Adu Strategi Ahli Taktik Persik Vs Persib di BRI Liga 1: Perlu Perubahan Skema?

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 28 Jul 2023, 09:30 WIB
BRI Liga 1- Duel Pelatih - Persik Kediri Vs Persib Bandung (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Kediri - Persik Kediri menjamu Persib Bandung dalam laga pekan kelima BRI Liga 1 2023/2024, Jumat (28/7/2023) malam WIB. Duel ini akan jadi arena adu strategi antara pelatih asal Brasil dan Bandunng.

Kedua tim sebenarnya sama-sama dalam situasi yang tidak mudah. Persik Kediri, sang tuan rumah, berada di peringkat ke-15 klasemen BRI Liga 1 dengan empat poin dari empat laga, hasil dari kemenangan 5-2 atas Arema FC dan bermain imbang 1-1 dengan Borneo FC.

Advertisement

Persib Bandung tidak lebih baik. Maung bandung sama sekali tidak menyentuh kemenangan dalam empat laga yang sudah dimainkan.

Persib berada tepat di bawah Persik, posisi ke-16 dengan tiga poin, hasil imbang 1-1 dengan Madura United, 3-3 kontra Arema FC, dan 2-2 melawan Dewa United.

Setelah tiga hasil imbang itu, Luis Milla memutuskan mundur. Yaya Sunarya dipilih sebagai caretaker, hingga akhirnya Persib memutuskan menunjuk Bojan Hodak sebagai pelatih anyar. Sayangnya saat ditangani Yaya, Persib kalah 2-4 dari PSM Makassar.

Namun, satu hal yang pasti, Yaya Sunarya masih akan memimpin Persib saat bertandang ke markas Persik. Akankah Yaya membawa Persib menang sebelum menyerahkan tim kepada Bojan Hodak?

Tentu menarik melihat pelatih asal Bandung itu beradu taktik dengan Marcelo Rospide pada pekan kelima BRI Liga 1 ini.

 

 
2 dari 5 halaman

Marcelo Rospide

Pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide, saat melawan Dewa United pada laga BRI Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Jumat (21/7/2023). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

 

Pelatih asal Brasil ini menyukai skema 4-3-3. Dalam empat laga yang sudah dimainkan Persik di BRI Liga 1 musim ini, tiga kali Marcelo Rospide menerapkan formasi seperti itu, di mana satu lainnya dimodifikasi menjadi 4-2-3-1.

Flavio Silva selalu menjadi ujung tombak di dua skema tersebut. Namun, Marcelo Rospide juga harus siap memikirkan skema baru pada laga kontra Persik. Maklum, ia kehilangan Supardi yang harus beristirahat karena cedera hamstring.

Namun, bukan tidak mungkin Marcelo Rospide memajukan posisi Bayu Otto seperti yang dilakukan ketika menghadapi Dewa United, dan memainkan Riyatno Abiyoso atau Miftahul Hamdi di sisi sebaliknya.

Satu hal yang pasti, Rospide sudah menegaskan tidak akan melakukan rotasi berlebihan dalam laga kontra Persib. Ia cukup optimistis para pemain yang selama ini diberikan kepercayaan bisa memperlihatkan perforna yang bagus.

3 dari 5 halaman

Yaya Sunarya

Pelatih fisik Persib Bandung Yaya Sunarya memberikan instruksi latihan kepada para penggawa Maung Bandung dalam sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Senin (31/8/2020). (Foto: MO Persib Bandung)

 

Caretaker Persib Bandung ini boleh dibilang memutuskan mewarisi skema yang diterapkan oleh Luis Milla ketika masih menangani Persib dalam tiga pertandingan pertama.

Yaya Sunarya memainkan formasi 4-4-2 saat Persib kalah 2-4 dari PSM Makassar di Stadion BJ Habibie, Parepare.

Bukan tidak mungkin dalam pertandingan kontra Persik Kediri, skema yang sama kembali terlihat. David da Silva dan Ciro Alves yang sudah cemerlang sejak musim lalu, memang jadi andalan untuk menggedor lini pertahanan lawan.

Sementara itu, kepergian Ricky Kambuaya dan Tyronne del Pino membuat pilihan di lini tengah menyisakan Marc Klok, Dedi Kusnandar, dan Rachmat Irianto.

Lini pertahanan masih harus dibenahi. Dalam empat laga, Persib sudah kebobolan 10 gol. Kerja sama antara Alberto Rodriguez yang baru bergabung pada musim ini, bersama Nick Kuipers perlu lebih baik lagi.

4 dari 5 halaman

Jadwal Persik Vs Persib

BRI Liga 1 - Persik Kediri Vs Persib Bandung (Bola.com/Adreanus Titus)

Persik Kediri vs Persib Bandung

Stadion: Brawijaya, Kediri

Jumat, 28 Juli 2023

Kick-off: 19.00 WIB

Live: Indosiar

Streaming: Vidio

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Berita Terkait