Duel Taktik Juru Racik Eropa dalam Laga PSS Vs PSIS di BRI Liga 1: Skema 4-3-3 Siapa Lebih Baik?

oleh Radifa Arsa diperbarui 20 Jul 2023, 09:30 WIB
BRI Liga 1- Duel Pelatih - PSS Sleman Vs PSIS Semarang (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Sleman - Duel antara PSS Sleman kontra PSIS Semarang pada pekan ketiga BRI Liga 1 2023/2024 tak hanya menyajikan rivalitas panas antara kedua kubu. Sebab, ini juga menjadi ajang adu taktik bagi dua pelatih asal Eropa.

Menurut jadwal, laga klasik yang akan mempertemukan antara PSS Sleman kontra PSIS Semarang di BRI Liga 1 musim ini bakal berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (21/7/2023), pukul 15.00 WIB.

Advertisement

Dari kubu tuan rumah, tiga poin jelas menjadi hasil yang tidak bisa ditawar lagi oleh pelatih PSS, Marian Mihail. Pasalnya, Elang Jawa sudah menjalani dua laga beruntun tanpa meraih kemenangan di BRI Liga 1 musim ini.

Sementara itu, tim tamu juga mengincar peluang untuk membawa pulang poin dari lawatannya. Apalagi, skuad asuhan Gilbert Agius punya kesempatan untuk merangsek ke papan atas klasemen sementara BRI Liga 1.

Oleh karena itu, adu racikan dari dua pelatih asal Eropa ini bakal dinantikan oleh para pendukungnya. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya:

2 dari 5 halaman

Marian Mihail (PSS Sleman)

Pelatih PSS Sleman, Marian Mihail, memimpin latihan tim asuhannya. (Bola.com/Dok PSS Sleman)

Marian Mihail tampaknya masih akan mengandalkan skema 4-3-3 pada laga kali ini. Dari tiga pertandingan awal BRI Liga 1 musim ini, pakem ini selalu digunakan oleh juru taktik asal Rumania itu.

Komposisi starting eleven yang digunakan juga nyaris tidak mengalami perubahan. Dalam sektor pertahanan, Mihail mengandalkan duet pemain asing, Thales Lira dan Jihad Ayoub.

Sementara di lini tengah, Wahyudi Hamisi dan Kim Kurniawan menjadi double pivot. Mereka menopang Jonathan Bustos yang lebih berperan untuk menciptakan kreativitas.

Sejauh ini, pekerjaan rumah yang harus segera dibenahi oleh Marian Mihail ialah memperbaiki sektor pertahanan. Sebab, dari tiga laga sudah ada lima gol yang bersarang di gawang Anthony Pinthus.

Hasil yang diraih Marian Mihail pada awal musim ini memang belum begitu memuaskan. Pasalnya, baru ada satu kemenangan yang sukses diraih skuad Elang Jawa pada tiga pertandingan pertamanya.

Sejauh ini, dari semua laga itu, PSS Sleman baru bisa meraup empat poin. Untuk sementara ini, tim asal Bumi Sembada itu masih tertahan di peringkat ke-10 klasemen BRI Liga 1 2023/2024.

3 dari 5 halaman

Gilbert Agius (PSIS Semarang)

Ekspresi pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius (kanan), saat melawan Persita Tangerang dalam pertandingan pekan kedua BRI Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (8/7/2023). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Tak jauh berbeda dengan Marian Mihail, Gilbert Agius juga sudah cukup akrab dengan skema 4-3-3. Formasi ini bisa membuat barisan pertahanan PSIS Semarang cukup kokoh menahan gempuran lawan.

Dari tiga laga awal, Mahesa Jenar baru kemasukan tiga gol. Angka ini terhitung positif jika dibandingkan kontestan lainnya. Taktik yang diterapkan pelatih asal Malta ini juga cukup seimbang dalam bertahan dan menyerang.

Transisibertahan menuju menyerang juga jadi andalan utama Mahesa Jenar untuk menjebol gawang lawan. Produktivitas gol PSIS tak terlepas dari moncernya para pemain asing di lini depan.

Carlos Fortes saat ini sudah menghasilkan tiga gol. Lalu, pemain asal Timor Leste, Paulo Gali Freitas, menyumbangkan satu gol dan satu assist, sedangkan Taisei Marukawa sudah membukukan dua assist.

Hasil racikan Gilbert pada masa pramusim ini sudah memperlihatkan perkembangan yang signifikan. PSIS Semarang sukses mencatatkan dua kemenangan dari tiga laga awalnya di BRI Liga 1 2023/2024.

Dengan koleksi enam poin kini Mahesa Jenar bertengger di peringkat tiga klasemen sementara. Mereka tercatat unggul selisih gol atas Persita Tangerang dan RANS Nusantara FC yang juga memiliki koleksi serupa.

4 dari 5 halaman

Jadwal PSS Vs PSIS

BRI Liga 1 - PSS Sleman Vs PSIS Semarang (Bola.com/Adreanus Titus)

PSS Sleman vs PSIS Semarang

  • Stadion Maguwoharjo, Sleman
  • Jumat, 21 Juli 2023
  • Kick-off: 15.00 WIB
  • Live streaming: Vidio
5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Berita Terkait