sayap kiri dihuni Edo Febriansyah.

 

7 dari 8 halaman

Depan

Dua pemain Persib Bandung, Ciro Alves (kiri) dan David Da Silva tertunduk lesu setelah dikalahkan Persik Kediri pada laga BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (8/3/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

David da Silva tetap jadi pilihan utama Persib di sektor penyerangan. Pemain asal Brasil ini dikenal punya insting yang tajam dalam mencetak gol.

Tak heran, musim lalu David sukses mencetak 24 gol dari 33 penampilan. Kemungkinan besar David akan kembali berduet dengan rekan senegaranya, Ciro Alves yang mengisi pos winger.

 

8 dari 8 halaman

Prediksi Starting XI

Persib (3-4-2-1): Teja Paku Alam; Alberto Rodriguez, Nick Kuipers, Daisuke Sato; I Putu Gede, Marc Klok, Beckham Putra Nugraha, Edo Febriansyah; Tyronne del Pino, Ciro Alves; David da Silva. 

Berita Terkait