Perang Bintang Asing PSIS Vs Borneo FC di BRI Liga 1: Aksi Gali Dinanti, Goselink Emban Beban

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 28 Jul 2023, 06:45 WIB
BRI Liga 1 - PSIS Semarang Vs Borneo FC: Paulo Gali Freitas, Carlos Fortes, Taisei Marukawa Vs Leo Lelis, Kei Hirose, Jelle Goselink (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Duel seru bakal tersaji pada pertandingan pekan 4 BRI Liga 1 2023/2024 yang mempertemukan antara PSIS Semarang melawan Borneo FC. Satu faktor yang menjadikan laga tersebut patut disimak adalah keberadaan pemain asingnya.

Pertandingan PSIS Semarang kontra Borneo FC ini bakal berlangsung di Stadion Jatidiri, Semarang, Jumat (28/7/2023), pukul 15.00 WIB. Performa kedua tim pada tiga laga sebelumnya memperlihatkan bahwa mereka sama-sama kuat.

Advertisement

Mahesa Jenar dan Pesut Etam sama-sama mengoleksi tujuh poin hasil dari dua kemenangan, satu imbang, dan satu kekalahan. Itulah sebabnya, posisi keduanya saling berdekatan di klasemen.

Apalagi, PSIS dan Borneo FC sama-sama mencetak tujuh gol dan kemasukan lima kali dari empat laga. Catatan identik inilah yang bakal membuat pertemuan antara keduanya berlangsung seru dan ketat. 

Selain itu, baik PSIS Semarang maupun Borneo FC dipastikan kehilangan pemain asing andalannya. Berikut ini Bola.com mengulasnya.

2 dari 5 halaman

PSIS tanpa Carlos Fortes, Borneo FC Masih Bergantung pada Matheus Pato

Taisei Marukawa (kanan) dan Carlos Fortes (kiri) sudah mengikuti sesi latihan PSIS Semarang di Stadion Citarum pada Rabu (25/5/2022). (Dok. PSIS Semarang)

PSIS Semarang dipastikan tanpa penyerang andalannya, Carlos Fortes. Sebab, pada pertandingan kontra PSS Sleman, sang top skorer Mehasa Jenar ini mendapatkan kartu merah.

Kondisi ini tentu sangat memberatkan PSIS karena performa striker asal Portugal itu sedang meningkat. Terlebih musim lalu eks Arema FC ini dikritik karena gagal menunjukkan penampilan terbaiknya.

Borneo FC tak kalah pusing. Setelah kehilangan Matheus Pato yang hengkang menuju Shandong Taishan di Liga China, Pesut Etam belum bisa menemukan pengganti yang sepadan.

Pemain asing asal Argentina, Felipe Cadenazzi, memang sudah didatangkan. Namun, striker berusia 31 tahun ini tampaknya masih butuh beradaptasi bersama klub barunya karena belum bisa menunjukkan tajinya di BRI Liga 1 2023/2024.

3 dari 5 halaman

Siapa Bisa Hentikan Aksi Gali?

Gelandang PSIS Semarang asal Timor Leste, Paulo Gali Freitas. (Bola.com/Dok.Instagram PSIS Semarang).

Beruntung, PSIS Semarang memiliki pemain muda yang tengah on fire saat ini. Adalah Gali Freitas yang sudah mencetak dua gol dari empat laga di BRI Liga 1.

Gali akan bekerja sama dengan Wawan Febrianto dan Taisei Marukawa di lini depan PSIS.  Pemain asal Timor Leste ini tampak sangat cocok bermain di Liga Indonesia.

Pemain sayap PSIS Semarang itu memperlihatkan performa hebat dalam empat pertandingan pertama BRI Liga 1 2023/2024, meski tak satu pertandingan pun bermain penuh.

Paulo Gali Freitas sudah mencetak dua gol sejauh ini, masing-masing dicetaknya saat PSIS menang 3-1 atas Bhayangkara FC dan bermain imbang 2-2 dengan PSS Sleman.

Sementara saat PSIS menang 2-0 atas Persebaya Surabaya pada pekan ketiga, Paulo Gali mengirimkan satu assist untuk Carlos Fortes pada masa injury time.

4 dari 5 halaman

Beban di Pundak Goselink

Borneo FC kemungkinan bakal mengandalkan gelandang serang asal Belanda, Jelle Goselink di lini depan. Pemain Timnas Myanmar, Win Naing Tun juga bisa menjadi opsi yang menarik.

Namun khusus Goselink, menyusul hengkangnya Matheus Pato, beban berat kini ada di pundaknya. Felipe Cadenazzi yang tampaknya bakal dibangkucadangkan memaksa pemain berusia 23 tahun itu melakukan upaya ekstra.

Masalahnya, dari tiga laga yang telah dilaluinya, plus 132 menit yang sudah dijalaninya, belum ada sumbangsih nyata. Ia belum mencatatkan gol maupun assist yang tentu saja membuat namanya di bawah tekanan.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024

Berita Terkait