Bima Sakti Siap Belajar dari Frank Wormuth untuk Ciptakan Timnas Indonesia U-17 yang Tangguh

oleh Hery Kurniawan diperbarui 27 Jul 2023, 14:00 WIB
Bima Sakti (hijau) memberikan instruksi kepada para pemain Timnas Indonesia U-17 dalam sesi latihan di Lapangan ABC, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (27/7/2023) pagi. (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Jakarta - PSSI belum lama ini sudah menunjuk Frank Wormuth sebagai konsultan pelatih Timnas Indonesia U-17. Sosok asal Jerman itu akan mendampingi Bima Sakti hingga Piala Dunia U-17 2023 digelar.

Frank Wormuth memiliki reputasi yang cukup baik di Jerman. Ia pernah lama menukangi Timnas Jerman U-20 dan beberapa klub Eredivisie Belanda.

Advertisement

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti antusias dengan hal itu. Ia tak sabar untuk segera bisa bekerja sama dan belajar dari Frank Wormuth.

Meski Bima Sakti juga mengakui sampai saat ini ia belum menjalin komunikasi dengan Frank Wormuth. Sebab, Wormuth saat ini masih belum hadir di Indonesia.

"Saya belum berkomunikasi dengan Frank, tetapi saya berterima kasih diberi kesempatan yang luas dan belajar," ujar Bima Sakti, Kamis (27/7/2023).

2 dari 4 halaman

Ambil Ilmu

PSSI mengumumkan Frank Wormuth sebagai konsultan untuk pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, di Piala Dunia U-17 2023. (Bola.com/Dok.Twitter Timnas Jerman).

Bima Sakti menegaskan dirinya siap belajar dari siapa saja. Tak hanya dari sosok Frank Wormuth.

Eks pemain PSPS Pekanbaru itu juga siap belajar dari pelatih lain. Termasuk para seniornya di Indonesia seperti Indra Sjafri, Shin Tae-yong, dan Luis Milla.

"Saya ambil ilmu dari semuanya, termasuk Coach Indra Sjafri, Shin Tae-yong, dan Luis Milla," tegasnya.

3 dari 4 halaman

Bertemu Luis Milla

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla dan Bima Sakti saat pertandingan Kamboja di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis, (24/8/2017). Indonesia menang 2-0 atas Kamboja. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bima Sakti bahkan menungkapkan hal menarik. Sosok kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur itu belum lama ini pernah bertemu dengan Luis Milla.

"Saya belum lama ini ketemu sama Coach Luis Milla, tetapi ya tidak saya posting di media sosial," ungkap Bima Sakti.

Bima memang tak asing dengan Luis Milla. Ia pernah menjadi asisten Milla ketika pelatih asal Spanyol itu menukangi Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023

Piala Dunia U-17 - ilustrasi Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Grup A:

10 November 2023

  • Timnas Indonesia Vs A2

13 November 2023

  • Timnas Indonesia Vs A3

16 November 2023

  • A4 Vs Timnas Indonesia