Starting XI Terbaik yang Bisa Bikin Persib Mengamuk di BRI Liga 1: Full Attack!

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 18 Jul 2023, 09:45 WIB
Persib Bandung - Starting XI Terbaik yang Bisa Bikin Persib Bangkit dari Keterpurukan (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Bandung - Persib Bandung tengah oleng di BRI Liga 1 2023/2024. Tim berjulukan Pangeran Biru itu baru saja ditinggalkan Luis Milla dari kursi pelatih.

Luis Milla cabut setelah hanya mampu membawa Persib Bandung meraih hattrick imbang di awal musim BRI Liga 1 dari Madura United, Arema FC, dan Dewa United.

Advertisement

Namun, kepergian Luis Milla diklaim bukan karena paceklik kemenangan Persib. Arsitek berusia 57 tahun itu disebut harus pulang kampung ke Spanyol karena orang tuanya sakit.

Ketika memimpin Persib dalam tiga partai BRI Liga 1, Luis Milla selalu menggunakan pakem tiga bek dengan formasi 3-4-3 dan 3-5-2.

Untuk sementara, Persib akan ditangani oleh Yaya Sunarya selaku caretaker pelatih sampai Pangeran Biru mendapatkan pengganti permanen untuk Luis Milla.

Lantas, bagaimana starting eleven terbaik Persib Bandung yang bisa bikin Pangeran Biru mengamuk meski tanpa Luis Milla? Bola.com mencoba mengulasnya.

2 dari 5 halaman

Lini Belakang

Pemain Persib Bandung, Daisuke Sato merayakan kemenangan atas Bhayangkara FC pada laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 antara Persib Bandung melawan Bhayangkara FC di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (24/03/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Apakah Teja Paku Alam masih layak menjadi kiper utama Persib Bandung meski telah kebobolan enam gol dalam tiga pertandingan? Jawabannya adalah masih. Percaya tidak percaya, ia adalah pilihan paling rasional ketimbang Fitrul Dwi Rustapa dan Reky Rahayu.

Pakem tiga bek Persib masih pantas untuk dipertahankan. Asalkan, Pangeran Biru bisa memanfaatkan tiga pemain asingnya. Ketiganya adalah Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, dan Daisuke Sato.

Sebagai pemain asing, kualitas Kuipers, Alberto, dan Sato semestinya lebih unggul ketimbang palang pintu lainnya. Ketiganya bisa melengkapi satu sama lain dalam pola tiga bek.

3 dari 5 halaman

Lini Tengah

Pemain Persib Bandung, Marc Klok saat melawan Persik Kediri pada laga BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (8/3/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Komposisi Putu Gede, Marc Klok, Beckham Putra, dan Edo Febriansyah masih menjadi pilihan yang terbaik untuk Persib. Namun, tipikal keempatnya cenderung ofensif ketimbang defensif.

Keberadaan Beckham Putra di lini tengah Persib untuk menemani Marc Klok demi memenuhi regulasi pemain muda di BRI Liga 1 yang harus tampil sebagai starter selama minimal 45 menit.

Persib dapat memanfaatkan Putu Gede dan Edo sebagai wingback untuk melakukan overlap ke depan. Sementara, Marc Klok ditugasi untuk menjaga keseimbangan di lini tengah.

4 dari 5 halaman

Lini Depan

Pemain Persib Bandung, David da Silva melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama ke gawang RANS Nusantara FC pada laga pekan ke-25 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (19/2/20023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lini depan Persib sudah sangat produktif. Buktinya, Pangeran Biru mampu mencatatkan enam gol dari tiga pertandingan. Empat gol di antaranya berasal dari David da Silva dan Ciro Alves.

Barisan penyerangan Pangeran Biru akan lebih mengerikan lagi jika bisa memanfaatkan kelebihan dari Ezra Walian, yang mencetak gol tendangan roket sewaktu melawan Dewa United.

Meski bertipikal sebagai penyerang tengah, Ezra juga bisa dimainkan sebagai winger bareng Ciro Alves untuk mendukung David da Silva sebagai target man yang mematikan.

5 dari 5 halaman

Persaingan Musim Ini

Berita Terkait