Klub-Klub di Liga Inggris yang punya Kapten Baru: Siapa Lagi Selain MU dan Liverpool?

oleh Aryo Atmaja diperbarui 02 Agu 2023, 06:45 WIB
Premier League - Kapten-kapten di Liga Inggris (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Kompetisi Liga Inggris 2023/2024 akan dimulai dalam waktu kurang dari dua pekan lagi. Manchester City berstatus sebagai juara bertahannya.

Liga Inggris musim ini akan dibuka pada Sabtu (12/8/2023), ditandai dengan laga antara Burnley menjamu Man City.

Advertisement

Berbicara Premier League musim ini, ada hal yang menarik adalah tentang kapten di setiap tim peserta. Bakal ada kapten baru di sejumlah klub.

Penyebabnya adalah kepergian pemain yang sebelumnya merupakan kapten. Yuk simak kapten-kapten anyar di Liga Inggris mulai musim 2023/2024 berikut ini.

2 dari 11 halaman

MU

Bruno Fernandes. Gagal membuktikan kepercayaan dengan dipilihnya menjabat kapten tim ketimbang David De Gea. Performanya seakan menghilang untuk menunjang serangan di babak pertama, meski akhirnya dapat diperbaiki di babak kedua. Setara dengan Paul Pogba, poin 6,5 untuknya. (AP/Maja Hitij/Pool)

Terjawab sudah siapa sosok kapten baru Manchester United (MU) mulai musim 2023/2024. Bruno Fernandes secara resmi ditunjuk sebagai pemimpin skuad tim Setan Merah

Bruno Fernandes menggantikan peran Harry Maguire yang baru saja dicopot dari jabatannya oleh pelatih MU, Erik ten Hag

"Gelandang asal Portugal itu telah beberapa kali mengenakan ban kapten dan Erik ten Hag mengonfirmasi bahwa dia akan memimpin tim secara permanen," tulis MU di situs resmi klub pada Kamis (20/7/2023) Malam.

"Sebagai kapten, peraih dua penghargaan Sir Matt Busby akan terus mendorong tim mencapai kualitas tertinggi saat kualitas tim United mencoba meraih kesuksesan di musim 2023/2024 dan musim depan."

3 dari 11 halaman

Liverpool

Reaksi kecewa pemain Liverpool, Virgil van Dijk setelah ditahan imbang oleh Brighton pada laga lanjutan Liga Inggris 2022/2023 di Anfield, Liverpool, 1 Oktober 2022. Van Dijk pernah menjadi bek yang sangat ditakuti oleh penyerang-penyerang lawan. Sayangnya, ia tak mampu banyak berbicara pada musim lalu. Pria berkebangsaan belanda tersebut malah sering melakukan blunder dan membuat Liverpool kebobolan. Banyak orang menilai kemerosotan Van Dijk terjadi setelah dirinya mengalami cedera lutut parah pada tahun 2020 silam. (AFP/Lindsey Parnaby)

Kepergian Jordan Henderson pada musim panas tahun ini membuat jabatan kapten Liverpool sempat lowong. Namun kini, tugas tersebut diserahkan kepada Virgil van Dijk.

Henderson resmi angkat kaki dari The Reds pada 27 Juli 2023. Gelandang Timnas Inggris itu memutuskan untuk melanjutkan kariernya bersama klub Arab Saudi, Al-Ettifaq.

Setelah kepergian Jordan Henderson sejumlah nama pemain muncul untuk menjabat sebagai kapten Liverpool. Hingga akhirnya, manajer The Reds, Jurgen Klopp, memutuskan untuk memberikan ban kapten timnya kepada Virgil van Dijk.

Bek Timnas Belanda tersebut dianggap paling layak untuk menjabat sebagai kapten Liverpool. Bergabung pada Januari 2018, Van Dijk kerap menjadi pemimpin bagi rekan setimnya di lapangan.

4 dari 11 halaman

Man City

Manchester City - Ilustrasi Manchester City (Bola.com/Adreanus Titus)

Man City dipastikan mengalami pergantian kapten tim. Ilkay Gundogan memimpin skuad The Citizens dengan torehan gemilang meraih treble winner musim lalu.

Tapi Gundogan sudah pergi dan bergabung ke Barcelona. Pep Guardiola jelas akan memilih penggantinya sebagai pemimpin baru Man City.

Ada banyak pilihan, mulai dari Rodri, Kevin de Bruyne, Ruben Dias, dan Kyle Walker yang akan mengambil alih. Meski nama terakhir mungkin tidak akan berada di Etihad musim depan karena dirumorkan ke Bayern Munchen.

5 dari 11 halaman

Chelsea

Chelsea - Ilustrasi Logo Chelsea (Bola.com/Adreanus Titus)

Chelsea belum memiliki kapten resmi untuk mengarungi persaingan di musim 2023/2024. Cesar Azpilicueta telah hijrah ke Atletico Madrid, membuat The Blues segera menentukan siapa pemimpin di atas lapangan.

Setelah Azpilicueta cabut, maka Chelsea segera memutuskan sosok kapten yang baru. Ada sejumlah kandidat seperti Ben Chilwell, Thiago Silva, atau Enzo Fernandez.

Manajer Chelsea, Mauricio Pochettino mengatakan bahwa dia tidak akan terburu-buru menunjuk kapten baru di timnya. Namun melihat dulu semua pemainnya selama pramusim.

Chelsea akan bentrok melawan Liverpool pada pembukaan Liga Inggris 2023/2024 pada 13 Agustus mendatang. Satu di antara kandidat yang menarik, ada nama Ben Chilwell.

6 dari 11 halaman

Crystal Palace

Selebrasi Bek Crystal Palace, Marc Guehi (kiri) setelah mencetak gol ke gawang Leeds United pada laga Liga Inggris 2022/2023 di Elland Road, Leeds (9/4/2023). Marc Guehi dapat diandalkan Arsenal sebagai pelapis sepadan di sektor bek tengah yang kini ditempati Gabriel Magalhaes dan William Saliba. The Gunners mesti bersaing dengan Manchester United untuk mendapatkan jasa pemain milik Crystal Palace yang baru saja melakoni debut bersama Timnas Inggris tersebut. (AFP/Oli Scarff)

Sama halnya dengan Chelsea, Crystal Palace saat ini tanpa kapten. Kepergian Luka Milivojevic berarti akan menjadi tugas Roy Hodgson untuk mencari penggantinya.

Pilihan yang jelas untuk menggantikan Milivojevic adalah trio pertahanan Joel Ward, Marc Guehi dan Joachim Andersen. Nama pertama mungkin yang paling cocok untuk peran tersebut karena pengalaman di Crytal Palace.

7 dari 11 halaman

Sheffield United

Tim promosi Sheffield United dipastikan akan mempunyai kapten baru di Liga Inggris 2023/2024. Sebab mereka baru saja ditinggalkan Billy Sharp, yang membuat The Blades belum memiliki kapten resmi.

Bek tengah Irlandia John Egan diharapkan untuk mengambil alih peran kapten. John Egan sudah lama bersama Sheffield United, termasuk terakhir kali mereka berada di Liga Inggris dan merupakan pemain penuh pengalaman.

8 dari 11 halaman

Tottenham Hotspur

Pemain Tottenham Hotspur, Harry Kane, memberikan aplaus setelah laga melawan AC Milan pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2022/2023 yang berlangsung di San Siro, Rabu (15/2/2023). (AP Photo/Luca Bruno)

Kiper Hugo Lloris secara teknis masih menjadi kapten Tottenham Spurs, tetapi ada kemungkinan ingin pindah di musim panas ini. Sementara wakil kapten, Harry Kane juga bisa keluar dengan pergi ke Bayern Munchen.

Jika kedua bintang Tottenham pergi, maka manajer Spurs Ange Postecoglou mungkin akan menentukan kapten baru antara Cristian Romero, Eric Dier dan Ben Davies.

9 dari 11 halaman

West Ham

Gianluca Scamacca diboyong oleh West Ham United dari Sassuolo pada musim panas ini dengan harga 36 juta euro. Ia telah dipercaya tampil sebanyak 11 kali namun baru mampu mencetak 2 gol di Liga Inggris. Sementara itu, Scamacca juga baru mencatatkan 2 gol dalam 5 penampilannya di Liga Europa. (AFP/Ian Kington)

West Ham telah ditinggalkan gelandang sekaligus kaptennya, Declan Rice ke Arsenal. Membuat pelatih David Moyes harus menunjuk kapten baru.

Ada sejumlah kandidat yang mampu menggantikan Rice, di antaranya; Angelo Ogbonna, Tomas Soucek, Lukasz Fabianski dan Aaron Cresswell.

10 dari 11 halaman

Wolverhampton

Pemain Wolverhampton, Ruben Neves melakukan selebrasi setelah mencetak gol ketiga timnya ke gawang Liverpool pada laga pekan ke-22 Liga Inggris 2022/2023 di Molineux Stadium, Sabtu (04/02/2023). Liverpool kalah dengan skor 0-3 dari Wolves. (AP via PA/Tim Goode)

Wolverhampton menjadi tim terakhir di daftar ini yang perlu segera menunjuk kapten baru. Sebab Conor Coady dan Ruben Neves sebagai kapten musim lalu, kini sudah pergi ke klub lain.

Mantan manajer Wolves, Bruno Lage sebelumnya berbicara tentang potensi kapten Max Kilman, meskipun pelatih saat ini, Julen Lopetegui mungkin memiliki gagasan lain tentang siapa kapten berikutnya.

Sumber: 90min

11 dari 11 halaman

Berita Terkait