Disbudporapar Surabaya Siap Optimalkan Stadion Gelora Bung Tomo demi Kelancaran Piala Dunia U-17

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 02 Agu 2023, 19:45 WIB
Penampakan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya setelah proses renovasi. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Jakarta - Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati, menyatakan bahwa pihaknya bakal berupaya keras mengoptimalkan perawatan Stadion Gelora Bung Tomo menjelang Piala Dunia U-17 pada November 2023.

Tugas Disbudporapar dipastikan berat lantaran Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) secara aktif dipakai sebagai homebase Persebaya Surabaya dalam mengarungi BRI Liga 1.

Advertisement

Bukan cuma stadionnya saja, lapangan penunjang untuk latihan juga akan disiapkan secara maksimal. Adapun Surabaya menyiapkan tiga lapangan.

"Pemeliharaan terus dilakukan karena GBT digunakan untuk kompetisi, dan lapangan latihan juga dipakai untuk latihan klub-klub lokal," ujar Wiwiek dinukil dari Antaranews.

 

2 dari 4 halaman

Apa Saja yang Dibenahi?

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Menurut Wiwiek, pemeliharaan atau perawatan Stadion Gelora Bung Tomo sebenarnya berjalan secara kontinyu. Selain rumput, bagian-bagian lainnya juga diperhatikan betul.

Pada lapangan A, B, dan C yang digunakan untuk latihan, Disbudporapar berencana menyiapkan pagar yang mengeliligi ketiga lapangan tersebut. Akses jalan dari dan ke area GBT juga bakal disiapkan.

Di sektor rumput, baik itu di Stadion GBT maupun lapangan penunjang, pemupukan, penambahan vitamin, dan maintenance rutin juga mendapatkan atensi lebih.

 

3 dari 4 halaman

Apresiasi dari FIFA

Ketua PSSI, Erick Thohir, beserta rombongan meninjau Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (6/6/2023). (Bola.com/Wahyu Pratama)

Perawatan Stadion GBT mendapat apresiasi dari perwakilan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) yakni FIFA Senior Tournaments Manager, Marely Flores-Martinez saat berkunjung ke Surabaya belum lama ini.

Bahkan FIFA juga memberikan apresiasi atas perawatan dua lapangan sepak bola lainnya yakni Lapangan Thor dan Gelora 10 November (G10N) Surabaya.

"Mereka sangat mengapresiasi maintenance yang kami lakukan," ujar Wiwiek lagi.

 

4 dari 4 halaman

GBT Siap

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya menyatakan, Stadion GBT siap digunakan sebagai arena pertandingan Piala Dunia U-17.

"Pada waktu pertama kali ada pengumuman Indonesia ditunjuk sebagai U-17, Ketua PSSI Pak Erick Thohir kontak saya dan saya menyampaikan, Surabaya siap dan mengajukan diri untuk menjadi venue," katanya.

Sumber: Antaranews

Berita Terkait