36 Tim Putra dan Putri Ikuti Bandung Futsal League U-17 2023

oleh Erwin Snaz diperbarui 10 Jul 2023, 05:30 WIB
Sebanyak 36 tim futsal putra dan putri meramaikan kompetisi futsal dengan tajuk Bandung Futsal League (BFL) U-17 2023 di lapangan Futsal Queen Bandung. (Bola.com/Erwin Snaz)

Bola.com, Bandung - Sebanyak 36 tim futsal putra dan putri meramaikan kompetisi futsal dengan tajuk Bandung Futsal League (BFL) U-17 2023 di lapangan Futsal Queen Bandung.

Kompetisi Futsal U-17 ini kali pertamanya digelar dengan kompetisi penuh selama 2,5 bulan untuk mencari potensi pemain-pemain futsal yang ada di Bandung sebagai persiapan Porprov 2026 dan Piala AFC U-20 2024.

Advertisement

Ketua Asosiasi Futsal Kota Bandung, Afwan Abdul Gofur menyebutkan kompetisi futsal U-17 ini baru diselenggarakan tahun ini, dimana sebelumnya hanya menyelenggarakan untuk U-23.

"Jadi untuk kompetisi Futsal U-17 ini baru dilaksanakan tahun sekarang dengan tetap diadakan dua divisi, Divisi Utama dan Divisi 1. Masing-masing divisi dibagi dalam dua wilayah, untuk Divisi Utama dibagi ke dua grup, sedang Divisi satu ada 12 klub dibagi masing-masing enam," jelas Afwan Abdul Gofur.

BFL U-17 2023 menerapkan promosi degradasi, tiga tim terbawah di Divisi Utama akan terdegradasi ke Divisi 1.

"Masing-masing juru kunci dari grup A dan grup B, dan peringkat 6 dari grup A dan B dilihat dari jumlah poin. Untuk Divisi 1 turun dua klub," jelas Afwan.

2 dari 3 halaman

Regenerasi

Dengan demikian, BFL U-17 ini lanjut Afwan setiap tahunnya akan muncul anggota baru, tentunya setelah melewati babak play-off dengan melawan tim yang terdegradasi dari Divisi 1.

"Jadi kami membuka kesempatan buat klub-klub futsal lain di Kota Bandung untuk masuk menjadi anggota Asosiasi Futsal Kota Bandung tapi harus mengikuti play off. Kami tetap menjaga kualitas dan tidak sembarangan," kata Afwan.

Afwan memastikan Bandung Futsal League U-17 ini wajib diikuti oleh tim yang berlaga di Liga U-23. Tujuannya agar proses regenerasi atlet berjalan berkesinambungan.

 

3 dari 3 halaman

Pembinaan

BFL U-17 ini juga untuk memudahkan talent scouting mencari bibit-bibit potensial untuk diikutsertakan di Liga Profesional Futsal.

"Karena di futsal itu ada Piala AFC U-20 juga, jadi tentu ini bisa jadi talent scouting dan jadi bahan laporan ke Asosiasi Futsal Provinsi karena biasanya yang seleksi di timnas U-20 itu dikoordinasikan oleh Asosiasi Futsal Provinsi," terang Afwan.

"Dengan adanya kompetisi ini, kami bidang development di AFK Bandung punya bank data untuk mengirimkan pemain terbaik untuk mengikuti seleksi," tambah Afwan.

Untuk talent scouting ke liga pro itu tentunya kata Afwan akan lebih diutamakan ke yang U-23. Karena memang kompetisinya U-23 tapi rata-rata yang main usia 20-21.

"Sekarang juga beberapa hasil dari liga U-23 kemarin tersebar di klub profesional di Indonesia. Jadi kami berharap dengan kompetisi futsal yang rutin digelar akan muncul pemain-pemain futsal dari Bandung untuk kejuaraan nasional dan internasional," harap Afwan sambil mengakhiri.

Berita Terkait